11 Hewan Endemik Indonesia yang Luar Biasa

AsalasahIndonesia adalah salah satu negara terkaya di dunia dalam hal keanekaragaman hayati. Keragaman yang kaya di Indonesia meliputi orang, budaya, dan etnis. Kepulauan yang luas ini juga merupakan rumah bagi segudang satwa liar yang akan memikat siapa pun. Dari burung hingga primata, temukan hewan Endemik yang luar biasa yang hanya bisa Anda lihat di Indonesia.

11 Hewan Endemik Indonesia


Komodo
Komodo  adalah kadal hidup terbesar di dunia, ditemukan di pulau-pulau Indonesia, Komodo dan Padar. Kadal adalah karnivora dan predator puncak ekosistem di mana mereka tinggal.

Orangutan

Primata yang menggemaskan ini dengan mata hitam besar dan perilaku yang hampir seperti manusia adalah primadona hutan lebat dan luas di Indonesia. Turis tidak bisa melupakan betapa eksotis dan berharganya makhluk-makhluk ramah ini, berkeliaran di pohon atau memberi makan bayi mereka. Sayangnya, penggundulan hutan telah menyebabkan spesies ini terancam punah.

Foto orangutan sering dibagikan di internet, tetapi melihatnya dalam kehidupan nyata adalah pengalaman tersendiri. Sebagai hasil dari popularitas spesies, ada banyak daerah yang melindungi kera besar yang terancam punah, terutama Taman Nasional Tanjung Puting.

Maleo

Spesies burung ini endemik di Sulawesi, dan terkenal karena kebiasaan kawin dan berkembang biak. Spesies monogami yang hidup berpasangan, mengubur telurnya di tanah atau pasir dan membiarkan panasnya bertindak sebagai inkubator alami. Tempat bersarang komunal Maleo dapat ditemukan di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Di tempat lain, Teluk Binerean, yang dikelola oleh Wildlife Conservation Society (WCS), menyediakan situs konservasi untuk Maleo yang terancam punah dan untuk penyu.

Rangkong

Fisik burung ini memang mempesona, dengan helm cerah yang ikonik dan lebar sayap yang luas. Tapi mungkin apa yang membuat rangkong helm ini begitu luar biasa adalah makna budaya yang diberikan kepada spesies. Di Kalimantan Barat atau Kalimantan, spesies rangkong ini dirayakan sebagai simbol dari alam ilahi, sering dimanifestasikan dalam seni dan ukiran tradisional. Meskipun mungkin sulit untuk menemukan salah satu burung aneh ini saat ini, Anda dapat mendengar suara jeritan aneh mereka, yang oleh banyak orang terdengar seperti tawa nyaring, dari jarak dua kilometer.

Babirusa

Dalam bahasa Indonesia, nama spesies ini adalah gabungan dari babi (babi) , dan rusa (rusa) . Dan itu salah satu cara yang valid untuk menggambarkan makhluk yang mencolok ini. Sepintas, babirusa tampak seperti tumpukan kepala dan kaki rusa yang aneh, dan gading liar. Babirusa memang termasuk dalam keluarga babi, tetapi fitur seperti rusa meluas ke sistem fisik dan bahkan pencernaan, membuat spesies ini sangat menarik untuk diamati. Babirusa dapat dilihat di Sulawesi Utara dan beberapa pulau terdekat provinsi.

Anoa
Sering digambarkan sebagai kerbau cebol, fisik anoa menyerupai kerbau air yang diperkecil, dengan sedikit penampilan rusa. Berbagai spesies anoa hidup di gunung dan dataran rendah, biasanya di hutan hujan yang rimbun di Sulawesi, Indonesia. Dengan dua tanduk menghadap ke belakang yang tajam, kerbau terkecil di dunia adalah makhluk yang menarik untuk diamati. Sayangnya, penduduk setempat semakin berburu anoa untuk daging mereka, mendorong mereka ke daftar yang terancam punah.

Kera Hitam

Secara resmi Celebes crested macaque atau black macaque, primata yang menakjubkan ini hampir seluruhnya hitam, dengan pengecualian beberapa bulu perak di bahu. Menjadi hewan sosial, kera hitam hidup dalam kelompok lima hingga 25 atau lebih, di mana orang dewasa perempuan lebih banyak daripada laki-laki. Populasi manusia telah menjadi ancaman besar bagi keberlanjutan kera hitam, tetapi banyak dari makhluk ini hidup lebih bebas di pulau-pulau kecil tetangga di Sulawesi, dibandingkan dengan yang ada di daratan.

Cendrawasih
Cendrawasih adalah spesies endemik yang termasuk dalam keluarga Paradisaeidae , atau burung cendrawasih. Burung-burung yang agung dan penuh warna ini dapat ditemukan di Papua, pulau paling timur Indonesia. Burung-burung ini, terutama jantan, memiliki bulu yang sangat berornamen dan halus dengan warna-warna cerah yang mengundang dan ekor panjang yang menggantung anggun dari tubuh mereka. Cendrawasih dapat memiliki beberapa campuran warna, mulai dari kuning, coklat, merah, oranye, hingga warna biru dan ungu yang berbeda.

Burung Cendrawasih  badak umum, spesies ini dari Jawa memiliki kulit seperti baju besi yang kuat dan struktur anterior yang kuat. Salah satu ciri tubuh badak Jawa yang khas adalah tanduk mereka yang relatif kecil, berbeda dengan dua, seperti yang biasanya dibanggakan oleh spesies badak lainnya. Setelah salah satu badak Asia yang paling tersebar luas, perburuan liar dan penggundulan hutan telah membunuh sebagian besar populasinya, hanya menyisakan beberapa lusin di ujung barat Jawa.

Harimau sumatera

Harimau Sumatera dapat dibedakan dari kerabat mereka dengan warna bulu mereka yang lebih gelap dengan kontras oranye yang lebih kuat hingga garis-garis coklat dan hitam kemerahan. Mereka juga dikenal sebagai sub-spesies harimau terkecil, tetapi tidak kalah ganasnya. Populasi harimau Sumatra tersebar di pulau Sumatra, biasanya di hutan lebat dan taman nasional, tetapi sayangnya populasi mereka menurun dengan cepat karena hilangnya habitat dan perdagangan ilegal.

Jalak Bali
Avivauna yang menakjubkan ini telah menjadi lambang burung Bali, sebagian besar ditemukan di habitat asli mereka di bagian barat laut surga pulau, jauh dari tempat-tempat yang jauh lebih turis. Burung endemik sebagian besar memiliki bulu putih jernih, dengan bercak biru cerah mencolok di sekitar masing-masing mata dan bulu runcing bervariasi di bagian atas kepala mereka. Jalak Bali sering menjadi bagian dari upacara di pura, di mana beberapa di antaranya dilepaskan sebagai ritual tradisional.

Baca Juga :


Asalasah | Sumber: https://theculturetrip.com/asia/indonesia/articles/11-awesome-native-animals-you-can-see-in-indonesia/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "11 Hewan Endemik Indonesia yang Luar Biasa"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel