8 Game Asah Otak dan Ingatan Terbaik

Asalasah"Stres dan Khawatir adalah salah satu masalah kesehatan masyarakat yang paling umum dan luas yang kita hadapi," kata Tracy Dennis, Ph.D, profesor psikologi di Hunter College. "Perubahan mental memengaruhi setiap bagian kehidupan kita: kesehatan fisik, kesejahteraan, pekerjaan, produktivitas pendidikan, dan keterlibatan masyarakat."

Nadine Kaslow, Ph.D., profesor dan wakil ketua di Departemen Psikiatri Universitas Emory dan presiden American Psychological Association, mengatakan aplikasi dapat membantu meningkatkan kesehatan mental melalui partisipasi kita dalam kegiatan yang dirancang untuk mengurangi gejala dan meningkatkan fungsi psikologis.

Lalu ada aplikasi yang secara tidak langsung menargetkan kesehatan mental, tetapi bertujuan untuk meningkatkan fungsi kognitif. "Kita tahu bahwa aplikasi seperti Lumosity dapat meningkatkan memori, keterampilan pemecahan masalah, dan kecepatan pemrosesan, terutama pada orang dewasa yang lebih tua," kata Dr. Kaslow. “Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang terlibat dalam permainan video ini cenderung mengembangkan plak otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer. Menjaga agar pikiran Anda tetap aktif sama pentingnya dengan latihan fisik dan aplikasi ini dapat membantu Anda tetap bugar secara mental. "

Dari perspektif seseorang yang ingin mencegah penyakit Alzheimer, ada beberapa hal menarik yang perlu diperhatikan tentang fenomena permainan asah otak. Pertama, ternyata banyak klaim ilmiah yang mendukung gagasan bahwa permainan pelatihan otak membuat Anda lebih pintar didasarkan pada penelitian yang cacat dan bukti terbatas yang dipertanyakan oleh ilmuwan objektif.

Namun, para ilmuwan objektif yang sama belum banyak meragukan efektivitas permainan pelatihan otak dalam mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.

Kenapa tidak? Karena sebenarnya ada beberapa bukti bagus yang menunjukkan bahwa mereka dapat melakukan hal itu. Jika Anda ingin mengubah diri Anda menjadi Einstein berikutnya, bermain game pelatihan otak mungkin merupakan tugas bodoh. Tetapi, jika Anda tertarik untuk mencegah Alzheimer dengan menjaga koneksi saraf di otak Anda kuat, maka permainan yang menantang ingatan kerja dan ketangkasan mental Anda bisa menjadi bagian penting dari rencana Anda (bersama dengan makan makanan kaya nutrisi, mendapatkan banyak tidur, dan berolahraga beberapa kali per minggu).

Mari kita lihat 8  game pelatihan otak yang telah mendapatkan ulasan positif:

1. Lumosity
Gratis di iOS Store dan Android Play Store, Lumosity menawarkan serangkaian permainan kognitif dan ilmiah yang terus berkembang yang dirancang untuk meningkatkan memori kerja Anda dan merangsang otak Anda setiap hari. Bagian dari permainan ini dirancang untuk dilakukan adalah memperkuat kemampuan Anda untuk memperhatikan hal-hal yang benar - yaitu, hal-hal yang membantu Anda menyelesaikan tugas yang dihadapi - sambil belajar mengabaikan hal-hal yang tidak membantu. Lumosity adalah salah satu game pelatihan otak yang paling populer, yang digunakan oleh lebih dari 60 juta orang di seluruh dunia.

2. Dakim

Digambarkan sendiri sebagai "program kebugaran otak," Dakim menawarkan kepada pengguna serangkaian permainan dan teka-teki yang dirancang untuk membantu Anda memberi otak Anda latihan yang komprehensif. Program ini memberi Anda akses ke lebih dari 100 latihan otak individu, semuanya dirancang untuk meningkatkan perhatian dan konsentrasi - dengan kata lain, jenis tugas mental yang telah ditunjukkan untuk berperan dalam mencegah Alzheimer dan gejala terkait. Anda dapat mencoba Dakim secara gratis di situs web mereka.

3. Clevermind

Berbeda dari banyak gim pelatihan otak yang dirancang khusus untuk orang yang sudah menderita Alzheimer, Clevermind lebih dari sekadar kumpulan gim. Seperti yang dapat dikatakan oleh pengasuh Anda, mengelola seseorang dengan Alzheimer jauh lebih dari sekadar memberi mereka latihan mental. Untuk tujuan ini, Clevermind menampilkan alat sosial, medis, dan diet, semua disajikan dalam antarmuka yang mudah dibaca yang juga memiliki asisten digital yang berbicara dengan suara mirip Siri. Clevermind tersedia untuk $ 1,99 di iOS App Store .

4. Fit Brains Trainer

Fit Brains Trainer membantu Anda "meningkatkan daya ingat, fokus, dan kecepatan otak" dengan memberi Anda akses ke lebih dari 360 game dan teka-teki. Aplikasi ini dirancang dengan cerdas untuk menjadi lebih sulit saat Anda menjadi lebih baik, sehingga Anda selalu memiliki tantangan di depan Anda dan tidak pernah menginginkan cara untuk memberikan otak Anda latihan yang positif. Fit Brains Trainer tersedia gratis di Google Play dan iOS App Store.

5. Cognifit Brain Fitness

Tersedia secara gratis di toko iTunes, Cognifit Brain Fitness memberi pengguna akses ke berbagai macam permainan menyenangkan, yang dirancang dengan baik yang dirancang oleh para ilmuwan saraf. Sebagai pengguna, Anda memiliki kemampuan untuk melacak kemajuan dan bahkan memulai dengan penilaian kognitif. Jika Anda merasa kompetitif, Anda dapat menantang teman-teman Anda juga, yang tidak hanya menyenangkan, tetapi dapat membantu Anda akhirnya membuktikan kepada teman-teman Anda bahwa Anda yang paling cerdas di antara semuanya.

6. Brain Trainer

Tersedia dalam versi gratis dan Pro di Google Play dan iTunes, aplikasi yang banyak digunakan ini menawarkan salah satu koleksi game pelatihan otak terbesar yang tersedia - permainan bahasa, permainan matematika, permainan bentuk cepat dan banyak lagi (termasuk, tentu saja, Sudoku) . Yang terbaik dari semuanya, Anda dapat menyesuaikan pengalaman bermain game Anda dengan tujuan pribadi Anda: pemecahan masalah, memori, perhatian, dan ketangkasan.

7. Metrix Otak

Layanan web gratis yang membantu Anda "melatih otak Anda," Brain Metrix menawarkan banyak koleksi permainan konsentrasi, warna, IQ, kecerdasan spasial, memori, dan kreativitas yang dapat membantu otak Anda dalam kondisi prima. Jika Anda tertarik memainkan jenis permainan yang memperkuat kebugaran otak Anda dengan cara yang dapat membantu mencegah Alzheimer dan demensia, maka Brain Metrix memiliki permainan dan tugas yang sesuai dengan tagihan.

8. Eidetik

Tagline Eidetic bersifat luas dan spesifik: "Pelajari dan ingat apa pun." Studi ilmiah tentang cara otak belajar telah menunjukkan dengan tegas bahwa pengulangan adalah kunci untuk mendapatkan sepotong informasi baru yang akan dirancang untuk penyimpanan jangka panjang dalam memori Anda. Dengan menggunakan teknik yang disebut "pengulangan spasi," aplikasi Eidetic membantu Anda belajar dan mengingat segala macam kata dan fakta menarik. Ini tersedia sebagai Aplikasi iOS untuk iPhone dan iPad.

Baca Juga :


Asalasah | Sumber: https://www.alzheimers.net/11-5-14-brain-training-games/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "8 Game Asah Otak dan Ingatan Terbaik"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel