Apa Aman Pakai Skin Care Yang Mengandung Kojic Acid ?

AsalasahAsam Kojic, produk yang berasal dari beberapa spesies jamur, diketahui dapat membatasi produksi melanin - zat yang memberi warna kulit pada kulit. 

Dari sekian banyak produk perawatan kulit yang tersedia, produk dengan klaim mencerahkan masih menjadi yang paling tinggi peminatnya. Pasalnya, memiliki tampilan kulit yang cerah memang jadi dambaan bagi banyak wanita. Hal ini pun dapat dibuktikan dengan banyaknya produk skin care berlabel ‘brightening‘ yang bisa Anda temukan di pasaran.

Di antara sekian banyaknya kandungan untuk mencerahkan kulit, kojic acid menjadi salah satu yang cukup disering ditemukan. Kojic acid sendiri awalnya dipopulerkan dan dikembangkan oleh para ilmuan Jepang. Nah, untuk mengenal lebih jauh mengenai kojic acid, simak artikel berikut ini, ya!

Asam kojic dipercaya dapat mencerahkan kulit, menghambat penuaan dini, serta mampu menghilangkan tanda-tanda hiperpigmentasi. Oleh karenanya, asam kojic menjadi bahan utama dalam berbagai produk kecantikan. Sebut saja pelembap, sabun, lotion, bahkan hingga serum pencerah kulit.

Salah satu jenis senyawa asam ini bekerja dengan cara mengahambat produksi melanin dalam kulit. Melanin sendiri merupakan pigmen yang dapat memberikan warna pada kulit, mata, dan juga rambut. Jika keberadaan pigmen ini sudah melebihi batas, efeknya pun akan membuat kulit jadi lebih gelap. Melanin sendiri memproduksi warna kulit dengan bantuan tyrosinase. Nah, asam kojic nantinya juga akan menghambat kerja tyrosinase, sehingga noda hitam dan warna kulit yang tidak merata pun akan memudar secara perlahan.

Apakah Ini Aman?
Asam kojic adalah bahan umum dalam produk pencerah kulit atau depigmenting. Asam Kojic dapat menyebabkan beberapa efek samping, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Namun, Panel Pakar Bahan Kosmetik (CIR) telah menentukan konsentrasi hingga 1 persen asam kojic dianggap aman untuk digunakan dalam kosmetik, seperti yang diterbitkan dalam edisi November-Desember 2010 “International Journal of Toxicology.”

Asam kojic pada dasarnya aman digunakan selama Anda memakainya sesuai dosis yang dianjurkan. Pasalnya, kandungan ini memang diperuntukkan untuk mencerahkan kulit. Namun, perlu diingat bahwa warna kulit kita sebenarnya sudah diatur secara genetik sejak lahir. Mencerahkan yang dimaksud di sini adalah mengembalikan rona cerah kulit Anda seperti sedia kala, bukan menjadikannya lebih putih.

Kini, kojic acid dapat dengan mudah Anda temukan dalam berbagai produk kecantikan yang ada di pasaran. Namun, pastikan bahwa produk tersebut aman dan hanya memiliki kandungan kojic acid yang tidak lebih dari 2%. Hal tersebut dikarenakan, kojic acid memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kulit, sehingga penggunaan dalam dosis berlebih dikhawatirkan akan menimbulkan iritasi. Selain itu, untuk sebagian orang dengan kulit yang sensitif, kojic acid dengan konsentrasi 1% pun terkadang masih menimbulkan efek samping. Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan produk skin care berkandungan kojic acid.

 Baca juga : 
Asalasah | Sumber: https://journal.sociolla.com/beauty/kojic-acid/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Apa Aman Pakai Skin Care Yang Mengandung Kojic Acid ?"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel