Bahaya Merokok Bisa Bikin Buta

AsalasahApa kamu merokok? Berpikirlah dua kali sebelum mengambil rokok lagi karena itu tidak hanya dapat merusak jantung atau paru-paru Anda, tetapi juga dapat bikin Anda buta, kata para ahli.

Merokok merusak retina - jaringan penginderaan cahaya di belakang mata, yang bertanggung jawab untuk mentransmisikan gambar ke otak.


"Ini seperti film kamera yang mengubah sinar cahaya menjadi impuls yang membantu kita melihat," Raja Narayanan, Kepala LV Prasad Eye Institute (LVPEI), Hyderabad mengatakan kepada IANS.

"Merokok meningkatkan senyawa kimia dalam aliran darah sehingga mengurangi aliran darah dan oksigen ke retina. Ini membuat perokok dua kali lebih rentan terhadap Degenerasi Makula Terkait Usia (AMD)," tambah Narayanan.

Sebuah studi baru-baru ini, yang diterbitkan dalam jurnal Psychiatry Research, menunjukkan perubahan signifikan dalam penglihatan warna merah-hijau dan biru-kuning perokok, yang menyarankan bahwa mengonsumsi zat-zat dengan bahan kimia neurotoksik, seperti yang ada dalam rokok, dapat menyebabkan hilangnya penglihatan warna secara keseluruhan.

Merokok adalah salah satu penyebab terbesar berbagai penyakit yang dapat dicegah dan kematian dini di seluruh dunia.

India adalah salah satu dari 10 negara bersama yang menyumbang hampir dua pertiga dari perokok dunia (63,6 persen) pada 2015, menurut sebuah studi Global Burden of Disease yang diterbitkan dalam The Lancet pada 2017.

Merokok dapat lebih lanjut memengaruhi banyak penyakit mata seperti katarak, glaukoma, dll. Meskipun penyakit yang terkait dengan bagian depan mata mudah dikenali, penyakit retina seperti AMD dan Diabetic Macular Edema (DME) mungkin berkembang secara diam-diam dan mengarah pada kehilangan penglihatan yang progresif jika tidak. dirawat tepat waktu.

"Hilangnya penglihatan yang disebabkan oleh penyakit retina tidak dapat dibalik. Namun, jika kondisi tersebut didiagnosis tepat waktu penyakit tersebut dapat dikelola secara efektif untuk mencegah hilangnya penglihatan lebih lanjut. Pengakuan gejala merupakan aspek kunci untuk diagnosis tepat waktu," Ajay Dudani, Dokter Mata / Dokter Bedah Mata dan Vitreoretinal, Pusat Retina Mumbai, memberi tahu IANS.

"Gejala-gejala penyakit retina ini sering dikacaukan dengan gejala usia tua atau gangguan mata lainnya yang mengarah pada keterlambatan diagnosis," tambahnya.

Penderita diabetes harus ekstra hati-hati terhadap perubahan penglihatan dan perlu mengikuti gaya hidup sehat karena mereka lebih rentan terhadap retinopati diabetik.

"Hari ini, ada pilihan perawatan yang tersedia yang dapat memperlambat atau menghentikan perkembangan penyakit. Beberapa pilihan perawatan yang tersedia di India termasuk fotokoagulasi laser, suntikan anti-VEGF (Faktor Pertumbuhan Endotel Vaskular) dan terapi kombinasi yang meliputi perawatan laser dan anti-VEGF, "Dudani menegaskan.

Asalasah | Sumber: https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health-news/stop-smoking-cigarettes-before-they-make-you-blind/articleshow/68753751.cms

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Bahaya Merokok Bisa Bikin Buta"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel