Bintik-bintik gelap pada kulit: Penyebab dan cara mengobatinya

AsalasahBintik-bintik gelap pada kulit, atau hiperpigmentasi, terjadi ketika beberapa area kulit menghasilkan lebih banyak melanin daripada biasanya. Melanin memberi warna mata, kulit, dan rambut.

Bintik-bintik hitam pada kulit tidak perlu dikhawatirkan dan tidak perlu perawatan, meskipun orang mungkin memilih untuk menghilangkannya karena alasan kosmetik. Tergantung pada penyebabnya, orang mungkin menyebut beberapa jenis bintik hitam pada bintik usia kulit atau bintik matahari.

Pada artikel asalasah ini, kita melihat apa yang menyebabkan bintik-bintik hitam pada kulit dan bagaimana orang dapat menghilangkannya menggunakan perawatan dermatologis dan pengobatan rumahan.

Gejala
Bintik-bintik gelap pada kulit dapat berkisar dari coklat muda hingga coklat tua. Warna bintik-bintik gelap mungkin tergantung pada warna kulit seseorang. Bintik-bintik tersebut memiliki tekstur yang sama dengan kulit dan tidak menyakitkan.

Bintik-bintik hitam juga bervariasi dalam ukuran dan dapat berkembang di bagian tubuh mana saja tetapi paling umum di daerah yang sering terkena sinar matahari.

Bintik gelap sering terjadi pada area berikut:

  • punggung tangan
  • menghadapi
  • kembali
  • bahu

Pada orang dengan kulit yang lebih gelap, tempat yang beberapa warna lebih gelap daripada kulit biasanya memudar dalam waktu 6 hingga 12 bulan . Warna yang lebih dalam bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk memudar. Perubahan warna yang dalam sering muncul biru atau abu-abu, meskipun suatu titik juga mungkin jauh lebih gelap dari warna kulit alami seseorang.

Penyebab

Ada beberapa penyebab bintik hitam yang berbeda, seperti yang kami jelaskan di sini:

Kerusakan akibat sinar matahari
Juga disebut bintik matahari, lentigine matahari, atau bintik-bintik hati, orang-orang dapat mengembangkan bintik-bintik gelap pada kulit mereka setelah terkena sinar matahari atau tanning bed.

Area tubuh yang paling banyak terkena sinar matahari, seperti wajah, tangan, atau lengan, kemungkinan besar akan mengembangkan bintik-bintik matahari.

Perubahan hormon
Melasma adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak kecil perubahan warna kulit. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita, terutama selama kehamilan.

Menurut American Academy of Dermatology , hormon dapat memicu melasma.

Efek samping obat
Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan pigmentasi kulit dan menyebabkan bintik-bintik gelap. Penyebab paling umum adalah obat antiinflamasi non-steroid (NSAID), tetrasiklin, dan obat psikotropika.

Peradangan
Bintik-bintik hitam dapat timbul setelah serangan radang pada kulit. Peradangan dapat terjadi karena berbagai alasan yang meliputi eksim , psoriasis , cedera pada kulit, dan jerawat .

Penyembuhan luka
Bintik-bintik gelap mungkin tetap setelah gigitan serangga, membakar, atau memotong menyembuhkan. Ini mungkin memudar seiring waktu.

Gangguan
Kulit kosmetik atau produk rambut dapat mengiritasi kulit, menyebabkan terbentuknya bercak-bercak gelap.

Diabetes
Diabetes dapat menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap.

Kondisi yang berhubungan dengan diabetes termasuk acanthosis nigricans, yang menyebabkan kulit gelap, beludru, dan shin spot atau dermopathy diabetes, yang orang mungkin bingung dengan bintik-bintik usia.

Lanjut Baca : Bagaimana menghilangkan bintik-bintik hitam ? 

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.medicalnewstoday.com 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Bintik-bintik gelap pada kulit: Penyebab dan cara mengobatinya"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel