Fakta dan Mitos Hewan Beruang

Asalasah ~ Walaupun di Indonesia hewan beruang belum terlalu umum didengar atau dijumpai, namun menarik bagi asalasah untuk berbagi pengetahuan dan menagnkis mitos seputar hewan beruang.

Beruang telah membuat manusia terpesona selama ribuan tahun. Sebagai salah satu mamalia yang paling mudah beradaptasi dan serbabisa di bumi, perilaku mereka membangkitkan rasa takut, kagum, heran, dan keingintahuan dalam diri kita. Sayangnya, masih banyak mitos seputar kehidupan dan perilaku beruang yang berdampak negatif pada hubungan manusia dengan beruang.

Cerita tentang serangan brutal oleh beruang pada pejalan kaki menjadi berita utama di media. Makna luar biasa yang disampaikan dalam kisah-kisah ini adalah bahwa beruang itu berbahaya, makhluk yang kejam yang merupakan ancaman ekstrem bagi orang-orang dalam keadaan apa pun. Ini, tentu saja, tidak akurat dan memperburuk pemikiran.


Adalah penting untuk menghilangkan mitos yang didasarkan pada rasa takut, dan yang lain berdasarkan pada kepercayaan yang salah.

Beruang adalah mamalia liar yang cerdas dan banyak akal. Pengetahuan tentang perilaku , ekologi , dan kebutuhan habitat beruang sangat penting kita pelajari jika kita ingin hidup berdampingan secara damai dengan makhluk-makhluk luar biasa ini.

Mitos # 1: Beruang tidak dapat diprediksi
Fakta: Beruang menggunakan bahasa tubuh dan vokalisasi untuk menunjukkan niat mereka. Mempelajari perilaku beruang dapat bermanfaat bagi orang yang tinggal di negara beruang.

Mitos # 2: Beruang tidak bisa berlari menuruni bukit
Fakta: Beruang dapat berlari lebih dari 60 kilometer per jam, dan mereka dapat melakukannya di atas bukit, menuruni bukit atau sepanjang lereng. Sebagai gambaran kecepatannya itu 15 meter / detik atau 50 kaki / detik - dua kali lebih cepat dari manusia. Faktanya, seekor beruang dapat berlari lebih cepat dari kuda pacu jarak pendek tetapi memiliki sedikit daya tahan.

Mitos # 3: Seekor beruang yang berdiri tanda akan menyerang
Fakta: Sebenarnya, seekor beruang yang berdiri dengna kaki belakangnya hanya berusaha mengidentifikasi apa yang menarik perhatiannya. Karena saya yakin Anda akan setuju, jauh lebih mudah untuk melihat, mendengar, dan mencium berbagai hal dari posisi berdiri, daripada merangkak.

Mitos # 4: Sekali beruang memakan manusia, dia tidak akan makan makanan di alam liar lagi
Fakta: Beruang lebih menyukai makanan alami, liar kecuali sulit ditemukan dan makanan manusia terlalu mudah didapat. 

Mitos # 5: Lonceng adalah cara terbaik untuk menghindari pertemuan dengna beruang 
Fakta: Yang terbaik adalah mengingatkan beruang tentang kehadiran manusia dengan berbicara keras, menyanyikan lagu, atau mematahkan kayu. Cobalah untuk mendaki dalam kelompok, di jalur yang telah ditentukan, pada siang hari.

Mitos # 6: Jika beruang mengejar Anda, panjatlah pohon.
Fakta: Terlepas dari semua rasa takut mereka di tanah, beruang hitam tampaknya merasa lebih berani  lagi di pohon. Beruang terkadang saling membunuh dengan menjatuhkan lawannya dari pohon. Beruang di bawah ini memiliki keuntungan karena beruang di atas tidak dapat dengan mudah bertahan dan menghadap ke bawah untuk melawan. 

Mitos # 7: Beruang adalah karnivora.
Fakta: Meskipun diklasifikasikan sebagai karnivora , beruang grizzly dan hitam adalah omnivora karena mereka memakan tumbuhan dan hewan. Hanya sebagian kecil dari makanan mereka yang terdiri dari daging, yang meliputi ikan, serangga, dan mamalia lainnya (persentase pastinya tergantung pada jenis makanan yang tersedia di habitatnya).

Mitos # 8: Beruang memiliki penglihatan yang buruk
Fakta: Beruang melihat dalam warna dan memiliki penglihatan yang baik mirip dengan manusia. Penglihatan malam mereka sangat bagus dan mereka sangat terbiasa untuk mendeteksi gerakan. Seperti banyak binatang lainnya, mata beruang memiliki lapisan reflektif yang disebut tapetum lucidum yang melapisi bagian belakang bola mata. Lapisan ini memantulkan kembali cahaya melalui retina, memungkinkan cahaya untuk merangsang sel-sel peka cahaya di retina untuk kedua kalinya, sehingga meningkatkan penglihatan malam. Inilah yang membuat anjing, kucing, dan banyak hewan nokturnal yang berbeda, mata bercahaya hijau cerah ketika mereka disorot dengan cahaya di malam hari.

Mitos # 9: Beruang yang berkeliaran ke daerah-daerah yang dihuni seperti tempat perkemahan, kota-kota pedesaan atau komunitas pondok berbahaya
Fakta: Hampir tidak mungkin bagi beruang untuk melakukan perjalanan sehari-hari tanpa berjalan melalui properti pribadi seseorang. Beruang dapat melakukan perjalanan ratusan kilometer untuk mencari makanan. Jika Anda telah menyimpan makanan dan sampah dengan benar, beruang itu mungkin akan pindah.

Mitos # 10: Menembak atau mengusir 'gangguan' beruang akan menyelesaikan masalah
Fakta: Mengusir beruang akan menciptakan kesempatan bagi beruang lain untuk masuk, menciptakan lingkaran setan konflik dan pembunuhan.

Mitos # 11: Membawa senapan lebih aman daripada semprotan merica
Fakta: Peluang seseorang mengalami cedera serius akibat pengisian senapannya lama sekali ketika peluru ditembakkan versus ketika semprotan lada beruang digunakan (Dr. Stephen Herrero). Mereka yang terluka mempertahankan diri dengan semprotan merica mengalami serangan yang lebih pendek dan cedera yang lebih parah daripada mereka yang memilih untuk menggunakan senjata api (US Fish and Wildlife Service). Klik di sini untuk membaca laporan lengkap . Beruang sebenarnya tertarik pada residu semprotan merica jika disemprotkan ke tanah atau pada benda. Jangan pernah menyemprotkannya di sekitar tenda atau pada diri Anda sendiri. Ketika digunakan secara defensif, semprotan merica harus disemprotkan langsung ke mata atau hidung beruang yang menyerang. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Mitos # 12: Salah satu perjumpaan paling berbahaya adalah antara induk beruang hitam dan anaknya
Fakta: Karena beruang hitam dapat menanami anaknya, jarang mereka menyerang orang yang membela anaknya. Namun, jika Anda berada di dekat anak seekor induk grizzly, ia mungkin akan menganggap Anda sebagai ancaman. Kemungkinannya bagus bahwa dia hanya akan menggertak biaya dan berhenti kontak fisik singkat. Anda perlu melakukan apa pun untuk menunjukkan kepadanya bahwa Anda bukan ancaman, kalau tidak konsekuensinya bisa tragis. Diam, buat diri Anda lebih kecil dan mundur.

Mitos # 13: Orang yang bepergian di negara beruang sering diserang
Fakta: Serangan beruang sangat jarang. Meskipun ada ribuan perjumpaan beruang-manusia setiap tahun, hanya sedikit yang mengakibatkan cedera pribadi. Sebagian besar beruang benar-benar akan mundur sebelum Anda bahkan menyadari kehadiran mereka. Namun, tetap penting untuk tetap waspada dan tahu apa yang harus dilakukan .

Mitos # 14: Berbahaya untuk pergi ke negara beruang saat menstruasi
Fakta: Bukti terkini menunjukkan bahwa menstruasi tidak meningkatkan kemungkinan serangan oleh beruang hitam atau grizzly, tetapi tampon direkomendasikan daripada pembalut. Mereka dapat dibuang dengan membakar dan kemudian mengemas sisa-sisa.

Mitos # 15: Pura-pura mati saat diserang.
Fakta: Bermain mati akan berhasil jika Anda diserang oleh seorang ibu dengan grizzly membela anaknya. Tetapi itu adalah hal yang salah untuk dilakukan jika Anda diserang oleh beruang pemangsa. Jika beruang menyerang (terutama beruang hitam) dengan cara ofensif dan kontak fisik dibuat, berjuang untuk hidup Anda. Tendang, pukul, pukul beruang dengan batu atau tongkat atau senjata improvisasi yang bisa Anda temukan. Seekor beruang pemangsa biasanya mengintai mangsanya dan serangan dari belakang. Itu sering diam dan beruang tidak menunjukkan perilaku defensif seperti terengah-engah atau menampar tanah. Telinganya bisa ditundukkan dan kepalanya ditundukkan, dengan niat yang terfokus langsung pada Anda. Lihat bagian Play kami untuk informasi lebih lanjut.

Asalasah | Sumber: http://www.bearsmart.com/about-bears/dispelling-myths/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Fakta dan Mitos Hewan Beruang"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel