Mengapa Muncul Bintik Flek gelap di bibir ?

AsalasahMelihat bintik-bintik hitam pada bibir dapat menyebabkan kekhawatiran atau kesadaran diri, tetapi biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Berbagai faktor dapat menyebabkannya.

Obat rumahan mungkin dapat mengurangi munculnya bintik-bintik ini, tetapi ada kalanya dokter harus terlibat.

Pada artikel ini, kita melihat 13 penyebab bintik hitam di bibir. Kami juga membahas pencegahan, perbaikan, dan kapan harus mencari diagnosis dan perawatan profesional.

Penyebab timbulnya flek hitam di bibir

Banyak penyebab yang tercantum di bawah ini mudah diatasi di rumah atau memerlukan perawatan sederhana:

1. Kekurangan vitamin
Vitamin seperti B-12 membantu memberi warna kulit lebih merata.

Jika tubuh kekurangan vitamin ini, kulit dapat berubah. Bintik-bintik gelap pada bibir atau warna kulit yang tidak rata dapat mengindikasikan kekurangan vitamin.

Kekurangan harus didiagnosis oleh dokter, yang dapat merekomendasikan menambahkan makanan kaya vitamin ke dalam makanan atau mengambil suplemen multivitamin, tergantung pada tingkat keparahan kekurangannya.

Dalam kasus yang ekstrem, dokter dapat merekomendasikan suntikan vitamin.

2. Dehidrasi
Dehidrasi dapat memiliki banyak efek berbahaya pada tubuh. Bila menyangkut wajah, kekurangan air dalam makanan bisa menyebabkan kulit dan bibir pecah-pecah.

Bibir mungkin menjadi kasar, dan lapisan kulit bisa mengelupas, menyebabkan cedera kecil. Ini bisa menyebabkan keropeng, bekas luka, dan perubahan warna lainnya di bibir.

Minum banyak air dan makan makanan kaya cairan sepanjang hari biasanya akan mencegah atau mengobati dehidrasi ringan.

3. Terlalu banyak zat besi
Asupan zat besi yang berlebihan dapat menyebabkan kulit berubah warna.

Seseorang mungkin memiliki terlalu banyak zat besi dalam tubuhnya karena mereka mengonsumsi terlalu banyak suplemen zat besi atau menerima banyak transfusi darah yang kaya zat besi.

Atau, seseorang mungkin memiliki kondisi keturunan yang disebut hemochromatosis . Hal ini menyebabkan tubuh menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan, yang dapat menyebabkan perubahan warna kulit.

Jika seseorang memiliki kelebihan zat besi, dokter akan dengan hati-hati memonitor dan mengatur kadar dari waktu ke waktu. Dokter mungkin menyarankan agar mereka mendonorkan darah secara teratur. Obat resep juga dapat membantu menghilangkan zat besi.

4. Obat-obatan
Obat-obatan kimia juga dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan pembentukan bintik hitam di bibir.

Sebagian besar obat-obatan ini termasuk dalam kategori berikut:

  • obat sitotoksik digunakan selama perawatan kanker
  • obat antipsikotik, seperti chlorpromazine
  • obat antimalaria, seperti kina sulfat
  • antikonvulsan, seperti fenitoin
  • obat antiaritmia, seperti amiodarone

Siapa pun yang minum obat ini harus menghubungi dokter jika bintik hitam terbentuk di bibir mereka. Dokter dapat merekomendasikan perubahan dalam pengobatan atau pilihan perawatan yang berbeda.

5. Hyperpigmentation
Hiperpigmentasi, atau melasma, adalah masalah kulit yang umum dan tidak berbahaya.

Melasma terjadi ketika bercak kulit berubah warna dan tampak coklat atau keabu-abuan. Ini dapat muncul di mana saja, termasuk bibir.

Hormon mungkin berperan dalam hiperpigmentasi, dan wanita hamil sering terpengaruh.

Melindungi kulit dari sinar matahari akan sering menghentikan area hiperpigmentasi menjadi lebih berbeda. Bercak mungkin memudar seiring waktu, dan dokter kulit dapat merekomendasikan obat topikal untuk meringankan bintik-bintik gelap.

6. Alergi
Reaksi alergi dapat menyebabkan bintik-bintik hitam pada bibir. Alergi ini disebut cheilitis kontak berpigmen.

Iritan potensial meliputi:

  • lipstik atau lip balm yang mungkin telah kedaluwarsa
  • riasan wajah
  • pasta gigi
  • pewarna rambut atau krim pemutih rambut
  • teh hijau , yang dapat mengiritasi kulit sensitif

Siapa pun yang memiliki reaksi alergi harus berhenti menggunakan produk yang mereka curigai bertanggung jawab dan menghubungi dokter.

7. Gangguan hormon
Bintik-bintik gelap atau hitam pada bibir dapat mengindikasikan gangguan hormon. Kadar hormon tiroid yang rendah atau tinggi dapat menyebabkan flek atau hiperpigmentasi terjadi pada tubuh.

Hubungi dokter untuk menerima diagnosis dan mengembangkan rencana perawatan.

8. Danau vena
Bintik gelap di bibir bisa berupa danau vena.

Ini akan terlihat seperti satu, bintik ungu gelap yang dinaikkan dan terasa lembut saat ditekan. Mereka dapat bervariasi dalam ukuran dan biasanya muncul di daerah yang terkena sinar matahari, seperti bibir atau telinga.

Danau vena berhubungan dengan paparan sinar matahari, meskipun penyebab langsungnya tidak diketahui. Mereka biasanya tidak menunjukkan kanker kulit .

Terapi laser dapat menghilangkan danau vena jika orang menemukannya tidak sedap dipandang. Melindungi bibir dari sinar matahari dapat membantu mencegah perkembangannya.

9. Bintik matahari
Ini adalah area kulit yang berubah warna yang mungkin terasa keras atau bersisik. Komunitas medis menyebut bintik matahari sebagai actinic keratosis.

Bintik matahari dapat muncul pada kulit yang terpapar sinar matahari.Mereka mungkin memiliki:

  • permukaan datar atau terangkat
  • nada yang cocok dengan bagian kulit lainnya, atau warnanya mungkin sedikit merah muda, merah, atau coklat tua
  • permukaan yang kasar dan kering
  • teksturnya kerak atau bersisik
  • ukuran mulai dari yang sangat kecil hingga sekitar 1 inci
Keratosis aktinik dianggap sebagai bentuk prekanker, karena daerah yang terkena mengandung sel-sel abnormal yang dapat berkembang menjadi kanker seiring waktu.

Seorang dokter harus memeriksa semua bintik matahari. Mereka mungkin merekomendasikan membekukan sel-sel abnormal, mengikis atau memotongnya, atau menghapusnya dengan kulit kimia.

10. Angiokeratoma
Angiokeratoma adalah lesi kulit. Angiokeratoma bervariasi dalam ukuran, bentuk, dan warna, tetapi biasanya merah gelap atau hitam dan sulit disentuh. Mereka mungkin memiliki permukaan yang tidak rata.

Lesi ini cenderung muncul pada orang dewasa yang lebih tua dan mungkin terlihat seperti kutil . Meskipun biasanya tidak berbahaya, dokter harus memeriksa setiap angiokeratoma dengan hati-hati untuk memastikan bahwa itu bukan kanker.

Jika seseorang ingin angiokeratoma diangkat, ini biasanya dilakukan dengan laser atau dengan pembekuan.

11. Perlengkapan gigi
Setiap perlengkapan di mulut yang tidak pas dapat menyebabkan luka tekanan muncul di bibir atau gusi. Kawat gigi, gigi palsu, dan retainer sering bertanggung jawab.

Setelah sakit sembuh, mungkin meninggalkan titik gelap, dan ini dapat menjadi lebih gelap jika mereka tidak dilindungi dari sinar matahari.

Perawatan melibatkan meminta seorang dokter gigi untuk memperbaiki kecocokan perangkat dan melindungi bintik-bintik dari sinar matahari saat mereka sembuh.

12. Merokok dan alkohol
Bahan kimia berbahaya dan racun dalam produk tembakau dapat merusak bibir dan mulut.

Minum terlalu banyak alkohol juga dapat mengganggu keseimbangan racun dalam tubuh dan menyebabkan bintik-bintik hitam muncul di bibir.

Berhenti atau membatasi konsumsi produk-produk ini dapat membantu mencegah gejala ini.

13. Kanker
Pertumbuhan kanker di bibir memiliki berbagai penampilan. Perhatikan gejala-gejala berikut:
  • pertumbuhan dengan bentuk yang tidak beraturan
  • pertumbuhan yang dengan cepat meningkat dalam ukuran
  • luka terbuka atau berdarah
  • pertumbuhan yang mengkilap
  • pertumbuhan dengan warna yang tidak biasa
  • bercak merah bersisik kulit
  • jaringan seperti bekas luka
Pertumbuhan kanker pada bibir biasanya diangkat melalui pembedahan, atau dengan pembekuan atau radiasi.

Pengobatan dan pencegahan di rumah

Banyak pengobatan rumahan dikatakan bisa menghilangkan noda hitam di bibir. Mereka dapat melakukannya dengan membuat kulit lebih sehat atau mencerahkan warnanya.

Namun, beberapa dari solusi ini belum diuji secara ilmiah. Tak satu pun dari solusi ini harus menggantikan saran dokter atau dokter kulit.

Produk-produk berikut dapat membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada bibir:
  • madu
  • jus lemon
  • cuka sari apel
  • gliserin (gliserol)
  • Pala
  • kelopak mawar
  • teh putih
  • Kunyit
Mengoleskan sedikit saja bahan-bahan di atas ke bibir beberapa kali sehari dapat membantu mengurangi munculnya bintik hitam. Jika bahannya cair, gunakan beberapa tetes. Kalau tidak, gunakan cubitan.

Melindungi bibir dari sinar matahari dapat membantu proses penyembuhan atau mencegah kerusakan lebih lanjut. Beberapa lip balm dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Balsem ini tersedia untuk pembelian online .

Untuk mengurangi munculnya bintik hitam, seseorang mungkin merasa terkelupas dengan scrub gula atau garam. Ini dapat menghilangkan sel-sel mati dan berubah warna dan mengungkapkan sel-sel baru yang lebih sehat di bawah ini.

Makan makanan yang seimbang dan minum banyak air dapat mencegah beberapa penyebab flek hitam di bibir. Menghindari makanan pedas juga bisa bermanfaat.

Kapan harus ke dokter
Kunjungi dokter untuk memastikan bahwa flek hitam pada bibir didiagnosis dengan benar.

Jika ada lesi kulit yang memiliki bentuk tidak teratur, tumbuh dengan cepat, berkilau, atau memiliki warna yang tidak biasa, segera temui dokter.

Bintik-bintik hitam pada bibir biasanya tidak perlu dikhawatirkan dan dapat dengan mudah diobati ketika mengikuti rencana dokter.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.medicalnewstoday.com/ 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Muncul Bintik Flek gelap di bibir ?"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel