Mengapa Pantat Berwarna Hitam Meski Tak Terkena Sinar Matahari?

AsalasahSinar matahari memang menjadi salah satu musuh bebuyutan kita, khususnya buat kaum perempuan. Selain sinar matahari yang bikin gerah dan panas, efek dari sinar matahari yang berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah membuat kulit menjadi nampak kusam bahkan menghitam. Tapi yang menjadi pertanyaannya adalah, mengapa bagian tertutup seperti pantat yang tidak sama sekali tersentuh oleh sinar matahari bisa berwarna lebih gelap dari bagaian tubuh lainnya yah?

Bagian pantat atau pantat memang salah satu bagian tubuh yang sangat privasi. Tapi meskipun ini termasuk bagian privasi namun kecantikan dan kondisi kulitnya memang harus diperhatikan. Akan tetapi kecantikan sebagai seorang orang jangan hanya terfokus pada kecantikan luar saja. Kelak jika kamu sudah menikah tentu kecantikan luar dalam perlu diperhatikan demi menunjang keharmonisan antara hubunganmu dengan pasangan. Nah, dari seluruh bagian tubuh yang menjadi detail perawatan, pantat adalah satu bagian tubuh yang sering terlupakan.

Pantat adalah tumpuan tubuh bagian atas. Jadi tak heran apabila jika pantat sebenarnya memiliki masa otot yang lebih besar dan kuat dibanding bagian tubuh lainnya. Semakin kuat otot pantat, berarti makin tinggi pula Anda dapat melompat. Penelitian dari University of Oxford menunjukkan bahwa pantat besar memiliki korelasi dengan kecerdasan. Pasalnya pantat besar berarti memiliki persediaan lemak omega 3 yang lebih banyak, yang mana berguna untuk perkembangan otak.

Penyebab Munculnya Warna Gelap Pada Pantat

Meski merupakan salah satu bagian tubuh yang diidamkan keindahannya, tetapi karena terletak dan selalu tersembunyi, tidak jarang orang yang mengabaikannya. Sehingga pula sering kali kurang melakukan perawatan padanya. Sebagaimana membersihkan dan melakukan perawatan yang seksama pada bagian wajahnya.

Padahal ketika sempat memperhatikannya (saat mandi, misalnya) para orang terkadang merasa malu (atau bahkan minder) karena pantat yang tidak putih yang dipunyainya. Maklum saja, siapa yang tidak merasa malu jika bokongnya terlihat hitam kelam ?

Meski tak sering terlihat oleh banyak orang apa salahnya jika anda merawat bagian pantat agar terlihat lebih sempurna dimata pasangan sendiri? Sebelum anda mengetahui cara mengurangi noda hitam di bagian pantat anda pasti akan mencari tau dulukan apa penyebabnya? Warna pantat yang berubah sangat berpengaruh terhadap sebagian besar orang, meski sekalipun bagian tersebut tidak terpapar oleh sinar matahari akan tetapi warna gelapnya pasti akan tetap muncul.

Anda tidak pernah menggunakan body lotion whitening pada daerah pantat dan selangkangan, namun anda tetap mendapati warna gelap di daerah tersebut? Sebenarnya penyebabnya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Hal yang biasanya menjadi pemicu penyebabnya adalah karena gesekan kulit ketika anda berjalan dan kemudian terkena keringat.

Selain itu ada juga yang disebabkan karena pertumpahan insulin di kulit, misalnya pada orang-orang yang mengalami obesitas dan penderita diabetes tipe 2. Selangkangan yang gelap juga bisa disebabkan karena efek samping obat tertentu atau karena kondisi medis lainnya. Nah, berikut di bawah ini adalah beberapa penyebab lainnya dari munculnya warna gelap pada pantat.

Tidak Bersih Mencuci Celana Dalam

Banyak orang yang hanya mencuci celana dalam pada bagian vagina, hingga melupakan area pantat. Celana dalam yang tidak dicuci dengan bersih akan membuat bakteri dan jamur tetap menempel di area tersebut hingga menyebabkan warna pantat berubah menjadi hitam. Oleh karena itu, saat mencuci celana dalam rendamlah terlebih dahulu kemudian cuci ke seluruh bagian celana dalam agar bakteri dan jamur tidak bersarang di celana dalam.

Pantat Lembab Sehabis BAK

Anda mungkin pernah ketika sehabis buang air kecil hanya terfokus pada bagian Miss.V saat membersihkannya. Padahal jangan hanya Miss.V ingat pantat juga ikut basah pada saat anda BAK. Justru kebiasaan jorok tersebut dapat membuat kulit bokongmu menjadi lembab dan kemudian akan berubah warna menjadi gelap. Bahkan tak hanya itu, hal tersebut rupanya juga dapat menimbulkan bisul dan jamur.

Karena itu, selalu pastikanlah area pantat dilap dengan bersih dan benar-benar kering seperti layaknya anda menjaga kebersihan vagina. Anda bisa mencoba untuk mencerahkan pantat hitammu dengan menggunakan scrub, lotion atau masker yang terbuat dari bahan alami seperti madu atau lemon.

Menggunakan Celana yang Terlalu Ketat

Pernah menggunakan celana dalam yang terlalu ketat? Hm, jangan sering-sering yah karena inilah salah satu penyebab pantat menghitam. Saat anda menggunakan celana yang terlalu ketat maka akan terjadi gesekan. Nah, gesekan itulah yang membuat warna kulit secara perlahan akan berubah menjadi gelap. Karena itu disarankan agar anda tidak menggunakan celana yang terlalu ketat atau diselingi dengan menggunakan rok agar kulit lebih bisa bernapas.

Tak Mau Tahu

Kebiasaan tak mau tahu dan tak mau mencari tahu dapat menjadi salah satu penyebabnyaa. Karena fakta yang terjadi pada saat dewasa kondisi kulit pantat berubah. Akibat pengaruh hormon androgen yang ada pada orang dewasa maka kelenjar yang memproduksi minyak dan kelenjar keringat umumnya lebih berbau dan aktif. Dengan aktifnya kelenjar-kelanjar tersebut meyebabkan kulit menjadi lebih kasar dengan pori-pori cenderung lebih besar.

Menggunakan Celana Dalam Yang Salah


Zaman sekarang celana dalam muncul dengan beraneka ragam jenis. Nah, sayangnya justru model celana dalam yang lucu biasanya tidak menyerap keringat. Bahan celana dalam yang tidak menyerap keringat dapat membuat bakteri dan jamur berkembang biak di area pantat hingga menyebabkan pantat hitam. Karena itu disarankan agar anda menggunakan celana dalam berbahan katun untuk mencegah perkembang biakan bakteri dan jamur.

Adanya Gesekan

Gesekan yang terjadi dengan celana dalam dapat menjadi penyebab utama pantat semakin gelap. Gesekan tersebut dapat menimbulkan iritasi kulit sehingga warna kulit berubah. Ditambah lagi dengan kombinasi celana dalam ketat dan celana yang sempit dapat menjadi penyebab utama yang mengakibatkan warna gelap dibokong. Duduk di kursi atau alas yang lebih keras dapat memunculkan fraksi di mana kulit akan lebih menghitam. Kulit pantat juga akan bergesekan dengan permukaan tersebut meski dibatasi oleh kain celana.

Kebiasaan Sederhana Yang Bisa Mencegah Terjadinya Pantat Hitam
Pada dasarnya, kulit manusia mempunyai warna yang sama di seluruh bagian tubuhnya. Sehingga mestinya pula, seharusnya tidak terjadi adanya masalah pantat belanga ini. Pantat yang menghitam dapat terjadi, umumnya karena kurangnya masalah kebersihan dan perawatan diri. Pantat yang menghitam ini, umumnya disebabkan oleh adanya aktivitas jamur dan bakteri, sehingga terjadi proses pigmentasi atau infeksi.

Dalam keseharian, pantat akan selalu tertutupi oleh pakaian yang dikenakan. Dan sebagaimana diketahui pula bagian-bagian tubuh yang selalu tertutupi, biasanya akan lebih lembab jika dibandingkan dengan bagian tubuh yang lainnya. Karena kelembaban yang selalu terjadi inilah maka tempat-tempat seperti ini merupakan sarang tumbuh kembang jamur dan bakteri, (terlebih jika kurang menjaga kebersihan dan perawatan terhadapnya). Aktivitas jamur dan bakteri inilah yang pada akhirnya memicu terjadinya pigmentasi atau infeksi sehingga kulit pantat menjadi lebih gelap daripada kulit di sekelilingnya.

Untuk mencegah hal ini terjadi langkah pencegahan yang harus diambil adalah tentu saja menjaga masalah kebersihannya. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang bisa anda terapkan:


  • Memilih dan menggunakan pakaian yang selalu bersih. Ganti segera pakaian dalam jika sehabis melakukan aktivitas yang banyak berkeringat
  • Pilih dan gunakan bahan pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik
  • Selalu mencuci bersih (cebok) sehabis buang air
  • Menggosok dan membersihkan kulit pantat ketika mandi sebagaimana membersihkan kulit di bagian tubuh lainnya
  • Sekali waktu berikan kesempatan bagi pantat “untuk bernafas”. Tidak ada salahnya jika terkadang anda melepas celana dalam yang dikenakan (hanya di rumah)

Berikut ini adalah berbagai cara untuk membuat kulit pantat menjadi lebih putih secara alami:

Bersihkan Secara Teratur


Banyak orang yang mandi secara teratur namun banyak pula yang tidak memperhatikan kebersihan area pantat. Ketika menggunakan masker maka hanya memperhatikan bagian tubuh atas saja. Salah satu rahasia menjaga kulit pantat agar mulus dan putih adalah membersihkan secara teratur. Anda bisa menggosok bagian kulit pantat dengan jenis masker untuk tubuh. Semakin sering dibersihkan maka sel kulit mati juga akan pergi dari bagian ini dan kemudian kulit menjadi lebih bersih.

Terapkan Pelembab Kulit


Menggunakan pelembab untuk kulit biasanya dilakukan untuk kulit pada bagian tubuh yang terlihat. Namun ternyata pelembab untuk bagian kulit pantat memang sangat penting. Karena itu biasakan untuk menerapkan bahan pelembab alami pada bagian kulit pantat. Namun perhatikan untuk menerapkan secara hati-hati, karena bagian ini berdekatan dengan area sensitif. Selain itu lakukan tes terhadap kulit untuk mencegah iritasi pada kulit pantat. Krim pelembab juga sangat penting sebagai cara mencegah dermatitis kulit paling efektif.

Gunakan Masker dari Susu

Mandi susu adalah salah satu rahasia kulit putih secara alami. Susu mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kulit. Selama ini susu banyak digunakan untuk memutihkan kulit bagian atas, namun ternyata susu juga bisa memutihkan kulit pantat. Caranya adalah dengan menggosok bagian pantat dengan susu segar atau pasta susu yang terbuat dari susu bubuk dan air mawar. Kemudian pijat secara lembut selama 20 menit. Perawatan ini sangat sesuai dilakukan pada saat sebelum mandi. Setelah itu Anda bisa mandi untuk membersihkan sisa dan aroma susu dari kulit. Perawatan yang sangat alami ini bisa dilakukan dua kali dalam seminggu.

Hindari Kebiasaan Duduk Lama

Salah satu penyebab kulit pantat lebih hitam adalah kebiasaan duduk dalam waktu yang lama. Bekas gesekan antara pakaian dan tempat duduk menimbulkan bekas pada kulit. Sementara karakter kulit pantat umumnya sangat lembut. Dari berbagai kumpulan bekas dan gesekan kulit inilah yang membuat kulit menjadi hitam atau kecoklatan. Karena itu ketika bekerja atau melakukan aktifitas lain maka sesekali harus berdiri dan berjalan-jalan. Cara ini juga menjaga agar peredaran darah di area pantat menjadi lebih sehat.

Masker Vitamin E

Ada banyak vitamin E yang beredar secara luas. Bentuk suplemen ini biasanya cair yang dibungkus dengan kulit tipis dan bening. Anda bisa menggunakan vitamin yang biasanya diminum ini menjadi bahan masker yang sangat alami. Caranya adalah dengan membuka bungkus vitamin E dan mengambil cairan di dalamnya. Gunakan pada daerah pantat secara langsung dan gosok-gosok selama 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan air dingin agar kulit menjadi lebih segar. Untuk hasil yang lebih baik, maka perawatan ini bisa dilakukan satu minggu sekali.

Berbagai cara untuk memutihkan kulit pantat secara alami memang sangat mudah dilakukan. Perawatan alami ini menggunakan berbagai bahan yang sangat mudah ditemukan. Cara perawatan yang tepat akan menurunkan resiko efek samping. Dan jika anda mengalami beberapa efek samping yang tidak menyenangkan maka segera hentikan perawatan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.andywlms.com/beauty/mengapa-pantat-tampak-hitam-meski-tak-terpapar-sinar-matahari/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Pantat Berwarna Hitam Meski Tak Terkena Sinar Matahari?"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel