Penyebab Lahir Anak Down Syndrome! Ayo Nikah Mudah

AsalasahSepertinya banyak dari kita yang sudah familiar dengan istilah Down Syndrome (DS), tapi apakah kita benar-benar tau apa penyebab dan ciri-cirinya?

Down Syndrome (DS) berbeda dengan autisme. DS terjadi karena adanya kelainan genetic sejak bayi dalam kandungan. Sementara autisme umumnya memperlihatkan gejala saat usia awal perkembangan bayi sebelum tiga tahun. Penjelasan lebih detail bisa kamu lihat di SINI.


PADA DOWN SYNDROME, KELAINAN GENETIC SEPERTI APA YANG DIMAKSUD?
Pada kondisi normal, tubuh manusia memiliki 23 pasang kromosom yang berjumlah total 46 kromosom. Setengah berasal dari ibu, setengahnya lagi dari ayah. Sementara pada penderita DS, ada pembelahan sel abnormal pada kromosom ke-21 sehingga memiliki total 47 kromosom.

Kromosom ekstra itulah yang menyebabkan munculnya ciri-ciri Down Syndrome baik secara fisik maupun mental.

APAKAH DOWN SYNDROME ADALAH PENYAKIT TURUNAN?
Umumnya, tidak.  Pada kebanyakan kasus, Down Syndrome murni karena terjadi kelainan pada proses pembelahan sel selama perkembangan sel telur dan embrio.

Namun ada satu bentuk pembagian genetik penyebab DS yang disebabkan dari keturunan orang tua, yang disebut Translokasi Down Syndrome dimana ada bagian dari kromosom 21 yang “menempel” ke kromosom lain, sebelum atau saat pembuahan.

Tapi dalam kasus inipun risikonya hanya sekitar 4 persen dari pasien yang memiliki translokasi dari total orang yang mengalami penyakit down syndrome.  Risiko translokasi DS dapat diturunkan jika memiliki kromosom 21 dengan syarat jika si ayah adalah pembawa, risikonya sekitar 3 persen dan jika si ibu adalah pembawa, risikonya antara 10 dan 15 persen.

LALU APA SAJA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI TERJADINYA DOWN SYNDROME?

Faktor terkuat yaitu usia sang ibu saat hamil.  Semakin berumur (35 tahun ke atas), semakin besar risikonya.  Berikut perbandingan risiko memilik anak DS berdasarkan usia saat hamil


  • Usia 25 tahun (1 dari 1250 bayi)
  • Usia 30 tahun (1 dari 1000 bayi)
  • Usia 35 tahun (1 dari 400 bayi)
  • Usia 40 tahun (1 dari 100 bayi)
  • Dan 45 tahun (1 dari 30 bayi)


Faktor berikutnya, ibu yang pernah melahirkan anak penderita DS kemungkinan akan memiliki anak lagi yang juga terkena DS. Peningkatan risikonya sebesar 1 persen.

Jika riwayat orang tua memiliki kelainan kromosom 21, risiko memiliki anak penderita DS meningkat menjadi 100%.

Penderita DS dengan jenis kelamin perempuan memiliki risiko sebesar 50% untuk memiliki keturunan Down Syndrome.

Bila sang ayah juga penderita DS, risiko memiliki anak DS semakin tinggi.
APAKAH DOWN SYNDROME ADA PENCEGAHANNYA?
Sayangnya tidak ada penjelasan yang pasti mengenai hal ini. Dengan kata lain, hingga saat ini Down Syndrome tidak bisa dicegah. Jika sudah memahami faktor-faktor risiko di atas, memang sebaiknya kehamilan di usia tua diberi perhatian lebih.

Rajinlah konsultasi dengan konselor genetik dan sempatkan waktu untuk melakukan tes prenatal untuk mengetahui peluang melahirkan anak dengan Down Syndrome.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Lahir Anak Down Syndrome! Ayo Nikah Mudah"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel