Rasanya Menjadi Mahasiswa

Foto bersama mr Jonas saat kuliah pengantar TIK
Setelah sekian lama menjadi seorang mahasiswa, saya ingin berbagi tau bagaimana ya rasanya menjadi seorang mahasiswa itu. (alumni bertanya! Emang udah  berapa lama kamu jadi mahasiswa? Ehheh.. emm baru Satu semester bang.. =,=”) . Ah, jangan dipikirkan berapa lama saya menjabat sebagai mahasiswa, tapi lihatlah sudut pandang saya rasanya menjadi mahasiswa.

Mahasiswa sudah tentu identik dengan kuliah. Jadi kalau nantinya saya menceritakan pengalaman kuliah sama saja yaa.
Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda tentang pengalaman kuliahnya, dipostingan ini adalah pengalaman rasa menjadi mahasiswa dari diri saya sendiri. Ada hal yang perlu digaris bawahi dari pengalaman tentang saya adalah saya bukan anak kos, artinya saya anak kandung dari orang tua saya.. maksudnya saya asli tulen tinggal satu kota dengan kampus saya. Tapi tidak jauh beda juga lah pengalaman jadi mahasiswa di kampus. Yang bedanya mungkin kalau dirumah yaa. Ahh terlalu panjang, langsung saja pengalamannya.

Bagi saya pribadi ya, orang yang kuliahnya sesuai dengan jurusan yang ia sukai,  menjadi mahasiswa itu lebih menyenangkan ketimbang menjadi seorang siswa. Alhamdulillah saya berada dalam golongan tersebut. Namun banyak juga faktor lain yang membuat kuliah terasa tidak menyenangkan  walaupun jurusan tersebut kita minati, Seperti bila teman seruang kuliahmu adalah musuhmu, atau terikat kontrak konflik dengan dosen. ehhh... 

Hal lain yang akan menimpamu saat menjadi mahasiswa adalah dirimu tidak akan dimanjakan seperti saat menjadi siswa, ini bagian yang paliing terasa, dosen seakan-akan masa bodo tentang mu, nilaimu, dll. Termasuk juga dalam penyampaian materi, apakah kamu ngerti materinya atau gak, biasanya dosen tidak mau tau. "loe loe, gue gue".Tapi mungkin ada juga sebagian dosen yang baik. ini kan pengalaman saya.

Menjadi mahasiswa juga diberikan kebebasan terlalu bebas, saking bebasnya gak masuk kuliah pun boleh, Cabut saat belajar gak ada yang larang, Tidur saat kuliah pun boleh (tergantung dosen). Tapi kalau membakar ruang kuliah saya kurang tau boleh atau dilarang, soalnya belum pernah liat ada yang nyoba. Yang pasti  kalau meninggalkan Shalat dan berjudi itu hukumnya HARAM dan dilarang Agama.

Menjadi mahasiswa juga akan merasakan berbaur dengan berbagai tipe manusia dari berbagai daerah, karena yang berhasil lulus masuk Universitas bukan cuma anak dalam kota aja, tapi banyak juga yang asalnya dari berbagai pelosok, walaupun anak dalam kota lebih mendominasi. Rasanya yaa sepertinya sama aja yaa. Mungkin kita lebih banyak mengetahui tipe-tipe orang. Ada yang logatnya lucu, ada yang sifatnya aneh, dll. Padahal di daerahnya itu biasa.

Semenjak menjadi mahasiswa saya juga terasa menjadi lebih dewasa (cee i lee..haha). Kenapa? Karena.. salah satu ciri-ciri orang dewasa bila dibandingkan dengan remaja adalah orang dewasa tidak bergaul secara berkelompok atau membentuk geng-geng, tidak seperti saat SMA yang selalu berkelompok. Nah itulah ciri-ciri dewasa yang sudah ada pada saya semenjak jadi mahasiswa. Mahasiswa juga lebih mandiri dan lebih berani, mampu menentukan tindakan apa yang harus dilakukan bila diberi suatu masalah. Karena saya masih tergolong Mahasiswa baru, jadi saya belum terlalu mandiri dan belum terlalu berani juga (nyari alasan).

Selain itu mahasiswa harus siap sedia dalam menghadapi permasalahan yang tiba-tiba muncul menghadang, seperti: tiba-tiba diberi tugas bejibun. Tiba-tiba Quiz mendadak, Tiba-tiba ada jadwal ganti padahal lagi libur, tiba-tiba lupa kumpul tugas(ehh), tiba-tiba bocor ban motor (=,="), tiba-tiba dikasih uang (yeah). dan tiba-tiba Shock ketika melihat nilai A,B,C,D atau E.

Ane rasa untuk saat ini segitu aja beberapa rasa menjadi mahasiswa dari saya pribadi. karena saya seorang mahasiswa semester satu yang sedang menuju semester dua, saya sadar masih banyak asam garam dunia perkuliahan yang belum saya rasakan. Bila ada hal yang mungkin ingin dikritik dapat ditujukan dikolom komentar. Dan mohon maaf bila ada tulisan yang tidak berkenan dihati Sobat, karena tiap manusia itu berbeda-beda. Perbedaan itu menghasilkan keadaan seperti saat ini didunia . Jadi berbeda itu mau tidak mau harus ada didunia ini. (??)

~Selesai~

4 Komentar untuk "Rasanya Menjadi Mahasiswa"

  1. "...salah satu ciri-ciri orang dewasa bila dibandingkan dengan remaja adalah orang dewasa tidak bergaul secara berkelompok atau membentuk geng-geng, tidak seperti saat SMA yang selalu berkelompok.."

    "orang yang kuliahnya memang sesuai dengan jurusan yang ia sukai, menjadi mahasiswa itu lebih menyenangkan ketimbang menjadi seorang siswa.."

    SETUJU DEH SAMA KAMU #iklan XDDD~
    walau quote kedua agak ngena ya.. duh, sesuatu..
    hoho, yang penting Semangat terus!! Banzai!! (^u^)/

    BalasHapus
  2. @Anonymous(pasti Riphacchi kan?) hehehe.. thanks komentarnya.
    ehm.. agak ngena ni kek mana mkssudnya? tetap enakan jdi siswa ya? ahh.. tak taulah.. hahah. yyooow banzai :D :-bd

    BalasHapus
  3. iya.... dibilang keras juga keras banget kehidupan mahsiswa, mandiri, tugas nyari sendiri, info2 nyari sendiri.. sampai2 aku lupa pesan KRS gara2 ga ada yang ngasih tau --a

    BalasHapus
  4. @Anonim : Untung-untung ya gak dikerasin fisik..
    hehe. oh belum isi KRS ya.. hmm Selamat berjuang mengisi KRS. :D

    BalasHapus
Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel