Macam-Macam Jenis Gula

http://asalasah.blogspot.com/2013/12/macam-macam-jenis-gula.html
Asalasah ~ Sering mencampurkan sesuatu dengan gula kan? biasaya cuma gula pasir ya? ternyata masih sangat banyak jenis gula lainnya. GULA mampu memperkaya rasa beragam sajian. Gula jenis apa yang sedang Anda butuhkan, pahami dulu macam-macam jenis gula.

Simak beberapa jenis gula untuk Anda lebih memahami pilihan yang tepat:

Gula pasir
Gula pasir merupakan gula hasil kristalisasi cairan tebu. Biasanya berwarna putih namun ada pula yang berwarna cokelat (raw sugar). Disebut gula pasir karena bentuknya seperti pasir. Biasanya, gula pasir digunakan untuk pemanis dalam minuman, kue, makanan, dan lain-lain.

Gula pasir kasar (crystalized sugar)
Ini merupakan gula yang juga hasil kristalisasi cairan tebu. Berbeda dengan gula pasir, gula ini memiliki butiran yang lebih kasar. Warnanya juga berwarna-warni. Biasanya, gula jenis ini digunakan untuk taburan pada biskuit sebelum dipanggang karena gula ini tidak meleleh dalam suhu oven.

Gula kastor (caster sugar)

Gula kastor lebih halus daripada gula pasir. Karena sifatnya yang udah bercampur, gula kastor sering digunakan sebagai bahan campuran pemanis dalam adonan kue, cookie, pastry, dan lain-lain. Gula kastor berwarna putih bersih. Gula kastor bisa dibuat dengan memasukkan gula pasir ke dalam kantong plastik lalu dipukul-pukul hingga hancur. Hasil ayakannya dapat menggantikan gula kastor.

Gula donat
Sesuai namanya, gula donat adalah gula yang digunakan untuk bahan taburan donat. Tekstur gula ini halus seperti gula tepung dan berwarna putih. Yang membedakannya dari gula tepung adalah gula donat terasa dingin jika telah masuk ke mulut. Keistimewaan lainnya adalah gula donat tidak basah jika terkena minyak. Selain untuk donat, telah mulai banyak pengusaha kue putri salju yang menggunakan gula donat untuk taburannya.

Gula dadu
Sesuai dengan namanya, gula dadu memiliki bentuk seperti dadu. Gula dadu biasanya memiliki kualitas tinggi. Gula ini lazim digunakan sebagai pemanis dalam minuman teh atau kopi.

Gula jawa (gula merah)
Seperti gula palem, gula jawa berasal dari nira atau sari batang pohon jenis palem. Bentuknya biasanya silinder atau menyerupai batok kelapa. Biasanya digunakan dalam pembuatan kecap.

Gula aren
Bahan bakunya sama seperti gula jawa. Namun, aromanya lebih khas. Warnanya juga lebih cokelat daripada gula jawa.

Gula batu
Berbentuk bongkahan seperti batu. Rasanya tidak semanis gula pasir, namun lebih lebit. Gula batu biasanya digunakan dalam pembuatan minuman.

Gula jelly
Gula ini adalah larutan gula yang warnanya kuning dan kental sehingga menyerupai jelly. Gula jelly biasanya dicampurkan ke dalam adonan buttercream. (ftr)

Sumber: http://gayahidup.plasa.msn.com/kesehatan/makanan-sehat/okezone/tahukah-anda-apa-itu-gula-kastor-1-1

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Komentar untuk "Macam-Macam Jenis Gula"

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel