Dua Bayi Ini Lahir dari Rahim Sang Nenek

Asalasah ~ Tak ada yang bisa menggambarkan betapa bahagianya kedua wanita ini karena akhirnya bisa menghasilkan keturunan. Bagaimana tidak, wanita pertama terlahir tanpa rahim, sedangkan rahim wanita kedua terpaksa harus diangkat karena kanker.
http://asalasah.blogspot.com/2014/12/dua-bayi-ini-lahir-dari-rahim-sang-nenek.html

Sebenarnya transplantasi bukanlah hal baru dalam dunia medis. Namun yang menjadikan kisah ini menarik adalah kedua wanita tersebut bisa merasakan proses persalinan setelah mendapatkan 'sumbangan' rahim dari ibu mereka masing-masing. Dan bagi tim dokter asal Swedia, ini merupakan suatu kebanggaan karena yang pertama dilakukan di dunia.

Kedua wanita yang dirahasiakan namanya tersebut bersama ketujuh wanita lainnya merupakan pasien pertama yang mendapat kesempatan untuk mencoba prosedur baru ini.

Prosedur diawali dengan mengambil sejumlah sel telur dari tubuh kedua pasien. Lalu sel-sel ini dibuahi hingga menjadi embrio, kemudian dibekukan. Sementara itu, rahim dari donor, lengkap dengan dua arteri mayor serta empat pembuluh venanya diangkat. Mekanismenya mirip dengan histerektomi dan berlangsung selama 10 jam.

Selepas itu, rahim dari sang ibu tadi lantas ditransplantasi atau ditanamkan ke dalam tubuh putri mereka lewat tindakan bedah yang menghabiskan waktu selama enam jam. Untuk mencegah agar rahim donor itu tidak 'ditolak' di tubuh penerimanya, dokter juga menyuntikkan obat imunosupresan yang sangat kuat.

Tim dokter harus menunggu setidaknya selama satu tahun agar dapat dipastikan apakah rahim itu sudah bisa 'ditanami' embrio atau belum. Setelah dinyatakan sukses, barulah tim dokter berani memasukkan embrio yang dibekukan tadi ke dalam rahim si pasien. Tak lupa pasien dipantau sejak hari pertama embrio ditanam hingga hari persalinan tiba.

Ternyata, yang pertama melahirkan adalah wanita yang lahir tanpa rahim. Setelah mendapatkan 'sumbangan' rahim dari seorang rekannya yang telah menopause, wanita berumur 29 tahun itu pun melahirkan bayi laki-laki dengan berat 2,5 kg di bulan September.

Bayi ini kemudian ia beri nama Vincent, yang berarti 'penakluk', untuk mengingatkan perjuangannya agar bisa menjadi seorang ibu. "Ketika saya menyentuhnya untuk pertama kali, saya begitu takjub karena berhasil melakukannya. Saya tak pernah menyangka bisa memiliki anak," tuturnya.

Sedangkan pasien kedua yang berusia 34 tahun juga melahirkan bayi laki-laki di bulan Oktober, dengan berat 2,7 kg. Keduanya sama-sama melahirkan lewat persalinan operasi caesar di Swedia dan ditangani tim dokter yang diketuai oleh Prof Mats Brannstrom dari Gothenberg University.

Salah satu ahli janin dari King's College London yang terlibat dalam proyek ini, Henrik Hagberg, optimistis prosedur ini akan bermanfaat bagi wanita-wanita lain yang ingin punya anak tapi tak punya rahim karena berbagai faktor.

Ia juga mengapresiasi para donor yang rela memberikan rahim mereka kepada anak maupun orang yang lebih membutuhkan. "Bagi para ibu, mungkin ini adalah hadiah terbaik yang bisa mereka berikan untuk anak perempuannya," tutupnya seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (6/12/2014).

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://health.detik.com/read/2014/12/06/100419/2769439/1300/pertama-di-dunia-dua-bayi-ini-lahir-dari-rahim-sang-nenek?l992205755

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dua Bayi Ini Lahir dari Rahim Sang Nenek"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel