Cara Mengendalikan Kolesterol dalam Tubuh

AsalasahKolesterol merupakan zat seperti lilin yang dibuat oleh hati. Ia akan bermanfaat bagi tubuh, tapi kolesterol harus dikendalikan. Sebab, terkadang, tubuh membuat lebih banyak jumlah kolesterol daripada jumlah yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Kolesterol berlebih ini akan beredar dalam aliran darah. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan stroke. Indonesia yang terkenal dengan cita rasa makanan yang kuat sering menggunakan bahan-bahan makanan yang bisa memicu kolesterol, seperti minyak, margarin, gula, dan bahan makanan lainnya.

http://asalasah.blogspot.com/2015/02/cara-mengendalikan-kolesterol-dalam.html
 
Untuk mengendalikan produksi kolesterol dalam tubuh, beberapa hal yang dilansir dari Health Me Up ini bisa Anda gunakan sebagai upaya pencegahan terjadinya penyakit-penyakit yang berkaitan dengan koleterol tinggi.

1. Batasi konsumsi daging merah
Ayam dan ikan adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan daging merah. Jika Anda tak bisa lepas dari daging, sebaiknya Anda menguliti daging sebelum mengolahnya karena kulit merupakan sumber kolesterol. Hindari pengolahan yang menggunakan banyak minyak. Biasakanlah untuk mengolah daging dengan cara dipanggang karena penggunaan minyak lebih sedikit.

2. Masak dengan minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) tanpa memengaruhi kolesterol HDL (kolesterol baik). Anda disarankan untuk mengonsumsi dua sendok makan (sekitar 23 gram) minyak zaitun per hari agar jantung lebih sehat.

3. Tambahkan omega 3 untuk diet Anda
Asam lemak omega 3 meningkatkan jumlah kolesterol HDL (kolesterol baik). Ikan, biji rami, kacang-kacangan dan almond adalah beberapa sumber makanan yang kaya akan omega 3.

4. Tetap aktif
Aktivitas fisik membantu Anda mengontrol berat badan dan dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes. Cara ini juga bisa mengurangi stres, yang merupakan faktor utama dalam penyakit jantung. Anda harus berolahraga selama 30 menit setiap hari, apakah itu pergi ke gym, berlari, bersepeda atau berenang.

5. Makan bawang putih
Bawang putih menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi dari infeksi. Cobalah untuk mengonsumsi 2 sampai 4 siung bawang putih per hari.

6. Minum teh
Teh hitam adalah adalah musuh terbesar tehadap kolesterol LDL (kolesterol jahat). Cobalah untuk minum satu cangkir teh hitam setiap hari untuk mencegah kolesterol tinggi.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150216071326-255-32362/cara-mengendalikan-kolesterol-agar-tak-berlebih-dalam-tubuh/

1 Komentar untuk "Cara Mengendalikan Kolesterol dalam Tubuh"

  1. Untuk cara dengan minum teh, apakah harus tanpa gula ?

    http://salahsatublog.blogspot.com/

    BalasHapus
Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel