Hukum-Hukum Pesawat Bisa Terbang

Asalasah ~ Dari fenomena ajaib besi bisa terbang ini, tentu ada rumusan yang menjelaskan hal tersebut. berikut Hukum-Hukum Pesawat Bisa Terbang yang didapatkan dari berbagai sumber .
http://1.bp.blogspot.com/-tCqpQl_0AZI/UJYCJKXAEdI/AAAAAAAAADs/b9X8qGWEmvw/s1600/hal+19.jpg
Hukum Pertama: setiap benda akan memiliki kecepatan yang konstan kecuali ada gaya yang resultannya tidak nol bekerja pada benda tersebut. Berarti jika resultan gaya nol, maka pusat massa dari suatu benda tetap diam, atau bergerak dengan kecepatan konstan (tidak mengalami percepatan).

Hukum Kedua: sebuah benda dengan massa M mengalami gaya resultan sebesar F akan mengalami percepatan a yang arahnya sama dengan arah gaya, dan besarnya berbanding lurus terhadap F dan berbanding terbalik terhadap M. atau F=Ma. Bisa juga diartikan resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan turunan dari momentum linear benda tersebut terhadap waktu.

Hukum Ketiga: gaya aksi dan reaksi dari dua benda memiliki besar yang sama, dengan arah terbalik, dan segaris. Artinya jika ada benda A yang memberi gaya sebesar F pada benda B, maka benda B akan memberi gaya sebesar –F kepada benda A. F dan –F memiliki besar yang sama namun arahnya berbeda. Hukum ini juga terkenal sebagai hukum aksi-reaksi, dengan F disebut sebagai aksi dan –F adalh reaksinya.

Hukum Bernoulli
Prinsip Bernoulli menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida, peningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut. Prinsip ini merupakan bentuk sederhada dari persamaan Bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energy pada suatu titik di dalam suatu aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energi di titik lain pada jalur aliran yang sama. Prinsip ini diambil dari nama ilmuwan belanda/swiss yang bernama Daniel Bernoulli.

Lalu bagaimana penerapan hokum Bernoulli pada cara penerbangan pesawat?
Image
Dalam gambar di atas, dapat dilihat bahwa sayap pesawat dibuat agak melengkung ke atas. Ini menyebabkan udara yang mengalir di bawah sayap pesawat berdesakan dengan udara di atas sayap pesawat. akibatnya, laju udara di atas sayap meningkat dan menyebabkan tekanan udara menjadi kecil. Lalu laju aliran udara di bawah sayap lebih rendah karena udara tidak berdesakan (tekanan udaranya lebih besar). Adanya perbedaan tekanan ini membuat sayap pesawat terdorong ke atas. Pesawatpun ikut terangkat.


Kesimpulan
Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa ada 4 gaya yang menyebabkan pesawat dapat terbang, gaya dorong (Thrust), gaya hambat (Drag),gaya angkat (Lift), dan gaya gravitasi.
  • Jumlah udara yang dialihkan oleh sayap sebanding dengan kecepatan sayap dan kecepatan udara
  • Kecepatan vertikal udara yang dialihkan juga sebanding dengan kecepatan sayap dan sudut terbang
  • Lift sebanding dengan jumlah kali udara yang dialihkan kecepatan vertikal udara
  • Daya yang dibutuhkan untuk mengangkat sebanding dengan kecepatan vertical udara
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://sindyjessica.wordpress.com/2012/04/29/bagaimana-pesawat-dapat-terbang-di-udara/

Belum ada Komentar untuk "Hukum-Hukum Pesawat Bisa Terbang"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel