Tips Sebaiknya Jika Ikut Organisasi Kampus

Asalasah ~ Kamu suka Ikut Organisasi Kampus? Organisasi bagi kebanyakan orang adalah tempat kedua bagi saya atau para mahasiswa lainnya untuk belajar tentang hidup, untuk belajar kehidupan sosial yang sebenarnya, tempat untuk mahasiswa merasakan tantangan hidup yang sebenaranya sebelum memasuki dunia yang lebih berat lagi saat kita telah lulus nanti.
 http://1.bp.blogspot.com/-LKAC0qdts20/UAfSMGbyT2I/AAAAAAAAAGc/Ah_JIQk1nUk/s1600/organisasi.jpg
Kemudian ada apa dengan UKM?. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan UKM, semua itu baik dan patut untuk kita diikuti, yang salah adalah jika kita tidak tahu apa itu organisasi ketika kita telah menjadi seorang mahasiswa. 
Setelah ada kuliah dan organisasi di tangan seorang mahasiswa, apa yang sebaiknya di lakukan?,
1. Manage waktu kalian
Menjadi seorang organisatoris atau aktivis mahasiswa bukanlah suatu hal yang mudah, kita harus bisa me-manage atau mengatur waktu dengan baik. Kapan waktunya kuliah serta memenuhi kewajibannya dan kapan waktunya untuk berorganisasi.

Seperti yang kita ketahui, mengikuti kegiatan sebagai seorang aktivis mahasiswa itu cukup menguras tenaga, waktu bahkan pikiran kita. Pagi kuliah, siang rapat, sore rapat, weekend pun sering kita tidak libur karena begitu padatnya kegiatan yang harus kita laksanakan.

Tetapi memang itulah konsekuensi yang sewajarnya kita ambil sebagai seorang organisatoris atau aktivis mahasiswa. Tetap semangat adalah kuncinya.
2. Mengetahui Efek Positif dan Negatif

Efek Negatif
Hal-hal negatif yang sering dilakukan para aktivis mahasiswa adalah menggunakan kegiatan organisasi untuk membolos kuliah, bahkan sebagian dari mereka merasa bangga dan merasa besar setelah ikut suatu organisasi.

Seorang aktivis mahasiswa sebagian besar memiliki idealisme hidup yang agak ekstrim dibanding dengan mahasiswa-mahasiswa lain yang tidak ikut organisasi, mungkin dikarenakan banyaknya diskusi yang meraka lakukan saat di organisasi atau mungkin dikarenakan mereka banyak mendengar hal-hal yang setelah itu mereka menganggap hal-hal itu benar dan menanamkannya dalam hati.

Tetapi tetap ingatlah bahwa Tidak semua yang kita dengar itu adalah Benar!, jadi kita perlu menyaring segala informasi yang kita dapatkan dari sebuah diskusi disuatu forum atau organisasi.
Efek Positif
Sedangkan untuk Efek positif dari ikut organisasi itu banyak sekali, yang jelas teman kita akan bertambah banyak tidak hanya teman satu jurusan atau teman satu fakultas, kita bisa melalang buana dan menjadi terkenal diseantero jagat organisasi mahasiswa di kota-kota lain.

Selain itu pengalaman juga berarti disini, link ke dunia luar juga kan semakin lebar dan banyak seiring dengan kegiatan-kegiatan yang telah kita ikuti dan laksanakan. Dan kelak kita tidak akan kaget jika suatu hari nanti bekerja dengan orang banyak dan belum kita kenal sebelumnya.
Selain organisasi yang baik, ada juga organisasi yang bertujuan untuk mencetak manusia-manuisa yang radikal dan melenceng, biasanya mereka mencari target mahasiswa-mahasiswa baru yang masih bersemangat tetapi belum menemukan jati dirinya.

Untuk sahabat karya kisah yang masih mahasiswa baru atau yang akan menjadi mahasiswa baru hati-hati dengan hal ini. Karena setelah kita masuk kedunia itu, kita akan sulit untuk keluar darinya.
Maka dari itu, banyak efek dari ikut organisasi dari yang negatif sampai yang positif. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Jika kita bingung bertanyalah, Jika merasa terancam melawanlah. Kalian semua adalah tunas bangsa yang akan melajutkan semuannya dimasa mendatang nanti. 
Dan cobalah untuk menjadi diri sendiri dan jangan takut sendiri. Jangan takut salah, tetapi jika kita memang bersalah, segeralah meminta maaf. Jangan takut jatuh, karena sahabat sejati tidak kemana. Jadikanlah semua ini lebih indah, jadikanlah langkah kita sesuatu yang indah di matamu, dan juga di mata orang-orang disekitar kita.

Demikianlah  pembahasan singkat kali ini tentang Kuliah dan Organisasi. Mungkin masih banyak lagi yang kurang dalam artikel ini. Tetapi semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://karyakisah.blogspot.com/2013/11/kuliah-dan-organisasi.html

Belum ada Komentar untuk "Tips Sebaiknya Jika Ikut Organisasi Kampus"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel