Ikan Kecil Ini Mampu Bertahan Di Darat Lebih Dari Dua Bulan

Asalasah ~ Tim ilmuwan dari Wake Forest University, Amerika Serikat, telah menemukan jenis ikan ajaib yaitu Mangrove Rivulus, yang mampu hidup di darat lebih dari dua bulan.

Ikan yang hidup di rawa tropis Florida dan Brazil itu merupakan hermaprodit dengan memiliki dua jenis kelamin yaitu jantan dan betina.

Dengan panjang sekitar 7 milimeter itu adalah ikan yang sangat hebat karena kemampuannya untuk bertahan hidup di darat dengan waktu yang lama dibandingkan semua jenis ikan lain.
http://asalasah.blogspot.com/2015/03/ikan-kecil-ini-mampu-bertahan-di-darat.html

Pada 2007, para ilmuwan menemukan ikan mangrove rivulus mampu hidup di darat selama 66 hari. Ikan itu hanya diam meringkuk di atas pohon-pohon bakau.

Untuk mengetahui kehebatan ikan ini saitis mulai melakukan penyelidikan dengan merekam segala aktivitas ikan tersebut di dalam air maupun di daratan.

"Setelah diamati, ikan mangrove rivulus mengubah fungsi insangnya saat di darat, dan bernapas melalui kulit."

"Kemampuan ikan itu hidup di darat juga dipengaruhi oleh kekuatan ekornya yang dapat membuat tubuh ikan itu melompat-lompat di daratan," kata Benjamin Perlman, ketua penelitian.
http://asalasah.blogspot.com/2015/03/ikan-kecil-ini-mampu-bertahan-di-darat.html

Ekor mangrove rivulus memiliki kekuatan untuk memindahkan tubuh ikan dari air ke darat. Setelah berada di darat, ikan itu akan meringkuk menyerupai huruf C. Kemudian ekornya bergerak-gerak untuk membantu tubuh ikan itu berpindah tempat.

"Selain untuk memindahkan tubuh ke daratan, ekornya juga berfungsi untuk mengarahkan lompatan pada saat berburu mangsa, seperti serangga kecil dan jangkrik," kata Perlman.

Selain itu kemampuan ikan ini melompat juga menjadi kunci untuk Mangrove rivulus ini bertahan di darat karena membolahkan ia pindah dari lingkungan yang minimum oksigen ke lingkungan yang memiliki kandungan hidrogen sulfida yang tinggi.
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.com.my

Belum ada Komentar untuk "Ikan Kecil Ini Mampu Bertahan Di Darat Lebih Dari Dua Bulan "

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel