kegunaan stabilizer stang motor (Steering Dumper)

Asalasah ~ Apasih kegunaan stabilizer stang motor (Steering Dumper) ? berikut asasalsah kutip dari blog rpmsuper.

Stabilizer stang atau nama asli dan kerennya steering dumper adalah part wajib dalam modifikasi motor untuk keperluan racing seperti drag dan road racer ,tapi kalau untuk motor trail saya kurang tau karena belum pernah liat :D dan juga part wajib dalam memodifikasi motor entah itu untuk kontes maupun untuk harian .

kegunaan stabilizer stang motor (Steering Dumper)

Steering dumper sendiri fungsinya adalah untuk  menghasilkan putaran stang lebih lambat dengan menggunakan sistem hidraulik agar mencapai kestabilan saat dalam kecepatan tinggi atau cara kasarnya agar tidak “Godek-Godek” saat berada dalam kecepatan tinggi mapun menuver ditikungan.Kini stabilizer stang juga mempunyai beberapa vairan dan harganya juga variatif dari mulai 100ribuan hingga mencapai jutaan tupiah tergantung model,jenis,materlia dan panjangnya.

Kini juga mulai bermunculan steering demper yang dapat disetel kekerasannya contoh merk kitaco yang dapat diatur tingkat kekerasannya hingga sebelas tingkatan namun pada umumnya setingan yang diberikan adalah soft-medium dan hard yang dapat dipakai sesuai kebutuhan sang pengguna .

Untuk pengaturan sendiri harus disesuaikan dengan trek yang sering dilewati,jika banyak menempuh perjalan jauh maupun jalan yang tidak terlalu banyak tikungan maupun belokan,medium untuk jalan yang berimbang antara jalan lurus dan belokan misal dijalan pegunungan dan setting soft untuk banyak belokan maupun perkotaan yang membutuhkan manuver untuk melaju ditengah kemacetan.

Bisa disetting
Untuk steering dumper single atau tampa ada tambahan setting,pilihlah panjang stabilizer stang yang sesuai kebutuhan karena stabilizer stang sekarang banyak variannya dan fungsinya.Panjang steering dumper sendiri tersedia dalam ukuran 26 cm , 28 cm , 35,5 cm dan 37 cm bisa dipilih sesuai  trek yang dilalui.Untuk jalan yang banyak lurusnya pilihlah ukuran 26 ataupun 28 cm karenan radius putar stang menjadi lebih minim,biasanya diaplikasinkan di motor balapan 201m atau drag race.

Sedangkan untuk panjang 35,5 dan 37 cm ditujukan untuk banyak yang memiliki banyak tikungan dan jalan yang membutuhkan manuver atau diantara kemacetan karena sistem hidraulisnya lebih panjang dan memiliki radius putar hampir sama dengan stang standar.Biasanya diaplikasikan di motor balap road race entah itu unterbone hingga motoGP.
Gambar

Panjangnya beda
Stabilizer stang yang bagus mempunyai sistem hidraulis yang halus ketika ditekan maupun untuk balik arah karena gaya hidraulis yang diberikan begitu lembut dan lancar ,berbeda dengan steering dumper berkualitas kurang bagus biasa kalau ditekan/berbelok ada sedikit sendatan maupun ngelawan ini yang membuat berbahaya :o .
  • Pengapilakasian Steering Dumper ini juga memiliki beberapa kelebihan seperti :
  1. Stang stabil dikala kecepatan tinggi dan saat menikung juga akan stabil walau kecepatan tinggi.
  2. Menambah kesan racing pada motor 
  3. Siap turun race ,drag race maupun road race 
  • Pengaplikasian Stabilizer Stang ini juga memiliki kekurangan seperti :
  1. Stang terasa lebih berat bahkan seperti di kunci stang jika belum terbiasa . 
  2. Jika berakibat fatal bila salah dalam pemilihan .
  3. Membuang-buang uang jika memang tidak diperlukan 

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://rpmsuper.com/2014/05/04/tips-memilih-dan-kelebihan-menggunakan-steering-dumper/
sumber gambar : http://ndeso94.com/2014/05/31/intermezzo-fungsi-lain-stabilizer-variasi-pada-stang-motor-sport-buat-nali-kresek/

Belum ada Komentar untuk "kegunaan stabilizer stang motor (Steering Dumper)"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel