Bandara Bertenaga Surya di India

Asalasah ~ Makin banyak bandara menggunakan energi terbarukan, sekaligus membuat wisatawan nyaman. Bandara Cochin di Kerala, India kini punya bandara yang menggunakan 100% tenaga surya. Indonesia jangan mau kalah!

Isu lingkungan dan global warming membuat pihak pengelola bandara di dunia mencari sumber energi alternatif untuk mengoperasikan bandaranya. Demikian pula yang dilakukan oleh Bandara Internasional Cochin di Negara Bagian Kerala, India.
http://asalasah.blogspot.com/2015/08/bandara-bertenaga-surya-di-india.html

Diintip detikTravel dari situs resmi bandaranya, Senin (24/8/2015), Bandara Cochin punya 46.150 buah panel surya yang dipasang di atas lahan seluas 45 hektar. Lahan tersebut berada di sekitar area kargo bandara tersibuk dan terbesar di Kerala, India itu.

Dari panel surya yang dipasang di bandara itu, akan dihasilkan listrik sebesar 50.000-60.000 KWh setiap hari. Jumlah sebesar itu sanggup untuk memenuhi kebutuhan listrik bandara selama sehari penuh, bahkan lebih. Pasokan listrik di Bandara Cochin dijamin aman dan tidak bergantung kepada pemerintah India.

Proyek berkelanjutan ini diharapkan mampu mengurangi emisi karbon hingga sebesar 300.000 metrik ton selama 25 tahun ke depan. Emisi karbon sebesar itu setara dengan berkendara menggunakan mobil sejauh 1.207 Kilometer, atau setara dengan menanam 3 juta pohon sekaligus.

Bandara Cochin merupakan bandara tersibuk ketiga di India, dengan jumlah penumpang mencapai 3.750.000 orang setiap tahunnya. Dengan dioperasikannya panel tenaga surya ini, Bandara Cochin diharapkan mampu memberikan layanan prima yang berwawasan lingkungan kepada para penumpangnya.

Inovasi semacam ini patut ditiru oleh bandara-bandara di Indonesia. Bandara yang hemat energi tentu akan menarik perhatian dan apreasiasi dari para wisatawan yang menggunakannya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://travel.detik.com/read/2015/08/24/193647/3000116/1520/india-punya-bandara-bertenaga-surya-indonesia-kapan

Belum ada Komentar untuk "Bandara Bertenaga Surya di India"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel