Kapan Sebaiknya Melakukan Check Up Kesehatan ?

Asalasah ~ Masih banyak orang yang tak menganggap penting "Medical check up" atau pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Apalagi mereka yang tidak merasakan keluhan apapun, sehingga merasa tak perlu untuk memeriksakan kesehatannya.

Padahal menurut dr. Didid Winnetouw, Kepala RSU Bunda Jakarta, dengan medical check up dapat mendeteksi dini adanya suatu gangguan atau penyakit dalam tubuh. Jika diketahui lebih awal maka penanganan suatu penyakit bisa menghemat biaya pengobatan.

"Pemeriksaan kesehatan itu penting, terlebih bagi karyawan dengan risiko kesehatan yang berbeda-beda. Sebaiknya medical check up dilakukan saat pre-recruitment dan selama menjadi karyawan," ujarnya pada temu media di RSU Bunda Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Khusus bagi pekerja, kondisi kesehatan bisa mempengaruhi tingkat produktivitas mereka. Jika karyawan menderita penyakit tertentu, maka kinerjanya akan menurun dan perusahaan harus menggelontorkan dana lebih besar untuk biaya perawatan.

Sementara, dr Sphatika Ekakartikka koordinator Medical Check Up Departement RSU Bunda, mengatakan, khusus bagi pekerja berusia 35 tahun ke atas disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan minimal setahun sekali. Pasalnya pada usia tersebut metabolisme cenderung menurun sehingga rentan terserang berbagai masalah kesehatan.

"Ada tiga penyakit teratas yang paling sering diderita pekerja diatas usia 35 tahun. Pertama kolesterol tinggi, hipertensi, dan obesitas. Sehingga mereka sebaiknya melakukan medical check up sekali dalam setahun," imbuh dokter yang akrab disapa Tika ini.

Tapi bukan berarti, pekerja yang lebih muda tidak perlu memeriksakan kesehatannya. Menurut Tika, secara tak disadari rutinitas saat bekerja bisa mempengaruhi kesehatan. Bagi pekerja kantoran misalnya, rentan mengalami kelainan postur tubuh, gangguan kesehatan mata hingga infeksi saluran kencing.

"Usia di bawah 35 bukan berarti lolos dari masalah kesehatan. Walau kerjanya kantoran di ruangan ber-AC tapi risiko gangguan kesehatan tetap mengintai. Jadi tetap harus rutin memeriksakan diri," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan medical check up bagi pekerja setidaknya meliputi pemeriksaan oleh dokter, cek kesehatan mata, rontgen, hingga pemeriksaan darah dan urin.

"Biasanya medical check up ada paket-paketnya. Bagi yang tidak memiliki keluhan apapun bisa melakukan medical check up yang paling sederhana untuk mengukur kadar kolesterol, risiko diabetes, fungsi hati dan ginjalnya seperti apa, bahkan tes urin untuk melihat ada kelainan apa pada tubuhnya," pungkasnya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.suara.com/health/2015/08/28/184156/kapan-sebaiknya-melakukan-medical-check-up

Belum ada Komentar untuk "Kapan Sebaiknya Melakukan Check Up Kesehatan ? "

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel