Wanita Cenderung Stres Jika Rekan Kerjanya Didominasi Pria

Asalasah ~ Indiana, Dari sebuah survei terbaru yang dilakukan Indiana University Bloomington terungkap bahwa wanita yang bekerja di lingkungan yang didominasi pria cenderung mengalami stres yang sangat buruk.

Bahkan saking buruknya, hal ini dapat berdampak bagi kesehatan mental dan fisik si wanita. Ini terlihat ketika peneliti mengukur kadar kortisol atau hormon stres pada 440 responden.

Sebagian besar responden kebetulan bekerja di perusahaan yang didominasi oleh pekerja pria, sedikitnya 85 persen.

Dalam satu hari, kadar kortisol dalam tubuh manusia memang cenderung berubah-ubah. Hanya saja perubahan kortisol pada wanita yang bekerja di lingkungan yang didominasi pria terlihat berbeda.

"Kami melihat mereka tidak sehat, dalam kaitannya dengan pola perubahan kortisol harian mereka," tutur peneliti Bianca Manago, seperti dikutip dari The Independent, Minggu (30/8/2015).

Perbedaannya bisa dibilang cukup signifikan, karena peneliti menemukan adanya perubahan hormon hingga 15 persen. Padahal perubahan pola semacam ini telah lama diketahui berakibat buruk bagi kesehatan yang bersangkutan.

Dampaknya juga bersifat jangka panjang, serta meningkatkan risiko gangguan seperti depresi dan insomnia. Hal ini juga diperkuat dengan fakta lain bahwa peneliti tidak menemukan perubahan pola yang sama pada pria yang bekerja di perusahaan yang didominasi pekerja pria.

Temuan ini sejalan dengan hasil penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwa wanita yang bekerja di lingkungan yang didominasi pria sering dihadapkan pada situasi yang memicu stres, seperti terisolasi, pelecehan seksual, dan rendahnya dukungan dari rekan kerjanya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://health.detik.com/read/2015/08/30/160222/3005009/763/wanita-cenderung-stres-jika-rekan-kerjanya-didominasi-pria

1 Komentar untuk "Wanita Cenderung Stres Jika Rekan Kerjanya Didominasi Pria"

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel