Waspadai Gejala Kanker Pita Suara Pada Perokok

Asalasah ~ Berbagai masalah kesehatan mengintai para perokok, mulai dari kepala hingga kaki, salah satunya kanker pita suara atau laring.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), Tjandra Yoga Aditama mengatakan penyakit ini mengintai perokok dengan peluang 40 kali lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak merokok.

"Mereka yang merokok lebih dari 25 batang per hari, atau seseorang yang sudah merokok lebih dari 40 tahun, punya risiko mendapat kanker laring 40 kali lebih banyak daripada bukan perokok," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu 23 Agustus 2015.

Menurut dia, hal ini terjadi karena bahan karsinogen pada asap rokok yang terpapar bertahun-tahun akan menyebabkan perubahan epitel laring, menjadi displasia difus, dan kemungkinan dapat berubah menjadi kanker.

Tjandra mengungkapkan, kematian akibat kanker ini adalah 20 kali lebih sering pada perokok daripada bukan perokok.

Kanker laring umumnya ditandai dengan gejala suara serak yang terjadi selama berbulan-bulan, suara yang tiba-tiba menghilang setelah banyak bicara, sulit menelan makanan dan minuman.

Selain merokok, faktor risiko lain untuk kanker laring di antaranya, kebiasaan minum alkohol berlebihan, umum (50-60 tahun), riwayat keluarga, gender (lebih sering pada pria), diet (daging merah,makanan olahan) dan Human Papiloma Virus (HPV).

Dia menambahkan, pnelitian Balitbangkes menunjukkan, di Indonesia sekitar 60 persen pria dan sedikit di bawah 5 persen perempuan adalah perokok.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://gaya.tempo.co/read/news/2015/08/24/060694416/anda-perokok-waspadai-gejala-kanker-pita-suara

Belum ada Komentar untuk "Waspadai Gejala Kanker Pita Suara Pada Perokok"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel