7 Tips Mengatasi Siklus Menstruasi Yang Tidak Lancar

Asalasah ~ Bagi wanita, menstruasi adalah sesuatu yang akrab. Tapi tahukah Anda apa itu menstruasi? Menstruasi adalah proses bulanan alami dalam tubuh wanita yang meluruhkan darah. Siklus ini adalah proses organ reproduksi wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Persiapan ini ditandai dengan penebalan dinding rahim (endometrium) yang mengandung pembuluh darah.

Terkadang, ada wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak lancar. Ini tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman, mulai dari masalah ringan seperti kram hingga terlalu banyak darah, juga aktivitas yang mengganggu.
7 Cara Mengatasi Siklus Menstruasi Tidak Lancar
Tahukah Anda bahwa penyebab utama siklus menstruasi Anda tidak lancar? Penyebab utama menstruasi yang tidak lancar adalah ketidakseimbangan kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh. Banyak faktor yang bisa memengaruhi perubahan kadar kedua hormon ini. Misalnya, usia, kehamilan, menopause saat menggunakan kontrasepsi tertentu.

Dari hasil ketidakmampuan siklus menstruasi ke kondisi kesehatan orang tersebut. Masalah kesehatan pada orang yang siklus haidnya tidak lancar berlipat ganda, termasuk penurunan atau peningkatan berat badan yang ekstrem, stres, atau ketidakstabilan kondisi emosional Anda. Gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia. Jika Anda berlatih meningkatkan stamina, misalnya, atlet yang bersiap untuk Olimpiade juga dapat menyebabkan periode yang tidak mulus. Beberapa penyakit, seperti mioma atau endometriosis, adalah penyebab lain.

Jadi, bagaimana Anda mengelola siklus menstruasi yang tidak lancar ?Pada artikel ini, asalasah akan membahas solusi untuk membuat siklus menstruasi Anda kembali lancar. Untuk ini, lihat tips di bawah ini.

Cara mengatasi siklus menstruasi yang tidak rutin

1. Jaga berat badan agar tetap ideal
Berat badan adalah salah satu pemicu gangguan siklus menstruasi. Seperti berat badan yang tidak ideal, seperti obesitas atau kelebihan tubuh dan di bawah batas ideal tubuh normal. Untuk mengetahui apakah berat badan Anda ideal atau tidak, Anda harus melakukan perhitungan menggunakan formula tertentu atau berkonsultasi dengan ahli gizi, dokter umum atau spesialis gizi untuk menemukan berat badan ideal Anda. Jika Anda memiliki berat badan yang kurang lebih normal, Anda dapat langsung bertanya bagaimana cara mencapai batas berat ideal.

2. Berolahraga secara teratur
Latihan fisik adalah kegiatan yang sangat dianjurkan untuk semua orang sehingga masalah kesehatan tetap terjaga dengan baik. Bagi orang yang menderita gangguan menstruasi, olahraga juga dapat mengembalikan keadaan normal siklus menstruasi Anda dan seimbang dengan mengendalikan berat badan Anda. Selain itu, aktivitas fisik seperti olahraga juga dapat meningkatkan produksi endorfin dalam tubuh. Hormon ini kemudian dapat membantu Anda mengurangi tingkat stres yang merupakan salah satu pemicu menstruasi tidak normal.

3. Gunakan kayu manis
Seperti kita ketahui, kayu manis adalah salah satu bahan memasak. Namun bumbu ini juga bisa dijadikan solusi untuk mengatasi gangguan pada wanita yang siklus haidnya tidak lancar. Ternyata kayu manis memiliki potensi untuk menormalkan menstruasi dan juga berguna sebagai terapi untuk orang dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS). Khasiat ini dibuktikan dengan penelitian khusus yang dilakukan pada tahun 2014.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kayu manis mampu mengurangi mual dan muntah akibat dysmenorrhea primer. Begitu juga dengan kram dan perdarahan menstruasi yang berlebihan.

4. Konsumsi vitamin D
Asupan vitamin D dapat membantu wanita untuk melancarkan siklus haidh yang terganggu. Vitamin ini juga memiliki potensi untuk mengatasi periode non-menstruasi yang disebabkan oleh PCOS, serta mengurangi depresi dan berat badan.

5. nanas dan jahe
Nanas adalah salah satu buah yang sering ditemukan di berbagai menu makanan penutup. Diyakini juga untuk mengatasi masalah menstruasi ini. Nanas tidak hanya dapat dikonsumsi segar, tetapi juga dapat dianggap sebagai cara untuk mengatasi menstruasi. Buah kuning dan berdaging ini mengandung enzim bromelain, yang seharusnya melembutkan dinding rahim dan berpotensi menstruasi. Sedangkan konsumsi suplemen jahe seharusnya meningkatkan kondisi menstruasi dengan banyak perdarahan. Namun, manfaat kedua makanan ini masih membutuhkan penelitian tambahan sehingga hasilnya bisa akurat.

6. cuka apel
Cuka sari apel, atau cuka sari, adalah cuka yang terbuat dari jus apel yang difermentasi. Ini digunakan dalam saus salad, bumbu, saus salad, pengawet dan salam. Itu dibuat dengan menghancurkan apel dan memeras jus. Bagi Anda yang mengalami menstruasi yang sulit karena PCOS, cuka sari apel dapat membantu. Disarankan untuk minum hingga 15 gram per hari untuk mendapatkan manfaat ini. Jika Anda tidak menyukai cuka sari apel, Anda bisa mencampurnya dengan air atau sedikit madu.

7. lakukan yoga
Latihan yoga teratur dianggap membantu wanita mengatasi menstruasi mereka dengan susah payah. Satu studi menunjukkan bahwa yoga dilakukan 35 hingga 40 menit sehari setiap lima hari dan secara teratur selama enam bulan. Telah terbukti bahwa ia mampu menyeimbangkan masalah hormon Anda. Dengan ini, gangguan menstruasi dapat diatasi. Selain itu, yoga juga dapat mengurangi kram menstruasi dan menstabilkan suasana hati dan emosi. Misalnya, kondisi depresi dan kecemasan.

Deskripsi di atas adalah ulasan singkat yang dapat Anda coba untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak lancar. Namun, jalan yang benar tergantung pada gangguan.Saya harap artikel ini akan membantu Anda.

Asalasah | Sumber: baruoi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Mengatasi Siklus Menstruasi Yang Tidak Lancar"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel