Kenali Semut Charlie, Sangat Berbahaya Bagi Manusia

AsalasahPesan berantai tentang "semut charlie" telah menjadi bahan pembicaraan di banyak penyiar dan menjadi viral. Serangga ini dikatakan meninggalkan bekas gigitan yang cukup parah untuk merekomendasikan agar mereka tidak berurusan dengan "semut charlie".

Nama ilmiah semut charlie adalah Paederus Littoralis atau juga disebut kumbang di Indonesia. Serangga ini biasa disebut tomcat atau kumbang. Serangga ini juga sering disebut sebagai semut hiu atau semut charlie.

Profesor Epidemiologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Dr. Tri Yunis Miko, W, MSc, mengatakan bahwa setiap serangga berperan dalam penularan penyakit, termasuk tomcat. Selain itu, serangga ini memiliki racun yang dapat menyebabkan reaksi pada kulit.

Tri menambahkan, saat seseorang terkena racun dari semut charlie atau tomcat maka secepatnya dibersihkan lalu diberikan obat anti alergi seperti salep hydrocortisone atau betametasone supaya reaksi yang muncul tidak berlebihan.

"Reaksi dalam tubuh korban berbeda, bagi orang yang tidak alergi itu hanya dapat menyebabkan sedikit merah, tetapi jika korban memiliki reaksi alergi yang berlebihan atau sangat sensitif terhadap alergen, ia harus dimanipulasi sesegera mungkin, "jelasnya.

Fakta Semut Charlie

1. Semut charlie adalah tomcat

Ya, semut charlie merupakan nama lain dari serangga rove beetle, yang juga lazim dikenal sebagai semut semai, tomcat, atau semut kayap di Indonesia.

Cairan yang dikeluarkan oleh tomcat memang dapat menyebabkan sensasi perih, bentol dan gatal-gatal, namun tidak semenyeramkan seperti yang disampaikan dalam pesan berantai.

2. Hoaks beredar sejak 2017

Dalam laman Kominfo.go.id, tercatat informasi hoaks seputar semut charlie sudah beredar sejak tahun 2017.

Kalau itu, pesan berantai menggunakan foto bayi dengan kulit bersisik yang diketahui merupakan pasien penyakit Linear Nevus Sebaceous.

3. Sempat mewabah di Surabaya

Wabah tomcat atau semut charlie sempat menyerang daerah Surabaya pada tahun 2012. Kala itu, wabah tomcat tidak hanya menyerang daerah perkampungan, namun juga apartemen elit.

Pihal Pemkot Surabaya pun sempat kewalahan, meskipun wabah akhirnya teratasi dengan penyemprotan pestisida.

4. Pencegahan dan pertolongan pertama

Racun semut charlie akan keluar ketika bersentuhan dengan kulit manusia. Jika ini terjadi, cuci bagian kulit yang terpapar dengan sabun, dan redakan rasa perih dengan mengompresnya menggunakan air dingin.

Pengobatan bisa dilakukan dengan salep dan antibiotik yang diberikan oleh dokter.

Untuk pencegahan, tutup jendela dan matikan lampu ketika tidur. Jangan lupa gunakan pakaian tertutup ketika bermain di dekat tanaman.


Baca Juga :

Asalasah | Sumber:  http://www.moeslimchoice.com/read/2019/06/24/23222/kenali-semut-charlie-yang-sedang-viral

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kenali Semut Charlie, Sangat Berbahaya Bagi Manusia"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel