10 Cara Menahan Dan Mengurangi Nafsu Makan Berlebih

AsalasahPernahkah Anda ingin makan lagi dan lagi ketika Anda baru saja makan? Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan,mengurangi nafsu makan bisa menjadi cara yang ampuh. Demi diet yang halus untuk menurunkan berat badan, Anda harus mampumenahan nafsu makan yang berlebihan ini.


Cara menahan nafsu makan Anda


  • Minum air.
  • Olah raga. 
  • Coba tanyakan pada diri sendiri. 
  • Mengurangi stres. 
  • Makan lebih banyak protein. 
  • Jadwalkan waktu makan dan camilan. 
  • Mengunyah permen karet.


Sebelum menjelaskan cara mengurangi nafsu makan, bahwa kesulitan menahan nafsu makan bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti stres, hormon dan lingkungan. Jika tidak ditangani dengan benar, nafsu makan yang besar dapat menyebabkan kenaikan berat badan menjadi obesitas. Lalu bagaimana cara menekan nafsu makan? Lihatlah ulasan berikut.

Cara mengurangi nafsu makan

1. Minumlah banyak air
Cara mengurangi nafsu makan terlebih dahulu dengan mengonsumsi banyak air. Minumlah 2 gelas air sebelum makan. Bertujuan untuk merasa lebih kenyang.

2. Makanan kaya protein
Mengonsumsi makanan kaya protein ke dalam makanan adalah cara untuk mengurangi nafsu makan yang bisa dilakukan. Makanan kaya protein dapat meningkatkan rasa kenyang, membuat makan lebih sedikit saat Anda makan.

3. Minum kopi
Selain berurusan dengan kantuk, kopi juga bermanfaat untuk mengurangi nafsu makan Anda. Penelitian menunjukkan kopi meningkatkan pelepasan peptida yang diproduksi di usus sebagai respons terhadap makan dan meningkatkan perasaan kenyang.

4. Makanlah dengan piring kecil
Piring-piring kecil untuk mengendalikan nafsu makan, cobalah makan dengan piring-piring kecil. Dengan begitu makan akan berkurang sehingga mencegah Anda menghabiskan sebagian besar makanan.

5. Makan jahe
Jahe sendiri adalah salah satu makanan yang bisa mengendalikan nafsu makan. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi jahe yang dilarutkan dalam air panas saat sarapan mengurangi rasa lapar.

6. Makanlah cokelat hitam
Rasa pahit dari dark chocolate dipercaya bisa mengurangi nafsu makan dan mengurangi nafsu makan saat ngemil. Asam stearat dalam cokelat hitam dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.

7. Makanan berlemak
makanan dengan kandungan serat tinggi dapat meregangkan perut, memperlambat laju pengosongan makanan dan memengaruhi pelepasan hormon. Serat dapat berfermentasi di usus, menghasilkan asam lemak rantai pendek. Makanan kaya serat biasanya mengandung banyak nutrisi bermanfaat seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa dalam tanaman yang bermanfaat bagi tubuh.

8. Tidur yang cukup
Waktu tidur yang buruk menyebabkan kenaikan berat badan karena cenderung mengkonsumsi makanan ringan di malam hari. Ketika Anda tidak cukup tidur, Anda akan melepaskan lebih banyak leptin dan ghrelin. Kedua hormon ini adalah hormon yang bisa meningkatkan nafsu makan. Anda tidur setidaknya tujuh jam setiap malam, ini akan mengurangi kadar hormon dalam tubuh.

9. Berolahraga secara teratur
Olahraga meningkatkan hormon YY peptide, hormon yang berfungsi untuk menekan nafsu makan. Intensitas olahraga menentukan tingkat nafsu makan seseorang. Latihan aerobik 60 menit dapat menekan nafsu makan lebih tinggi dari aerobik dengan durasi yang sama.

10. Jangan melewatkan sarapan
manfaat sarapan membuat Anda kenyang. Jika Anda tidak sarapan, tubuh Anda akan cenderung merasa lapar terus menerus dan membuat lebih banyak makanan.

Demikian artikel tentang cara mengurangi nafsu makan semoga bermanfaat.

Asalasah | Sumber: https://www.wajibbaca.com/2019/07/cara-mengurangi-nafsu-makan.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Menahan Dan Mengurangi Nafsu Makan Berlebih"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel