4 manfaat teh hijau dan Teh Jahe

AsalasahTeh hijau dan teh jahe dipercaya memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membantu Anda menurunkan berat badan. Apa sebenarnya kandungan yang terkandung dalam teh hijau dan teh jahe, dan apa manfaatnya

Teh Hijau Sebagai Penurunan Berat Badan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dan kafein dalam teh hijau dapat meningkatkan proses pembakaran lemak, metabolisme tubuh, dan aktivitas insulin.

Sebuah penelitian bahkan menyatakan bahwa konsumsi teh hijau secara teratur dapat mengurangi berat badan hingga 1,5 kg dalam waktu 12 minggu. Ini tentu seimbang dengan diet sehat dan teratur. Jenis teh hijau terbaik untuk diet adalah jenis teh hijau matcha. Teh hijau jenis ini kaya akan nutrisi dan antioksidan.

Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan karena kaya akan nutrisi seperti antioksidan, antikanker, dan senyawa yang baik untuk otak. Senyawa antioksidan utama teh adalah katekin, yang dapat melawan dan mencegah kerusakan sel. Tidak seperti jenis teh lainnya, teh hijau tidak banyak diproses sebelum diseduh sehingga kandungan katekin tetap terjaga.

Dalam sebuah penelitian di Swiss, area MRI (Magnetic Resonance Imaging) di otak yang dilakukan pada peminum teh hijau menunjukkan hasil kemampuan otak untuk mengingat dan bergerak lebih baik.

Teh hijau juga menunjukkan kemampuannya untuk mencegah pembentukan plak di otak yang ditemukan pada banyak orang dengan penyakit Alzheimer. Pada penderita diabetes, teh hijau juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Teh hijau dengan kandungan katekinnya juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. 

Untuk menurunkan berat badan dengan mengonsumsi teh hijau, Anda tidak perlu meminumnya dalam jumlah banyak. Mengonsumsi teh hijau sebanyak 2,5 gelas per hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Tentu saja, Anda juga perlu menyeimbangkan konsumsi teh hijau dengan diet rendah lemak dan olahraga yang memadai.

Cara Membuat Teh Hijau untuk Diet Sehat
Ada beberapa cara tertentu yang perlu Anda ketahui dalam menyajikan teh hijau untuk diet sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat penuh dari teh hijau. Air mendidih tidak boleh digunakan untuk menyeduh teh hijau karena panas dapat merusak senyawa katekin yang terkandung dalam teh hijau.

Anda bisa merebus air untuk menyeduh teh hijau, tetapi hindari menyeduh langsung. Setelah air mendidih, matikan api, lalu diamkan selama sepuluh menit agar suhu air tidak terlalu panas. Setelah itu, barulah Anda bisa menyeduh teh hijau dengan air.

Saat menyeduh, biarkan selama satu menit sehingga ekstrak teh hijau diekstraksi ke dalam air. Jika Anda menyukai rasa yang lebih pahit, biarkan teh hijau berendam lebih lama sebelum diminum. Namun, jika Anda tidak menyukai teh hijau yang terlalu pahit, proses merendamnya dengan air panas cukup dilakukan selama satu menit.

Lebih disukai, hindari menggunakan gula tambahan dalam menyajikan teh hijau sehingga manfaat untuk menurunkan berat badan lebih optimal. Anda bisa menambahkan potongan-potongan jahe segar yang telah dihancurkan menjadi seduhan teh hijau untuk meningkatkan sifat penurun berat badannya.

Campuran teh hijau dan jahe juga akan memberikan rasa yang lebih hangat dan lebih menyenangkan sehingga akan meningkatkan kenikmatan minum teh hijau seduhan.

Teh Jahe Sebagai Penurun Berat Badan 
Selain teh hijau, teh jahe juga dapat membantu program diet sehat Anda. Umumnya, jahe digunakan untuk mengobati perut kembung dan mual. Wanita hamil dapat memanfaatkan manfaat ini untuk mengatasi mual atau mual di pagi hari selama kehamilan yang umumnya terjadi pada trimester pertama. Namun, konsultasikan dengan dokter kandungan Anda sebelum mengonsumsi teh jahe karena pada dosis tinggi, jahe dapat menyebabkan keguguran pada janin.

Jahe memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat mengurangi kelelahan otot akibat berolahraga. Jahe juga memiliki beberapa manfaat lain seperti mengurangi pembengkakan di bagian luar tubuh, mengurangi kadar gula darah dan kolesterol, dan meningkatkan aktivitas pencernaan dan metabolisme. Karena efek teh jahe ini dapat digunakan untuk membantu program diet sehat Anda.

Cara Melayani Teh Jahe untuk Diet Sehat
Agar Anda mendapatkan manfaat teh jahe, Anda dapat membeli teh yang memiliki kandungan jahe sebagai bahan utamanya. Anda juga bisa membuat teh jahe sendiri di rumah dengan melepas jahe dan mencampurnya dengan teh biasa.


Asalasah | Sumber: https://www.lemonilo.com/blog/diet-sehat-dengan-teh-hijau-dan-teh-jahe

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "4 manfaat teh hijau dan Teh Jahe"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel