Awas! Jangan Simpan Semangka dan Terong Dalam Kulkas

AsalasahSetelah berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari, biasanya kita akan buru-buru mengatur semua makanan yang sudah dibeli ke lemari es. Memang, menyimpan berbagai makanan di lemari es memang bisa membantu memperpanjang umur makanan ini. Namun ternyata, tidak semua makanan bisa dimasukkan ke dalam kulkas.

Nah, contoh kasus yang sudah terjadi beberapa waktu lalu. Seorang pria dari Kota Xiangxiang, Hunan, Tiongkok, terpaksa dilarikan ke rumah sakit setelah memakan semangka yang disimpan di lemari es. Setelah diperiksa, pria dari pria bernama Zhang menderita penyumbatan dalam kematian jaringan, alias membusuk karena semangka yang dia konsumsi. 

Jadi makanan apa yang sebaiknya tidak disimpan di lemari es?

Buah, Terutama Semangka  

Seperti disebutkan di atas, usus Zhang dapat membusuk karena semangka di dalam lemari es yang dia konsumsi tidak disimpan dalam wadah tertutup. Akibatnya, buah segar terkontaminasi oleh bakteri dari makanan mentah lainnya yang disimpan di lemari es. 

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat mengatakan jika semangka diletakkan di lemari es, itu bisa mengurangi kandungan nutrisi buah. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah-buahan ini dapat dikurangi karena udara dingin. Dan buah-buahan yang disimpan di kulkas juga akan terasa kering dan kurang matang. 

Terong, Karena Dapat Mengurangi Kandungan Gizi  
Secara umum, kita akan berpikir jika sayuran yang dimasukkan ke dalam kulkas bertahan lebih lama. Padahal, tidak semua sayuran bisa seperti itu. Dalam sebuah buku berjudul On Food and Cooking , penulis, Harold McGee menjelaskan bahwa terong yang merupakan sayuran dari iklim tropis tidak baik jika disimpan dalam lemari es. Alasannya adalah bisa membuat terong tidak segar dan mengurangi kandungan gizinya. 

Roti, Karena Itu Membuatnya Lebih Mudah Basi 
Meskipun saya sudah diperingatkan, masih ada orang yang memasukkan roti ke kulkas. Hanya karena Anda ingin roti bertahan selama berhari-hari, menaruhnya di lemari es membuatnya lebih cepat. Meskipun suhu dingin di lemari es dapat mencegah jamur pada roti, ini sebenarnya membuat tekstur kasar dan kering. 

Selanjutnya, menurut ahli roti bernama Wayne Gisslen, jika makanan dimasukkan ke dalam kulkas maka akan membuatnya lebih cepat basi. Faktanya, waktu terbawah adalah enam kali lebih cepat dari yang seharusnya. Jika Anda ingin menyimpan roti, lebih baik menaruhnya di freezer . Ini akan membuat makanan lebih tahan lama.

Kentang dan Ubi Jalar, Karena Suhu Dingin Akan Mengubah Tekstur dan Rasa 
Kentang dan ubi jalar tidak dapat masuk ke dalam lemari es karena udara yang dingin dan lembab dapat merusak tekstur dan rasanya. Pati yang terkandung dalam kentang dan ubi jalar akan lebih cepat terurai menjadi gula sehingga kentang dan ubi menjadi tersengat manis. 

Selain itu, tekstur yang lembut akan berubah menjadi lebih kasar dan keras. Maka Anda harus menyimpan kentang dan ubi jalar di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung.  

Bawang 
Nah, siapa ya yang selalu nyimpen bawang di lemari es. Alih-alih lebih segar dan tahan lama, bawang Anda justru tumbuh dan melepaskan tunas, bukan? Larangan menyimpan bawang dalam salam kulkas karena suhu dingin yang bersumber di kulkas akan membuat bawang menjadi kenyal dan kusam.

Selain itu, tidak setajam biasanya. Sehingga jika digunakan sebagai bumbu dalam masakan, akan mempengaruhi rasa makanan. Baik bawang bombai, bawang merah, bawang putih, sebaiknya disimpan di tempat kering yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Namun, hindari meletakkannya di bawah sinar matahari langsung. 

Biji Kopi, Karena Itu Akan Mengubah Kekuatan Aroma 
Entah karena Anda malas untuk ditaruh di tempat lain, kami sering memasukkan biji kopi yang tersisa ke lemari es. Alih-alih membuatnya awet dan menjadi lebih baik, biji kopi yang dimasukkan ke dalam kulkas akan mengubah rasa dan aroma. Karena biji kopi akan menyerap aroma makanan lain di dalam kulkas.

Jadi jangan heran jika biji kopi yang enak dan tawar tiba-tiba menjadi hambar dan tidak enak lagi. Jadi lebih baik menyimpan wadah dan meletakkannya di tempat kering yang tidak terkena sinar matahari langsung. 

Dan kacang
Untuk jenis makanan yang terakhir ini, kacang mentah seperti kacang tanah, kacang almond, kacang mede, dan kacang hijau tidak masuk kulkas. Karena kacang yang disimpan di kulkas bisa mengurangi rasa gurih khas kacang. Selain itu, kulit kacang juga bisa menyerap bau dari lemari es. Maka akan lebih baik jika, kacang dimasukkan ke dalam wadah kering yang memiliki penutup. 

Asalasah | Sumber: 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Awas! Jangan Simpan Semangka dan Terong Dalam Kulkas"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel