Cara membuat bunga dari kantong plastik, mudah dan murah

Asalasahkantong plastik, tentunya semua orang sudah menggunakannya. Setiap kali kita membeli barang untuk kebutuhan sehari-hari, entah itu di warung, minimarket, supermarket dan pasar tradisional, tentu saja kantong plastik akan diberikan sebagai pembungkus bawaan belanja. Ketika kami sampai di rumah, kami biasanya membuang kantong plastik ke tempat sampah. Anda mungkin tidak tahu apakah itu terbuat dari kantong plastik untuk membuat bunga yang indah untuk menghiasi ruang tamu atau kamar tidur. Begini cara membuat bunga dari kantong plastik yang bisa dicoba.

Kantong plastik adalah salah satu pemasok polutan tanah yang harus mendapat perhatian serius. Kantong plastik digunakan oleh hampir semua orang untuk berbagai keperluan dan sering dibuang ketika tidak digunakan. Plastik retak di tanah termasuk limbah yang sudah lama terurai yang akibatnya akan menjadi elemen utama yang berkontribusi terhadap kerusakan ekosistem di tanah. Karena itu kantong plastik tas kresek harus didaur ulang atau digunakan kembali, misalnya dengan menjadikannya sebagai bahan baku pembuatan berbagai kerajinan tangan yang bernilai estetika dan ekonomis.

Di antara sekian banyak jenis kerajinan tangan yang kerap dibuat orang adalah berbagai bentuk bunga dari berbagai jenis bahan. Selain bahan dan alat yang mudah disiapkan, hasilnya cukup menarik dan bahkan bisa dijual sebagai sumber penghasilan tambahan yang lumayan. Salah satu bahan utama pembuatan bunga buatan adalah dari kerupuk dan rafia. Keduanya berasal dari plastik yang mudah tersedia di sekitar kita, yang sebagian besar dianggap sampah tidak berguna. Untuk lebih memanfaatkannya, tidak ada salahnya jika kita belajar mobil membuat bunga dari kantong plastik dan rafia.

1. Cara membuat bunga dari kantong plastik

Pada awalnya yang harus dipersiapkan adalah bahan-bahan dan alat-alat sebagai berikut: beberapa warna kantong plastik, korek gas, putik imitasi, kawat kecil, pita bunga, daun imitasi, kertas untuk mendesain pola dan gunting. Setelah semuanya disiapkan, langkah-langkah berikut dibuat. Buat pola lingkaran di atas kertas mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar sebanyak 4 lembar. Selanjutnya terapkan pola pada kantong plastik dan gunting untuk mengikuti polanya. Setiap pola lingkaran dibuat 2 lembar sehingga totalnya adalah 8 lembar.

Langkah selanjutnya adalah melipat bentuk plastik simetris hingga empat kali dan kemudian memotongnya. Maka hasilnya saat dibuka lipatan akan berbentuk seperti bunga. Gunakan api dari pemantik gas untuk menusuk plastik sehingga menghasilkan lipatan. Lanjutkan dengan mengatur semua lembaran bunga plastik dan kemudian menambahkan putik imitasi dan kemudian bergabung dengan kawat. Kawat sebagai pegangan ditutupi dengan pita bunga sehingga tampak seperti aslinya. Juga tambahkan beberapa daun imitasi pada kawat sehingga sekarang menyerupai bunga asli. Jepit plastik kresek siap dipajang di ruang tamu dengan mengaturnya dalam vas atau botol. Lingkungan semakin bersih dengan memanfaatkan bagasi plastik menjadi barang-barang berharga. Selamat ciptaan.

bunga dari plastik berderak

kresek bunga plastik


2. Cara membuat bunga dari tali rafia plastik

Tali rafia sering ditemukan sebagai sampah di sekitar kita. Dan ternyata tali rafia yang tersebar juga dapat dibuat bunga-bunga indah dengan anti-layu. Tali rafia hampir seperti kantong plastik. Selain murah, ia juga banyak digunakan orang sebagai tali untuk apa saja. Tali rafia memiliki beragam warna yang pas jika dibuat dengan nilai estetika tinggi.

Bahan dan peralatan yang perlu disediakan adalah: tali rafia berwarna-warni (merah, kuning dan hijau), benang sari imitasi, benang jahit, kabel kecil, pita berwarna hijau, gunting, tang untuk memotong kawat, penggaris. Langkah-langkah untuk membuatnya cukup mudah sebagai berikut. Potong rafia merah dan kuning sepanjang 10 cm. Buka tali rafia sehingga bentuknya lebar. Lakukan dengan hati-hati agar lembaran tidak sobek. Selanjutnya lipat lembaran menjadi 2 bagian memanjang. Pegang bagian tengah lalu putar kembali dan kembali ke posisi semula.

Kemudian setiap ujung tali rafia ditemukan. Ambil sekitar 3 cm lalu ikat menggunakan benang untuk membuat bentuk kelopak. Dibutuhkan 4 kelopak lagi karena untuk mahkota bunga yang sempurna dibutuhkan 5 kelopak. Berikutnya adalah menggabungkan benang sari dengan tangkai bunga. Untuk itu, siapkan 4 atau 5 benang sari. Pada ujung kawat yang telah dilapisi dengan selotip hijau itu dibengkokkan menjadi lingkaran kecil. Masukkan benang sari dalam lingkaran di ujung kawat. Selanjutnya gunakan utas untuk mengikatnya agar tidak terlepas. Setelah itu, tempatkan kelopak bunga satu per satu, jelajahi benang sari dan ikat menggunakan benang untuk membuat mahkota bunga sempurna. Gunakan ikatan yang kuat dan kencang agar benang sari dengan kelopak menyatu.

Sekarang giliran membuat daun dengan membuat potongan rafia hijau 10 cm. Langkah selanjutnya hampir sama dengan membuat kelopak bunga, tetapi rafia hijau tidak dilipat menjadi dua tetapi segera diputar dan kemudian diikat menggunakan benang. Gunakan selotip hijau untuk melapisi bagian bawah mahkota bunga sehingga ikatan benang tidak terlihat. Tempelkan daun ke batang lalu ikat dengan benang dan lapisi dasi menggunakan selotip hijau. Buat beberapa mahkota bunga untuk warna lain sesuai keinginan. Setelah warna lain dibuat, bunga-bunga siap diatur dalam vas atau wadah lainnya. Semoga berhasil.

langkah 1 membuat bunga dari kantong plastik

langkah 2 membuat bunga dari kantong plastik

tahap 3 membuat bunga dari kantong plastik

tahap 5 membuat bunga dari kantong plastik


Asalasah | Sumber:  https://tipsbuatbunga.blogspot.com/2017/10/cara-membuat-bunga-dari-plastik-kresek.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara membuat bunga dari kantong plastik, mudah dan murah"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel