Cara Urus Ketika Kena Tilang Elektronik

Asalasah ~  Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya secara resmi menerapkan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Melalui kamera CCTV, pelanggar lalu lintas akan terdeteksi dan mendapatkan surat konfirmasi dikirim ke alamat terdaftar sesuai dengan kendaraan yang digunakan.


"Apa yang dikirim bukan tiket tetapi konfirmasi, jadi konfirmasikan dulu, misalnya kendaraan itu miliknya, yang menyetir, jadi memang surat konfirmasi dan bukti, sehingga orang tersebut memiliki hak untuk menjawab, misalnya saya telah menjual mobil, "kata Kepala Badan Kepegawaian Nasional Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Arif Fazlurrahman.

Jika pemilik kendaraan mengklaim telah melakukan pelanggaran sesuai dengan bukti gambar yang dikirim, konfirmasi nantinya akan diberikan denda.

"Ketika dia mengkonfirmasi pelanggaran, dia hanya akan memasukkan nomor telepon atau email dari situs web atau memindai barcode seperti yang tertulis pada surat itu," kata Komisaris Arif.

STNK akan diblokir

Pelanggar juga dapat membayar secara manual dengan mengunjungi ETLE Post yang berlokasi di Pancoran, Jakarta.

"Anda bisa secara manual membalas surat itu atau datang ke kantor pos ETLE di Pancoran, nanti dia akan mendapatkan email atau SMS tentang akun virtual , berapa yang harus dibayar atau ditransfer sebagai kompensasi untuk denda," kata Komisaris Arif.

Jika Anda tidak mengkonfirmasi setelah surat itu diberikan. Pemblokiran dokumen kendaraan akan dilakukan, sehingga pemilik tidak dapat membayar pajak dan mengubah identitas.

"Jika tidak ada konfirmasi untuk maksimal 14 hari atau dikonfirmasi tetapi penalti tidak dibayarkan, registrasi kendaraan akan diblokir di Samsat. Jadi tidak dapat membayar pajak dan tidak dapat mengubah identitas sampai telah terbayar," kata Komisaris Arif.

Berlaku hari ini, tiket ETLE hanya akan diarahkan ke kendaraan roda empat. 

Asalasah | Sumber:  https://www.liputan6.com/otomotif/read/4002183/kena-tilang-elektronik-begini-cara-mengurusnya?utm_source=FB&utm_medium=Post&utm_campaign=FB_novi&fbclid=IwAR3jKOFSP7VGVQAx1zqJRqajr1ipvOlUC6Qaxo0gsYDdmnzg2g0Udwf1c5Y

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Urus Ketika Kena Tilang Elektronik"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel