Ginjal Akan Cepat Rusak Kalau Kamu Malas Gerak!

AsalasahDuduk sepanjang hari di depan TV memang menyenangkan, terutama saat menonton film favorit. Meskipun baik untuk menghilangkan stres, kebiasaan ini seharusnya tidak menjadi kebiasaan karena dapat merusak ginjal untuk waktu yang lama jika tidak seimbang dengan olahraga.

Para peneliti di Inggris baru-baru ini membuktikan bahwa lama waktu yang dihabiskan untuk duduk berkaitan erat dengan risiko kerusakan ginjal kronis. Semakin sering Anda duduk dan jarang bergerak, semakin tinggi risiko penyakit ginjal.

Dalam studi ini, Thomas Yates dari University of Leicester melibatkan tidak kurang dari 5.650 orang dewasa di Inggris. Para peserta dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan durasi duduk dalam sehari, yaitu risk tinggi(8-24 hours), medium(3,2 - 7,8 jam) dan rendah (0 - 3 jam).

Jika dibandingkan dengan risiko kerusakan ginjal, Andrea mengungkapkan bahwa kelompok dengan risiko sedang memiliki risiko kerusakan ginjal 30 persen lebih tinggi daripada kelompok berisiko tinggi. Kelompok risiko sedang, risiko kerusakan ginjal adalah 20 persen lebih rendah daripada kelompok risiko tinggi.

Data ini menunjukkan bahwa semakin lama seseorang menghabiskan waktu untuk duduk, semakin besar risiko kerusakan ginjal yang dihadapi. Tetapi dalam penelitian ini, efeknya lebih diamati pada peserta perempuan daripada pada peserta laki-laki.

Sayangnya lagi, olahraga hanya bisa mengurangi dan tidak benar-benar menghilangkan risiko kerusakan ginjal jika tidak dilakukan secara rutin. Alih-alih wanita, seperti dikutip dari NBC News , Minggu (30/9/2012), olahraga malah tidak menutupi efek terlalu banyak duduk.

Belum diketahui secara pasti bagaimana keduanya dapat saling mempengaruhi, tetapi sejak dulu terlalu banyak duduk memang dianggap tidak sehat. Ini tidak hanya merusak ginjal, tetapi juga meningkatkan risiko obesitas, diabetes mellitus tipe 2 dan gangguan jantung dan pembuluh darah.

Asalasah | Sumber:  http://herman-salim.blogspot.com/2012/10/malas-gerak-sama-artinya-dengan.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Ginjal Akan Cepat Rusak Kalau Kamu Malas Gerak! "

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel