Ini Dia akibat stres pada ibu hamil muda

AsalasahStres selama kehamilan  sering dianggap sebagai masalah yang sangat umum sehingga tampaknya wajar bagi wanita hamil. Ada banyak hal yang membuat ibu stres selama kehamilan, termasuk kondisi kehamilan, kondisi rumah tangga hingga efek perkembangan janin pada tubuh ibu sendiri. Yang paling menyedihkan sebenarnya adalah efek stres pada wanita hamil dan janin dalam kandungan. Efeknya bisa sangat parah jika stres tidak segera diatasi. Berikut ini adalah akibat stres pada ibu hamil muda untuk janin yang harus Anda perhatikan.

shireen hamil dan wisnu

Gangguan perkembangan janin

Perkembangan janin pada tahap awal kehamilan sangat penting. Ini akan merangsang janin untuk tumbuh dengan sistem saraf yang sehat dan kemudian dapat mendukung perkembangan organ lain. Ketika ibu stres, akibat stres pada ibu hamil muda dapat membuat produksi hormon kortisol meningkat dengan cepat. Jika stres terus terjadi selama awal kehamilan, itu dapat menyebabkan tubuh rentan terhadap berbagai penyakit radang. Efek bagi janin adalah perkembangan janin yang tidak sempurna dan sangat lambat.

Janin dipengaruhi oleh penyakit

Bahaya seringnya emosi selama kehamilan  akibat stres juga bisa menyebabkan janin dalam kandungan terpapar berbagai penyakit. Kondisi ini sepenuhnya dipengaruhi oleh tingginya kadar kortisol dalam tubuh ibu. Semakin tinggi kadar kortisol maka akan membuat cairan ketuban mengandung bahan-bahan hormon ini. Kemudian air ketuban ini menyebabkan paparan pada janin yang dapat membuat sistem kekebalan janin berkurang dan janin sakit.

Risiko cacat janin

Jika janin bertahan sampai lahir, stres juga bisa menjadi penyebab janin dari rahim . Biasanya cacat janin dapat dipengaruhi oleh kelainan genetik yang dibawa oleh orang tua atau garis keturunan dalam keluarga orang tua. Tetapi stres juga dapat menyebabkan janin terlahir cacat, seperti kondisi bibir sumbing, kelebihan atau kekurangan organ tubuh tertentu.

Bayi dilahirkan lebih lama

Akibat tingginya kadar kortisol di dalam rahim ternyata ternyata juga bisa menyebabkan usia kehamilan menjadi lebih lama. Tentu ini adalah hal yang sangat berbahaya bagi ibu dan janin dalam kandungan. Janin Anda mungkin dilahirkan lebih dari sembilan bulan sehingga biasanya ada komplikasi kelahiran atau selama persalinan.

Lahir prematur

Kelahiran prematur juga akan berisiko ketika ibu mengalami stres selama kehamilan. Semua masih dipengaruhi oleh tingginya kadar hormon kortisol dari ibu yang disalurkan melalui plasenta ke bayi. Sebenarnya kelahiran bayi prematur tidak bisa dianggap hal yang wajar. Namun bayi prematur selalu memiliki risiko tubuh yang rentan di masa depan. Jadi setelah perawatan bayi juga akan sangat banyak dan terperinci dibandingkan dengan bayi biasa.

Berat badan janin tidak naik

Mengikuti usia kehamilan sebenarnya harus sesuai dengan berat janin. Tetapi ketika ibu sering terkena stres, justru justru akan membuat berat janin sulit naik. Ada banyak pemicu seperti gangguan gizi dari ibu yang memiliki banyak pemikiran, tubuh ibu tidak dapat menanggapi nutrisi sampai kortisol tingkat tinggi yang membuat penyerapan nutrisi terhambat.

Risiko infeksi intrauterin

Ketika ibu stres dan tubuh memproduksi hormon kortisol yang sangat tinggi, itu juga dapat menyebabkan infeksi intrauterin. Infeksi ini berkembang dengan cepat dan kemudian dapat menyerang janin di dalam rahim. Karena tingginya kadar hormon juga dapat memicu masalah dengan ketuban yang pecah. Kemudian bakteri dari air ketuban akan menginfeksi bagian atas tubuh ibu dan risiko terhadap janin. Ini adalah infeksi yang sangat berbahaya sehingga Anda perlu mendapatkan perawatan sesegera mungkin.

Keguguran

Keguguran akan menjadi risiko ibu yang paling stres. Keguguran biasanya terjadi karena tekanan yang diterima ibu juga diterima oleh janin dalam kandungan. Belum lagi tingginya kadar kortisol dari ibu yang didistribusikan ke janin. Ketika keguguran terjadi, janin Anda akan mati dan tidak ada harapan.

Ini semua karena stres pada wanita hamil muda untuk janin. Karena semua efek ini sangat berbahaya bagi janin dan juga bagi ibu, lebih baik bagi ibu untuk mengontrol kondisi stres selama kehamilan. Terutama selama kehamilan adalah masa yang penting untuk perkembangan janin di dalam rahim.

Asalasah | Sumber:  https://hamil.co.id/kehamilan/kesehatan-bumil/akibat-stres-pada-ibu-hamil-muda

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia akibat stres pada ibu hamil muda"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel