Ini Dia gejala kanker hidung Yang Patut Kamu Waspadai

Asalasah ~ Sebelum membahas detail tentag gejala kanker hidung, kita bahas dulu penjelasan tentang kanker hidung. 

Apa itu kanker hidung ?

Kanker hidung, atau kanker nasofaring, terjadi ketika sel-sel yang melapisi nasofaring - area di belakang hidung dan tepat di belakang tenggorokan - menjadi kanker, "jelas Dr Terence Tan, Konsultan Senior, Departemen Onkologi Radiasi, National Cancer Centre Singapore (NCCS), anggota dari kelompok SingHealth. Secara umum, kanker hidung lebih banyak diderita pria daripada wanita, dan biasanya terjadi antara usia 35 dan 55 tahun. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang menderita kanker hidung, Anda mungkin secara genetis cenderung terkena kanker itu.


Gejala kanker hidung Yang Patut Kamu Waspadai

Jika Anda menunjukkan salah satu dari tanda dan gejala berikut, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk segera membasmi kanker hidung sebelum semakin buruk.

  1. Muncul Satu atau lebih benjolan tanpa rasa sakit di hidung atau di leher
  2. Obstruksi hidung atau tersumbat
  3. Sering mimisan 
  4. Dahak bernoda darah  
  5. Masalah pendengaran, seperti perubahan atau kehilangan pendengaran, dering di telinga
  6. Kesulitan bernafas atau berbicara atau menelan
  7. Sakit telinga atau kotoran telinga
  8. Sering sakit kepala
  9. Penglihatan kabur atau ganda
  10. Sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh
  11. Suara serak, kesulitan menelan
  12. Kelelahan
  13. Penurunan berat badan karena alasan yang tidak diketahui

Benjolan tanpa rasa sakit di leher adalah gejala paling umum dari kanker hidung

Pada 75 persen kasus kanker hidung yang baru didiagnosis, ada benjolan yang tidak nyeri di leher. Perhatikan bahwa beberapa tanda dan gejala yang tercantum di atas mungkin disebabkan oleh sejumlah masalah dan mungkin tidak menunjukkan adanya kanker. Namun, jika salah satu dari gejala-gejala ini berlanjut atau mengganggu Anda, silakan berkonsultasi dengan dokter, yang akan menilai apakah tanda dan gejala ini benar-benar kanker hidung atau bukan.

Perawatan dan Pencegahan Kanker Hidung 

Apa saja perawatan untuk kanker hidung? Dr Terence Tan, Konsultan Senior dari Divisi Onkologi Radiasi di Singapore General Hospital membagikan opsi perawatan kanker dan strategi pencegahan.

Dokter memiliki banyak cara untuk mengobati kanker hidung, diantaranya:
  • Radioterapi: menggunakan sinar-X berenergi tinggi atau jenis radiasi lain untuk membunuh sel kanker baik melalui cara eksternal (menggunakan mesin untuk mengirim radiasi ke arah kanker) atau cara internal (menggunakan zat radioaktif yang disegel dalam jarum, kapsul atau kateter dan ditempatkan dekat atau ke dalam kanker).
  • Kemoterapi: Ini menggunakan obat-obatan yang disuntikkan melalui pembuluh darah untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker.
  • Pembedahan: Ini melibatkan pengangkatan tumor kanker selama operasi.
  • Kombinasi perawatan di atas

Efek samping dari pengobatan kanker hidung, dan cara mencegah kanker hidung

Kadang-kadang ada efek samping yang timbul. Sebagai contoh, pasien yang menjalani radioterapi atau kemoterapi untuk kanker hidung dapat mengalami kerontokan rambut, mulut kering dan sakit, atau kehilangan rasa dan bau saat perawatan berlangsung. Dr Tan meyakinkan: “Efek samping bervariasi terhadap orang ke orang - jenis dan tingkat keparahan efek samping tidak ada hubungannya dengan keberhasilan pengobatan.”

Penyebab pasti dari kanker hidung juga tidak diketahui, jadi tidak ada cara pasti untuk mencegahnya. Namun, menghindari makanan yang diawetkan dengan garam dan daging yang diawetkan dapat membantu mengurangi risiko. “Juga, diet kaya buah-buahan segar dan sayuran hijau dapat menurunkan risiko kanker Anda,” saran Dr Tan. 

Terima kasih telah membaca di blog asalasah.

Asalasah | Sumber: https://www.healthxchange.sg/cancer/nose-cancer/treat-nose-cancer-prevent

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia gejala kanker hidung Yang Patut Kamu Waspadai"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel