Jurusan teknik pertanian dan Prospek Kerja Lulusannya

Asalasah ~ Dalam program studi Teknik Pertanian dan Biosistem Anda akan belajar pertanian dari sisi tekniknya, yang berarti, di sini Anda akan mempelajari alat-alat mesin yang digunakan dalam kegiatan pertanian. Tentu saja jika itu melibatkan "teknik" itu akan terkait dengan gambar teknik, instrumentasi, dan pemrograman. Tentunya itu juga tidak akan lepas dari ilmu agronomi. Intinya adalah ilmu teknik ini akan diterapkan di dunia pertanian. 

Di sini Anda akan belajar, mengembangkan, dan bahkan menciptakan teknologi yang dapat menyederhanakan dan meningkatkan produk pertanian.Contoh inovasi dalam teknik pertanian adalah teknik hidroponik sebagai media baru dalam penanaman, transplantasi untuk menanam padi menjadi lebih cepat, ke sumber energi biologis yang berasal dari tanaman untuk menyelesaikan krisis energi.

Mengapa Sebaiknya memilih kursus ini?

Jika Anda ingin belajar teknik tetapi di satu sisi juga ingin belajar pertanian, program studi ini adalah pilihan yang tepat. Pengetahuan yang diperoleh dari program studi Teknik Pertanian sangat lengkap dan tentunya sangat menarik untuk dipelajari karena tidak dapat dipungkiri bahwa kita hidup dari produk pertanian. Nasi yang kami masak, sayuran sehat, semuanya diperoleh dari produk pertanian. Inovasi dan pengembangan teknik untuk memfasilitasi proses pertanian, meningkatkan efektivitas dan kualitas pertanian, dan untuk memecahkan masalah pertanian sangat diperlukan. Karena itu jangan ragu untuk masuk program studi Teknik Pertanian.

Pelajaran di Teknik Pertanian dan Biosistem

1 Mekanisasi Pertanian
2 Pengetahuan Material Teknis
3 Termodinamika
4 Ekonomi Teknis
5 Gambar Teknik
6 Elektronik Industri
7 Mesin dan Peralatan Pemrosesan Produk Pertanian
8 Sistem Informasi Geografis
9 Instrumentasi & Kontrol Otomatis
10 Teknik Pasca Panen Hortikultura
11 Sistem Manajemen Rekayasa Pertanian
12 Teknik Pemetaan dan Penginderaan Jauh
13 Sosiologi Industri
14 Teknik Pengolahan Makanan
15 Teknik Pengemasan
16 Teknik Pendinginan dan Pembekuan
17 Energi Terbarukan
18 Teknik Hidroponik
19 Desain Rekayasa
20 Konservasi Lahan Pertanian
21 Teknik Irigasi dan Drainase

Prospek Pekerjaan Lulusan Teknik Pertanian dan Biosistem

Di Indonesia, yang telah lama dikenal sebagai negara pertanian yang subur, pertanian telah menjadi salah satu tulang punggung negara tersebut. Namun, pertanian yang dulunya makmur kini mulai terpinggirkan karena satu dan lain hal. Hingga negara kaya ini harus mengimpor banyak produk pertanian.

Dan bagi Anda yang ingin memasuki bidang pertanian, tentu saja merupakan tantangan untuk meningkatkan dan meningkatkan kualitas pertanian di negara ini. Banyak universitas di Indonesia mulai berkonsentrasi dan mengembangkan program studi yang berfokus pada pertanian.

Salah satu Program Studi Teknik Pertanian. Bagi Anda yang ingin memasuki program studi ini tidak perlu khawatir dengan prospek pekerjaan mereka di masa depan, selama Anda belajar dengan sungguh-sungguh maka Anda akan sukses di bidang ini.

Selama periode kuliah, Anda akan mempelajari beberapa mata pelajaran seperti: Rekayasa Sumber Daya Alam Pertanian, Teknik Biosystem, Sistem Manajemen Informasi Pertanian, Mikrobiologi Pertanian, Hidrologi, Teknik Irigasi, Mekanik Mekanik dan sebagainya.

Segera, berikut adalah beberapa prospek pekerjaan bagi lulusan Teknik Pertanian:

1. Private company / BUMN

Perusahaan yang membutuhkan lulusan Teknik Pertanian termasuk perusahaan Peralatan Industri Pertanian, Perusahaan Makanan, dan Perusahaan Perkebunan, Perusahaan Industri Pertanian.

Di perusahaan-perusahaan ini lulusan Teknik Pertanian dapat bekerja di bagian Quality Control atau Operasi dan Rekayasa.

2. Pegawai Negeri Sipil

Selain bekerja di perusahaan swasta, lulusan Teknik Pertanian juga dapat bekerja di lembaga pemerintah dan menjadi pegawai negeri atau pegawai negeri. Beberapa Instansi Pemerintah yang sesuai dengan kompetensi lulusan Teknik Pertanian meliputi Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Dinas Pertanian, dan lembaga penelitian pertanian.

3. Guru

Lulusan dari Teknik Pertanian juga dapat menjadi staf pengajar, baik menjadi guru di Sekolah Kejuruan Pertanian atau menjadi Dosen di Universitas, tetapi tentu saja harus setidaknya gelar master untuk menjadi Dosen.

4. Pengusaha

Menjadi wirausaha adalah hak semua orang, dan bagi Anda yang lulusan Teknik Pertanian juga memiliki peluang yang sama untuk menjadi wirausaha di bidang apa pun. Namun, tentu saja pertanian adalah bidang yang paling cocok bagi Anda untuk menjadi wirausaha dan mengembangkan sektor pertanian.

Asalasah | Sumber: https://www.kampuscenter.com/prospek-kerja-lulusan-keteknikan-pertanian/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Jurusan teknik pertanian dan Prospek Kerja Lulusannya"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel