Ketahuilah Ini Karakteristik Anak Down Syndrome Sejak Kecil

Asalasah ~ Apa saja Karakteristik Anak Down Syndrome ? Down syndrome adalah suatu bentuk masalah psikologis dan mental yang lebih tepat yang dapat terjadi pada anak-anak. Secara medis, sindrom down diidentifikasi sebagai kelainan genetik yang membuat penderitanya memiliki kecerdasan rendah dan bentuk kelainan fisik yang khas. Setiap pasien memiliki tingkat kelainan yang berbeda, beberapa di antaranya memiliki tingkat keparahan yang rendah dan sangat parah.

Down syndrome dapat dikenali melalui gejala gejala fisik saat masih bayi. Setiap anak Down Syndrome memiliki karakteristik yang hampir sama dan harus dipertimbangkan untuk membantu cara mendidik anak-anak dengan Down Syndrome . Berikut ini adalah penjelasan beberapa karakteristik anak down syndrome. yuk dibaca :

Memiliki bentuk fisik yang khas


Gangguan sindrom down dapat disebabkan karena masalah genetik pada kromosom 21 yang dapat dipicu oleh kondisi riwayat keluarga yang pernah mengalaminya atau karena memang ada kelainan genetik dari orang tua yang dilakukan pada anak. Salah satu ciri dan ciri anak down syndrome yang paling banyak terlihat adalah bentuk fisiknya yang khas.

Anak down syndrome memiliki ukuran kepala yang lebih besar, bagian belakang kepala terlihat tidak berkontur atau rata, memiliki ukuran telinga yang lebih kecil dan abnormal, dan sudut kepala bagian luar naik ke atas atau sering dikenal dengan mata berbentuk almond. Dengan ciri keterbelakangan mental   , seseorang dapat dikatakan menderita sindrom Down.

Aktivitas Yang Aneh 

Selain bentuk fisik yang khas, Karakteristik Anak Down Syndrome lainnya sering melakukan kegiatan khas seperti menjulurkan lidah mereka. Kebiasaan menjulurkan lidah pada anak down syndrome disebabkan oleh ukuran lidah yang lebar dan tebal tetapi memiliki mulut yang kecil sehingga lidah tidak dapat ditampung sepenuhnya oleh mulut. Down syndrome yang tidak ditangani dengan baik termasuk dalam berbagai jenis gangguan mental .

Memiliki cacat intelektual

Seperti dijelaskan dalam uraian di atas, orang dengan sindrom Down tidak hanya memiliki tubuh yang unik tetapi juga memiliki kondisi kecacatan intelektual yang berbeda dalam tingkat keparahan pada setiap individu. Perkembangan kognitif dan intelektual pada anak down syndrome secara keseluruhan memang terhambat dan bermasalah. Karena level-level yang berbeda ini membuat anak-anak down syndrome ada yang dapat bersekolah secara teratur tanpa harus bersekolah khusus untuk anak-anak dengan karakteristik anak-anak dengan kebutuhan khusus .

Mudah Terkena penyakit

Karakteristik Anak Down Syndrome lainnya yang juga sangat khas adalah mudah menderita penyakit. Tubuh anak dengan sindrom Down lebih rentan terhadap masalah medis tertentu seperti cacat jantung bawaan, masalah pernapasan dan pendengaran, penyakit Alzheimer atau penyakit degeneratif otak, leukemia yang terjadi pada anak-anak, epilepsi, dan kemungkinan masalah tiroid. Dengan karakteristik yang mudah terluka, peran orang tua sangat besar untuk dapat mencegahnya. Menjaga kebersihan anak-anak, memberikan nutrisi yang memadai, dan sering mengontrol kesehatan dengan dokter. Memperhatikan karakteristik ini adalah salah satu cara untuk menangani sindrom Down .

Memiliki anak Down Syndrome memang merupakan kondisi yang tidak diinginkan yang terjadi oleh setiap orang tua. Namun, meskipun ada karakteristik anak down syndrome yang dapat dikatakan buruk, setiap anak dengan sindrom Down yang lahir masih membutuhkan cinta orang tua dan berkembang seperti kebanyakan anak lainnya. 

Asalasah | Sumber: https://dosenpsikologi.com/karakteristik-anak-down-syndrome

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Ketahuilah Ini Karakteristik Anak Down Syndrome Sejak Kecil"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel