Makanan Manusia Akan Terbuat dari Udara dan Listrik di Masa Depan

Asalasah Lahan pertanian saat ini semakin berkurang karena banyak fungsi yang dikonversi menjadi perumahan, bangunan, atau hotel, dan seringkali tidak memperhatikan kelestarian lingkungan.

Penyempitan lahan pertanian menjadi perhatian perusahaan baru Finlandia bernama Solar Foods. Perusahaan berhasil membuat prototipe makanan futuristik yang terbuat dari udara dan listrik.

Makanan futuristik yang mereka ciptakan bernama Solein. Solein adalah protein yang terlihat seperti bubuk gandum.

Solein dibuat dari proses ilmiah di mana air dialiri listrik untuk menghasilkan karbon dioksida dan hidrogen. Selanjutnya, mikroba ditambahkan ke produk akhir yang akan berfermentasi seperti alkohol. Fermentasi kemudian diperoleh sebagai Solein.

Sebanyak 50 persen kandungan Solein adalah protein. Produk ini dapat digunakan dalam berbagai jenis makanan atau dicetak dalam berbagai bentuk.

"Ini adalah protein yang sangat unik dan berbeda dari produk lain. Jenis makanan baru ini tidak diproduksi dari proses pertanian atau budidaya konvensional," kata Kepala Eksekutif Makanan Surya Dr. Pasi Vainikka seperti dilansir Guardian.

Menurutnya Solein adalah solusi makanan yang sehat dan ramah lingkungan. Proses produksinya, per hektar 10 kali lebih hemat energi daripada fotosintesis. Dan 10 hingga 100 kali lebih ramah lingkungan dalam penggunaan air daripada produksi makanan hewani atau nabati.

Salah satu alasan mengapa daging sangat penting bagi diet kita adalah karena daging merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Solein juga mengandung semua asam amino esensial, tetapi karena diproduksi menggunakan karbon dioksida dan listrik.

Mereka juga mengklaim Solein dapat mengambil karbon langsung dari karbon dioksida tanpa perlu gula. Meski begitu, Solar Foods tidak berharap Solein dapat secara langsung menyaingi produksi daging dalam dua dekade mendatang.

Perusahaan yang berbasis di Helsinki ini berencana untuk membuka pabrik Solein pertamanya pada akhir 2021 dan meningkatkan produksi menjadi dua miliar makanan per tahun pada 2022.

Asalasah | Sumber: https://minews.id/di-masa-depan-makanan-manusia-terbuat-dari-udara-dan-listrik/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Makanan Manusia Akan Terbuat dari Udara dan Listrik di Masa Depan"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel