Manfaat Teh Melati serta Efek Sampingnya

AsalasahKita mungkin sudah akrab dengan teh melati. Ya, teh dengan aroma melati telah dikemas oleh sejumlah produsen menjadi minuman yang dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Lalu, apa manfaat teh melati untuk kesehatan? Pada dasarnya, teh melati bukanlah teh herbal, karena sebenarnya minuman ini diolah dari teh biasa (teh hijau, teh putih, teh hitam, atau teh oolong), hanya saja teh ini telah menambahkan aroma dan rasa melati yang unik.

Manfaat Teh Melati untuk Kesehatan


Salah satu alasan popularitas teh melati adalah manfaatnya yang cukup banyak untuk kesehatan. Manfaat teh melati berasal dari unsur-unsur nutrisi dalam teh organik. Sementara itu, mencampur teh dengan aroma melati adalah cara unik untuk menambahkan antioksidan, seperti katekin dan epicatechin ke tubuh Anda. Kedua zat ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Berikut ini beberapa manfaat teh melati untuk kesehatan Anda:

Khasiat Antioksidan

Mungkin unsur terbaik teh jasmin adalah kandungan antioksidan yang tinggi dalam minuman lezat ini. Salah satu antioksidan paling banyak dalam teh jasmin adalah katekin, serta yang ditemukan dalam teh hijau. Antioksidan bekerja dalam tubuh untuk mendeteksi dan menghancurkan zat berbahaya atau radikal bebas yang dapat memicu penyakit dan mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Kesehatan jantung

Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular di keluarga mereka, mengonsumsi teh melati dapat membantu mencegah masalah lebih lanjut. Katekin yang terkandung dalam teh melati adalah faktor kunci untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL, yang merupakan kolesterol jahat. Kolesterol dapat memicu radang arteri dan pembuluh darah, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Katekin dalam teh melati dapat menghambat proses ini.

Pencegahan Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh, seperti teh melati, dapat membantu mencegah kanker, karena mengandung polifenol, seperti epigallocaatechin gaallate (EGCG) yang berada di garis depan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan zat karsinogenik lainnya dalam tubuh. Teh melati dari teh hijau dipercaya dapat mengurangi risiko kanker payudara, kanker paru-paru, dan sebagainya

Prevention of Diabetes

Teh Jasmin juga merupakan salah satu cara untuk meminimalkan efek diabetes pada protein serum. Minuman ini berfungsi sebagai pengatur sekaligus alat untuk mencegah diabetes. Manfaat teh melati berasal dari kemampuannya untuk memetabolisme glukosa yang memicu kondisi diabetes.

Meringankan stres

Penelitian menunjukkan bahwa aroma melati dapat bermanfaat untuk menciptakan rasa nyaman dan tenang.


Teh melati bermanfaat untuk menghilangkan stres

Mekanisme ini berasal dari respons parasimpatis terhadap aroma melati. Pada orang yang menyukai aroma ini, akan ada pelepasan bahan kimia tertentu yang membuat mereka merasa santai secara alami dan meningkatkan suasana hati mereka. Namun, teh melati tidak disarankan untuk orang yang tidak menyukai aroma bunga ini, karena aroma melati justru dapat memperburuk suasana hati.

Selain 5 manfaat teh melati di atas, masih ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi teh melati (tentu saja, tanpa pemanis). Diantaranya adalah meningkatkan imunitas, meringankan gangguan pencernaan, dan membantu proses diet.

Efek Samping dari Teh Jasmine

Namun, teh melati juga tidak disarankan untuk orang tertentu, seperti wanita hamil. Efek samping teh melati pada wanita hamil berasal dari aroma kuat dan bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Diantaranya adalah risiko kontraksi prematur, dan gangguan pencernaan (terutama saat dikonsumsi saat perut kosong).

Konsumsi teh melati juga tidak disarankan untuk orang yang sensitif terhadap kafein. Jadi, jika Anda sedang hamil atau menyusui atau Anda sensitif terhadap kafein, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi teh melati.

Asalasah | Sumber:  https://www.utakatikotak.com/kongkow/detail/6042/5-Manfaat-Teh-Melati-dan-Efek-Samping-Yang-Harus-Diwaspadai-

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Teh Melati serta Efek Sampingnya"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel