Mengapa Sebaiknya Menutup mulut ketika tidur ?

Asalasah ~ Akhir-akhir ini masyarakat dengan hangat membahas manfaat di balik Buteyko Bernapas atau tidur dengan mulut diplester.

Buteyko Breathing menjadi buah bibir di komunitas yang lebih luas karena metode seperti itu dianggap aneh dan tampaknya berbahaya.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai fakta medis di balik metode Buteyko Breathing.

Metode Buteyko Breathing didasarkan pada asumsi bahwa banyak masalah medis, termasuk asma, disebabkan oleh peningkatan laju pernapasan kronis atau pernapasan yang lebih dalam (hiperventilasi).

Namun, teori ini tidak didukung secara luas di dunia medis karena kurangnya bukti kuat yang mendukung teori di balik metode yang sebenarnya telah dikembangkan selama 40 tahun.

Metode ini dikatakan mampu melatih kembali pola pernapasan melalui latihan pernapasan yang dalam dan berulang untuk memperbaiki hiperventilasi.

Menurut pendukung metode ini, itu akan mengobati atau menyembuhkan asma dan kondisi lain, seperti Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) yang cenderung disebabkan oleh hiperventilasi.

Inti dari metode Buteyko Breathing adalah serangkaian latihan teknik pernapasan yang berfokus pada pernapasan hidung, pernapasan, dan relaksasi.

Penelitian yang dilakukan oleh Metode Buteyko Institute menunjukkan bahwa beberapa pasien dengan keluhan mendengkur atau mendengkur dapat dibantu untuk bernapas lebih lembut dan lancar ketika mereka bangun dengan teknik Buteyko Breathing. Ini juga mengarah pada perubahan pola pernapasan saat tidur.

Namun sebenarnya, orang dengan masalah penyumbatan jalan nafas akan memiliki beberapa gejala, salah satunya adalah mendengkur.

Dalam hal ini, seseorang dengan jalan napas tersumbat akan merasa tidak nyaman ketika menutup mulutnya dengan selotip selama tidur. Ia akan merasakan sesak dan nafas cenderung terengah-engah, bahkan bangun dari tidur.

Coba Baca tulisan seorang yang telah mencoba teknik ini.

Semalam saya bertemu sahabat lama, saya perhatikan dia sering menarik napas panjang & ada bunyi tersumbat dlm hidungnya.

Saya langsung menebak bahwa ia terbiasa bernapas dgn mulut, & tebakan saya dibenarkan dia & istrinya.



Hari ini di perjalanan ke Bandung dengan travel saya memperhatikan 4 orang yg terlelap & semuanya dengan mulut terbuka.

Teringat masa kecil & remaja saya, bahkan sampai beberapa tahun lalu saya masih menggunakan mulut utk bernapas, mouth breather istilah kerennya.

Sudah tak terhitung banyaknya antibiotik yg masuk ke tubuh ini krn tenggorokan infeksi, disertai mulut kering sewaktu bangun, aroma mulut tak sedap, belum lagi energi yg drop, tidur malam terbangun2 dll.

Ketika menyadari kerugian besar ini, saya berkata pada diri sendiri " gobind, gobind kemana aja selama ini kamu?" Saya belajar banyak hal tentang kesehatan tubuh & pikiran namun hal yg terjadi dari kecil pada diri tidak saya sadari.

Setelah mendalami teknik bernapas Buteyko , saya semakin mengerti berbagai keuntungan bernapas dengan hidung, dan untuknya saya rela setiap malam menyisikan waktu memplester mulut.

Seorang peserta buteyko Breathing Course melakukan penelitian terhadap suara dengkurannya melalui Apps snorelab, dan hasilnya fantastis, dari skala 32 turun menjadi 7.

Peserta yg lain, Dokter Yussy membandingkan kenyenyakan tidurnya sebelum dan sesudah berlatih buteyko, dan hasil yg diukur melalui hp & smart watch nya adalah tidurnya lebih nyenyak, bangunnya lebih segar.

Tidur dengan mulut terbuka pada anak selain menimbulkan banyak gangguan kesehatan juga akan mempengaruhi keteraturan gigi bahkan bentuk wajah. Hal ini dibenarkan oleh seorang dokter gigi.


Bagi beberapa orang memplester mulut terlihat ngeri, dan biasaya muncul bbrp pertanyaan "kalau tidak bisa napas bagaimana?" Seperti yg selalu terjadi, di dunia ini yg paling berat bukan menjalani tapi mikirin sesuatu yg belum dijalani.

Jadi kalau takut, gunakan plester secara horisontal ,gunakan plester micropore secara vertikal dulu.

Bagi yg sudah biasa mencoba, akan bilang, "tidur tanpa plester bukanlah tidur" 😁

Asalasah | Sumber: https://www.instagram.com/p/BziBTlRj8On/?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Mengapa Sebaiknya Menutup mulut ketika tidur ?"

  1. Anapoker selalu memanjakan setiap membernya dengan menyediakan aplikasi Android, ipad dan Iphone hingga proses deposit dan withdraw secara cepat

    Daftar sekarang dan dapatkan Bonus deposit untuk Member baru ANAPOKER!!

    Contact Anapoker Sekarang
    Whatsapp : 0852 2255 5128
    Line ID : agenS1288
    Telegram : agenS128

    Kunjungi Situs Games Online Uang Asli Terpercaya Lainnya :
    link alternatif sbobet

    sbobet alternatif

    login sbobet

    link sbobet

    sabung ayam online

    adu ayam

    casino online

    poker deposit pulsa

    deposit pulsa poker

    deposit pulsa

    deposit pulsa

    deposit pulsa

    BalasHapus

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel