Pedal Gas Bergetar Ketika Injak Rem ? Kenapa Bisa ?

Asalasah ~ Saat berkendara dengan kecepatan tinggi, pengemudi mobil sering melakukan pengereman mendadak. Ketika ini harus dilakukan, dampak pedal rem akan terasa sedikit bergetar.

Apakah ini fenomena kerusakan pada rem, atau hanya normal?

Sugihartono, Teknologi Hasil Pelatihan Tim PT Sokonindo Automobile menjelaskan bahwa fenomena ini sangat normal, karena sebenarnya menunjukkan para ABS atau Brake Anti-lock Sistem dan ESP atau Stability Program Listrik sistem bekerja dengan baik.

"Dibandingkan dengan sistem rem konvensional, sistem ABS dipasang dengan motor dan modul antara rem dan roda. Perangkat inilah yang mengatur tekanan pada roda. Ketika ada rem mendadak, ABS akan mempertahankan kondisi roda. Jadi ketika roda mengunci, tekanan akan diambil, "jelas Sugihartono, saat istirahat pada diskusi berjudul" Pembedahan Konsumen SUV Indonesia ", di dealer DFSK Pondok Indah, Jakarta, Jumat (7/12/2019).

Sugihartono menambahkan, roda yang terlalu tinggi rotasi akan diredam. Saat motor bekerja dan menghasilkan tekanan, dampaknya adalah getaran pada pedal rem.

"Itu situasi yang sangat normal. Jadi pedal akan bergetar," jelasnya.

Sementara pedal rem bergetar pada tipe konvensional sebenarnya menunjukkan permukaan rem cakram yang tidak rata. Ketika kanvas rem menjepit disk, dampak pada komponen ini tidak merata. Kondisi ini memicu getaran yang terasa pada pedal.

Kondisi ini juga dapat mengakibatkan berkurangnya fungsi rem untuk menghentikan kendaraan. Permukaan rem cakram yang tidak rata umumnya terjadi karena kurangnya perawatan.

Asalasah | Sumber:  https://www.suara.com/otomotif/2019/07/12/180000/pedal-bergetar-saat-ngerem-mendadak-bisa-pertanda-kerusakan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pedal Gas Bergetar Ketika Injak Rem ? Kenapa Bisa ?"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel