Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Berdasarkan Tingkat Keparahan

Asalasah Luka bakar adalah salah satu kecelakaan paling umum yang terjadi setiap hari. Luka bakar dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Tetapi banyak dari kita masih tidak tahu bagaimana memberikan pertolongan pertama untuk luka bakar yang tepat. Berikut ini akan dijelaskan cara memberikan pertolongan pertama pada luka bakar sesuai dengan tingkat keseriusan luka.

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Ringan



Luka bakar minor adalah luka bakar dengan karakteristik memiliki area luka tidak lebih dari 8 cm. dan biasanya luka bakar rigan hanya melukai kulit luar. Gejala luka bakar jenis ini biasanya ditandai dengan kemarahan, rasa sakit dan pembengkakan. Contoh luka bakar minor adalah luka bakar yang disebabkan oleh sengatan matahari langsung atau luka bakar yang terpapar besi panas atau kepanasan.

Cara Mengatasi Luka Bakar Ringan
Luka bakar ringan umumnya tidak memerlukan perawatan lebih lanjut di rumah sakit. Secara umum, luka bakar ringan dapat dirawat di rumah dengan cara yang benar dan memperhatikan beberapa hal termasuk:
  • Pendinginan Luka Bakar adalah hal pertama yang harus dilakukan. Pendinginan Luka bakar ini bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit. Untuk mendinginkan luka Anda bisa meletakkan handuk yang dibasahi air dingin pada luka. Menaruhnya di atas air mengalir juga bisa dilakukan untuk mendinginkan luka. Jangan gunakan pasta gigi, atau es batu untuk mendinginkan luka bakar.
  • Setelah dingin, bersihkan dengan kapas bersih dan oleskan salep pada luka bakar yang bisa Anda beli di apotek.
  • Ulangi salep beberapa hari kemudian sampai luka sembuh.
  • Jika ada luka yang melepuh, jangan patah karena berisiko menyebabkan infeksi.
  • Jika ada luka yang pecah dengan sendirinya, cuci dengan air mengalir bersih dan oleskan kembali salep untuk luka bakar.
  • Anda dapat minum obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol dan asam mefenamat untuk mengurangi rasa sakit yang mungkin timbul.

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Sedang


Luka bakar sedang adalah luka bakar yang sedikit lebih serius daripada luka bakar ringan. Luka bakar ini biasanya ditandai dengan kulit melepuh, sangat sakit dan kemerahan.

Jenis luka bakar ini membutuhkan perawatan medis darurat sesegera mungkin, terutama jika luka bakar tersebar luas di daerah-daerah tertentu seperti tangan, wajah, selangkangan dan bagian vital lainnya. Berbeda dengan cedera ringan, waktu pemulihan luka bakar sedang juga lebih lama, yaitu lebih dari tiga minggu.

Cara Mengatasi Luka Bakar Sedang
Meskipun mereka harus segera mendapatkan bantuan medis di Rumah Sakt, penderita luka bakar sedang juga harus diberi pertolongan pertama. Untuk mengurangi risiko cedera berkelanjutan. Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memberikan pertolongan pertama pada luka bakar sedang termasuk:

  • Sama seperti pertolongan pertama pada luka bakar ringan, dinginkan area luka bakar dengan handuk selama sekitar 15 menit atau dinginkan ke air mengalir dan jangan gunakan pasta gigi atau es batu.
  • Jangan membungkus luka jika ada luka bakar terbuka, karena akan berisiko perban menempel.
  • Tetapi jika Anda berada di tempat di mana ada banyak debu, Anda dapat membungkusnya dengan kain kasa tipis, atau meminta bantuan dari dokter dan perawat untuk membalutnya.
  • Oleskan salep bakar khusus yang bisa didapat di Apotek.
  • Setelah melakukan pertolongan pertama, konsultasikan dengan dokter segera jika ada lepuh yang signifikan, jika luka bakar cukup luas, atau jika infeksi terjadi dalam bentuk pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit yang parah.
  • Dokter mungkin memberikan perawatan dalam bentuk rasa sakit atau antibiotik.

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Berat

Luka bakar parah adalah luka bakar serius yang biasanya disebabkan oleh pembakaran langsung oleh api. Jika luka bakar ringan dan sedang, itu hanya membakar lapisan kulit, bukan dengan luka bakar parah. Luka bakar yang parah merusak seluruh jaringan kulit, lemak, dan untuk kasus yang sangat serius, bahkan luka bakar dapat membakar otot dan tulang. Dalam beberapa kasus, korban tidak dapat lagi ditolong karena kondisi luka yang sangat serius.

Cara mengatasi luka bakar parah
Meskipun sulit dan para korban luka bakar yang parah harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan bantuan segera, kami masih harus memberikan perawatan atau pertolongan pertama untuk meminimalkan risiko membakar koran. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan yang perlu dilakukan sebelum melarikan diri ke rumah sakit meliputi:

  • Jauhkan korban dari sumber api atau area yang berdekatan dengan api atau asap.
  • Pastikan korban dapat bernapas dengan lancar.
  • Berikan bantuan pernapasan jika mungkin dan sangat diperlukan.
  • Segera lepaskan perhiasan, ikat pinggang, atau aksesori di sekitar area yang terbakar.
  • Untuk menghindari hipotermia, jangan beri air dingin untuk luka bakar yang luas. Ini juga dimaksudkan untuk mencegah tekanan darah dan aliran darah agar tidak turun secara dramatis.
  • Bungkus atau tutup luka bakar dengan kain bersih atau selotip.
  • Hanya gunakan salep atau obat yang direkomendasikan oleh dokter.
  • Baringkan pasien dengan kaki terangkat setidaknya 40 cm, Gunakan selimut atau jas pada tubuh pasien.
Demikianlah beberapa cara di mana pertolongan pertama terbakar. Hal terpenting yang harus dilakukan dalam memberikan pertolongan pertama adalah melakukan segalanya dengan tenang dan selalu ingat untuk tidak menggunakan pasta gigi, mentega, atau es batu.
Asalasah | Sumber:  https://www.shunt-magetan.org/pertolongan-pertama-pada-luka-bakar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Berdasarkan Tingkat Keparahan"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel