Urutan Pakai Produk Skincare Yang Benar

AsalasahDi masa lalu, langkah-langkah untuk perawatan kulit dan urutan penggunaannya hanya pembersih wajah, toner, dan pelembab. Sekarang? Serum, penguat, esensi, lotion hingga ampul muncul untuk memenuhi kebutuhan kulit. Bahkan, negara yang berbeda kadang-kadang memiliki istilah yang berbeda, terutama di Asia yang memiliki lebih banyak product perawatan kulit than America or Europe.


Memang, kulit wanita Asia tidak bisa dibandingkan dengan kulit wanita Kaukasia. Kulit kita cenderung lebih mudah menerima produk dengan tekstur ringan. Tidak mengherankan, untuk hal-hal yang berkaitan dengan rutinitas perawatan wajah, wanita Asia membutuhkan lebih dari 5 lapisan produk. Masih sering bingung apa fungsi dari setiap product perawatan kulit  dan urutan penggunaan sudah benar? Apakah Anda perlu menggunakan semuanya?

1. Exfoliating Toner
Pengelupasan toner digunakan untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan memperjelas garis-garis halus pada kulit. Toner pengelupasan mengandung berbagai asam yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Misalnya, kandungan asam salisilat baik untuk jerawat dan bekas jerawat, asam glikolat baik untuk merangsang produksi kolagen. Toner seperti ini dapat digunakan setiap hari, sekali setiap 2 hari atau sesuai dengan jenis kulit dan konten yang terkandung dalam toner.

2. Hydrating Toner / Lotion / Skin Toner
Toner pelembab diperlukan untuk mengembalikan kelembapan dan menyeimbangkan pH kulit. Ada beberapa istilah populer untuk melembabkan toner. Istilah Lotion umumnya digunakan oleh merek-merek Japan , dan Skin Refresher umumnya ditemukan dalam produk-produk Korea. Teksturnya sedikit lebih tebal. Biasanya digunakan langsung pada telapak tangan, lalu tepuk dengan lembut dan halus pada kulit wajah hingga terserap.

3. Booster
Booster berfungsi untuk memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh kulit dan menyiapkan kulit untuk menerima produk perawatan kulit yang akan digunakan sesudahnya. Teksturnya juga bervariasi, ada yang cair, agak tebal, bahkan gel. Cara menggunakannya sama seperti menghidrasi toner, tepuk-tepuknya di kulit wajah secara perlahan.

4. Serum
Serum memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada produk lainnya. Setiap serum memiliki kandungan yang ditargetkan untuk kebutuhan kulit yang lebih spesifik, seperti serum yang mengandung vitamin C untuk mencerahkan kulit, atau serum yang mengandung ekstrak siput yang dikenal dapat memperbaiki struktur kulit dan mengurangi pori-pori.

5. Essence
Ada beberapa merek yang memiliki esensi, tetapi tidak memiliki serum, dan sebaliknya. Keduanya tidak jauh berbeda dan kembali ke kebijakan masing-masing merek. Tetapi untuk merek yang memiliki serum dan juga esensi, esensi memiliki konsentrasi konten aktif yang sedikit lebih rendah dari serum. Teksturnya juga bervariasi, ada yang cair, sedikit lebih tebal, hingga gel.

6. Ampoule
Ampul dikenal sebagai produk yang memiliki konsentrasi bahan aktif tertinggi. Ukurannya biasanya yang terkecil dan tekstur cairannya paling banyak dibandingkan dengan serum dan esensi sehingga mudah diserap.

7. Emulsion
Emulsi juga dikenal sebagai pelembab ringan. Teksturnya cukup cair seperti susu yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Di Korea, pelembab ringan atau emulsi dikenal sebagai lotion. Meskipun di Jepang, istilah lotion digunakan sebagai toner. Jangan mengubahnya, ya. Perhatikan asal-usul merek yang Anda gunakan agar tidak disalahgunakan. 

8. Moisturizer
Pelembab yang dikenal dikenal sebagai pelembab. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, pilih pelembab dengan tekstur gel, sedangkan untuk pemilik kulit kering, pilih tekstur yang creamy.

9. Facial Oil
Bisakah Anda menggunakan minyak di wajah Anda? Tidak lagi berminyak, ya? Mungkin 2 pertanyaan itu sering dipertanyakan sebelum kita mulai mencobanya. Minyak wajah, seperti namanya, ditargetkan pada kulit wajah. Teksturnya lebih ringan dan mudah menyerap pada kulit. Kami hanya perlu 2 - 4 tetes untuk seluruh wajah.

10. Sleep Masks
Masker Tidur adalah langkah terakhir dalam perawatan perawatan kulit rutin yang penting digunakan untuk melembabkan dan meningkatkan tekstur kulit selama proses regenerasi. Jenis topeng ini biasanya memiliki tekstur seperti gel, digunakan dengan cara meratakannya di seluruh wajah, lalu membiarkannya semalaman, dan membilasnya pada hari berikutnya.

Lalu seperti apa urutan penggunaannya?
Mudah, selalu ingat untuk menggunakan produk dari tekstur yang paling ringan, kemudian lanjutkan dengan produk yang lebih tebal atau lebih tebal dalam tekstur. Gunakan produk pada wajah yang bersih setelah pembersihan ganda dan sesuaikan bagaimana produk digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Exfoliating Toner -> Hydrating Toner -> Booster -> Ampoule -> Serum -> Essence -> Emulsion -> Moisturizing Oil / Face -> Sleeping Masks 

Asalasah | Sumber:  https://journal.sociolla.com/beauty/10-macam-skincare-dan-urutan-pakainya/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Urutan Pakai Produk Skincare Yang Benar"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel