Ngerinya Angin Sangkut di Dada, Bikin Jantung Berhenti di Usia Muda

Asalasah ~ Kali ini asalasah akan share pengalaman yang cukup aneh dan semoga bisa jadi pelajaran juga bagi yang lainnya. Karena penyakit ini sudah diceritakan ke dokter pun masih belum ada hasil diagnosanya. Akhirnya berhasil menemukan solusi sendiri dengan cara yang sederhana.

Sudah beberapa kali serang aneh ini terjadi, saat berkendara juga saat salat. Tiba-tiba jantung serasa berhenti dan pasokan darah ke seluruh tubuh terasa seperti tidak sampai dan muncul gejala lemas, down, seakan mau hilang/pingsan/mati. Setelah peristiwa tersebut pun bukannya enakan, tapi jantung terasa bekerja begitu keras. Jumlah senyut masih sama seperti normal, tapi ketukan pompa atau denyutnya itu begitu terasa sehingga tidak dapat tidur dengan nyaman. Sambil tidur pun sesekali masih menimbulkan gejala jantung serasa berhenti dan pasokan darah tidak sampai.

Sumber : pexels.com

Padahal gaya hidup sehari-hari sudah begitu sehat usia masih muda, 20-an, berat badan dan bentuk badan juga ideal, olahraga rutin hampir setiap hari, tidak begadang, bangun pagi subuh berjamaah, makan tidak telat. Tapi juga bisa terkena penyakit dengan gejala mengerikan ini. Mungkinkah kebiasaan minum kopi sachet yang rutin dilakukan menjadi pemicunya? hmm

Sudah googling sana-sini menjelaskan gejala penyakitnya, tapi tidak ada satupun kriteria yang sesuai dengan gejala yang diderita. Dari penyaki jantung, kanker hingga auto imun, Alhamdulillah tidak satupun gejalanya yang sesuai. Jika rata-rata sakit degeneratif tersebut menimbulkan gejala perubahan fisik seperti bintik merah dan bengkak, maka penyakit yang saya derita ini tidak ada perubahan apapun pada fisik. Tidak ada demam, ruam, bintik, bengkak atau lainnya. Tapi penyakit ini muncul terus dan bawaannya down, lemas, merasa bisa drop tiba-tiba.

Sampai pernah berada di titik merasa akan mati karena penyakit jantung ini. Upaya berobat ke rumah sakit juga sudah dilakukan. Sudah pernah masuk IGD di rumah sakit kecil yang dekat dengan rumah, dilanjutkan berobat ke puskesmas, di rujuk ke spesialis jantung di klinik, lanjut di rujuk ke rumah sakit provinsi. Namun sampai saat artikel ini ditulis, belum ada hasil diagnosa, 1 minggu lebih tidak tahu apa yang salah. Hingga akhirnya berhasil menemukan solusi mudah saat muncul gejala penyakit tersebut.

Ternyata, ketika gejala aneh ini akan terjadi, penderita harus menggosok-gosok dadanya. Setelah dadanya digosok akan ada terasa ada pergerakan halus di bawah jantung, di samping rongga dada. Ada bunyi dan pergerakan halus seperti angin. Sudah beberapa kali ketika gejala itu akan terjadi lagi, Alhamdulillah bisa hilang setelah dadanya digosok-gosok. 

Sejauh ini, sudah 1 hari mengetahui solusi tersebut, yang bisa dilakukan cuma menggosok-gosok dada jika gejala dropnya mau terjadi lagi sambil menunggu diagnosis dokter. Mungkin ini juga bisa informasi tambahan untuk diceritakan kepada dokter spesialis jantung agar dirujuk ke penyakit dalam saja. Atau bisa jadi sembuh tanpa obat-obatan.

Karena hal ini pun hipotesis awal yang menduga ini penyakit jantung berpindah mungkin ini penyakit dalam atau hanya angin sangkut biasa. Karena bisa reda sendiri dengan digosok dadanya. Hanya saja ketika kejadian yang parah itu masih belum tahu jika solusinya harus digosok-gosok dadanya. Hal lain yang semakin mendukung jika penyakit ini cuma angin saja yaitu, ketika dada sesak dan jantung serasa berhenti, tubuh mulai berkontraksi dan menghasilkan gas, bawaannya pingin buang angin dan air besar. 

Logikanya, ini mungkin angin/gas menghambat sirkulasi darah, tubuhpun berkontraksi hebat memaksa fisik angin yang menghambat ini pindah atau dibuang. Padahal bisa kita bantu dengan menggosok dada, sehingga tumpukan angin ini bubar atau pecah dalam bentuk kecil sehingga mudah dibawa. Begitulah tubuh yang Allah ciptakan ini begitu luar biasa, ada sistem yang aktif berkontraksi menggesser angin sangkut ini untuk memastikan jantung terus dapat memompa darah dengan lancar.

Sekian pengalaman yang bisa asalasah ceritakan di artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi penderita lain yang mungkin juga kelamaan tidak mendapatkan kepastian pengobatan. Semoga kita semua selalu dalam naungan rahmat dan perlindungan Allah subhanahu wa ta'ala. Amin - Asalasah  22 Januari 2020
Maverick Unemployed, but i am happy

1 Komentar untuk "Ngerinya Angin Sangkut di Dada, Bikin Jantung Berhenti di Usia Muda"

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel