12 Manfaat Melon Bagi Kesehatan Tubuh

AsalasahManfaat melon bagi kesehatan belum banyak diketahui. Kebanyakan orang mengkonsumsi melon ini hanya sebagai camilan sebelum atau sesudah makan. Selain menyegarkan saat dikonsumsi, ternyata melon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Masalahnya adalah bahwa ada banyak nutrisi yang terkandung dalam melon ini. Salah satu manfaat melon adalah dapat memberi nutrisi pada kulit dan rambut Anda.


Bukan hanya menawarkan rasa manis. Banyak manfaat melon lain yang bisa Anda rasakan jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Ada beberapa nutrisi yang terkandung dalam melon ini. Melon memiliki kandungan yang sebagian besar atau hampir 95 persen mengandung air. Selain itu, melon juga kaya akan vitamin. Beberapa vitamin terkandung dalam melon seperti vitamin A, C, E, K, folat, dan niasin.

Berikut asalasah kumpulkan 12 Manfaat Melon Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menormalkan kadar gula darah
Konsumsi melon secara rutin terbukti mampu menjaga kadar gula darah tetap normal. Bahkan, Anda memiliki peluang terhindari dari diabetes 12 persen lebih besar dibanding orang yang jarang makan buah melon.Memang, karbohidrat dalam melon dapat meningkatkan kadar gula darah sementara. Namun kandungan serat dan nutrisi lain di dalam buah melon mampu menjaga kadar gula darah Anda tetap normal dalam jangka panjang.

2. Meningkatkan sistem imun
Selain menyehatkan kulit, vitamin C juga dapat meningkatkan sistem imun. Bahkan, terdapat penelitian yang mengatakan konsumsi melon secara rutin dapat memperkecil risiko Anda terkena penyakit pernapasan, seperti pneumonia dan pilek.

3. Memperlancar pencernaan
Serat yang terdapat pada melon membantu saluran pencernaan agar bekerja lebih efektif dan merangsang pertumbuhan bakteri baik pada saluran cerna. Namun dibanding jenis buah lainnya, jumlah serat pada melon tergolong kecil, yakni hanya mencukupi 5% dari kebutuhan harian.

4. Menyehatkan mata
Melon mengandung dua antioksidan yang kuat, yakni lutein dan zeaxanthin yang membuat mata lebih sehat dan mencegah mata rabun pada usia dini. Manfaat melon yang satu ini terutama bisa Anda dapatkan pada melon jenis honeydew yang banyak beredar di Indonesia.

5. Tinggi kandungan kalium
Kekurangan kalium dapat menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur dan aliran darah tidak lancar. Nah, salah satu manfaat buah melon adalah mengandung dosis kalium seimbang untuk tubuh, pada satu cangkir (100 gram) daging buahnya. Kalium dalam melon ini juga membantu mencegah naiknya tekanan darah. Anda bisa memodifikasi buah melon, semangka, dan blewah sebagai menu salad sarapan pagi Anda.

6. Sebagai cairan elektrolit
Buah melon terdiri atas 90% air dan sisanya elektrolit, seperti potasium, magnesium, sodium, dan kalsium. Hal in membuat melon cocok dikonsumsi seusai berolahraga atau ketika Anda berada dalam masa penyembuhan karena melon mampu membuat Anda terhidrasi dalam jangka waktu yang lama.

7. Menyehatkan kulit
Manfaat buah lemon lainnya berhubungan dengan kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya, yakni menyehatkan kulit. Vitamin C dapat mendorong produksi kolagen yang berperan dalam regenerasi kulit. Konsumsi 177 gram melon per hari diklaim bisa memenuhi 53 persen kebutuhan vitamin C harian Anda.

8. Mengandung vitamin C
Buah melon mengandung vitamin C yang berguna baik untuk  kesehatan. Perharinya, Anda bisa mengonsumsi satu cangkir melon, yang sama dengan kebutuhan harian vitamin C Anda. Vitamin C berguna baik untuk tubuh, karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit serta infeksi yang menyerang.

9. Menyehatkan tulang
Melon mengandung folat, vitamin K, dan magnesium yang terbukti mampu menguatkan tulang. Folat, misalnya, dapat menghancurkan enzim homosistin yang dapat mengurangi kepadatan tulang jika terkadung terlalu banyak di dalam tubuh.

Sementara vitamin K pada melon dapat meningkatkan produksi protein dalam tulang yang disebut osteokalsin. Melon juga mengandung nutrisi lain yang juga dibutuhkan oleh tulang, seperti kalsium, fosfor, dan zinc, tapi jumlahnya sangat kecil.

10. Baik untuk yang sedang diet
Buah melon mengandung sejumlah serat yang membantu mengatur pencernaan serta menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan. Pencernaan yang baik, biasanya berhubungan juga dengan buang air secara teratur. Artinya, dengan makan buah melon, bisa  mengurangi kemungkinan adanya masalah pencernaan, seperti sembelit contohnya.

Selain itu, melon juga merupakan buah yang rendah kalori. Jadi kalau ingin diet, boleh Anda memperhitungkan melon sebagai asupan diet. Manfaat buah melon ini akan banyak membantu tubuh untuk menjaga kestabilan berat badan, serta menghindari tubuh dari penyakit-penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi bahkan hingga kanker.

11. Kaya kandungan vitamin B6
Seperti vitamin B lainnya, vitamin B-6 berfungsi sebagai koenzim, enzim yang berguna untuk mengaktifkan proses kimia. Enzim ini digunakan salah satunya untuk memetabolisme protein. Vitamin B-6  dalam buah melon, penting untuk merangsang sistem saraf serotonin, neurotransmitter yang membantu mengatur mood dan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Selain itu kandungan vitamin B-6 pada buah melon dapat mengubah kandungan homosistein menjadi zat bermanfaat menjadi asam aminio yang baik untuk tubuh. Penting untuk mengubah zat homosistein, karena zat tersebut sering dikaitkan dengan adanya risiko peningkatan masalah kardiovaskular. Selain vitamin B6, melon juga mengandung vitamin B1 dan vitamin B3 yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

12 Baik untuk ibu hamil
Selama kehamilan, tubuh seorang ibu membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang lebih tinggi daripada biasanya. Kondisi ini juga harus diperhatikan, karena ini adalah periode di mana tubuh ibu hamil harus mendapat nutrisi maksimal akibat imunitas yang cenderung lebih lemah dari biasanya.

Dengan makan buah melon, ibu dapat memberikan tubuh sejumlah nutrisi penting selama kehamilan. Salah satu contohnya, kandungan kalium melon yang menjaga kesehatan jantung, serta vitamin C yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika Anda ingin sehat melahirkan anak yang sehat, disarankan untuk makan 100 gram melon perharinya.

Maverick Unemployed, but i am happy

Belum ada Komentar untuk "12 Manfaat Melon Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel