4 Olahraga Mata Untuk Menjaga Kesehatan Mata

AsalasahBagi Anda yang sangat sering menghabiskan waktu di depan komputer atau gadget Anda, sangat penting untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan mata Anda. Bagi sebagian orang menatap monitor dalam waktu lama dapat menyebabkan kelelahan, menyengat mata hingga pusing. Dan jika Anda termasuk dalam kategori ini, menjaga kesehatan mata Anda adalah prioritas tertinggi. Meskipun saat ini Anda tidak memiliki masalah dengan mata Anda, alangkah baiknya jika kita mengambil tindakan pencegahan sejak awal. Karena untuk menjaga kesehatan kita tidak perlu menunggu penyakit dulu.


Salah satu bentuk menjaga kesehatan mata adalah dengan melakukan latihan mata. Olahraga mata penting untuk menjaga fungsi mekanik dan optik. Rajin dalam olahraga mata juga meningkatkan kemampuan fokus mata. Fungsi mekanis mata adalah kemampuan untuk tetap dalam kondisi stabil dengan mengoordinasikan dan memperkuat otot-otot mata. Sedangkan fungsi optiknya adalah kemampuan mata untuk mengoordinasikan kedua mata dalam meningkatkan visual yang dihasilkan. Dengan kemampuan optik, mata dapat mengirim gambar 3 dimensi dan mengirimnya ke otak dan akhirnya membuat mata dapat melihat objek dengan lebih baik.

Mungkin dengan olahraga mata tidak dapat mengurangi ketergantungan pada kacamata, tetapi dapat meningkatkan dan meningkatkan kekuatan dan daya tahan mata setelah Anda gunakan sepanjang hari untuk aktivitas berat. Latihan mata secara teratur dapat membantu Anda untuk tidak merasa lelah atau pusing ketika jam kerja selesai, selain itu dapat membuat mata dalam kondisi yang lebih sehat ketika memulai aktivitas Anda.

Berikut ini latihan mata yang bisa Anda lakukan setiap hari:

1. Memutar Bola Mata
Putar bola mata berlawanan arah jarum jam dan searah jarum jam, lalu ulangi lagi setiap 30 menit. Ini sangat penting untuk meregangkan pikiran dan mata yang tegang, terutama jika Anda bekerja dan duduk di depan layar komputer atau ketika Anda belajar untuk waktu yang cukup lama.

2. Tutup Mata dengan Telapak Tangan
Tutup mata Anda, lalu tutup kembali dengan telapak tangan, ingatlah untuk tidak terlalu kencang sehingga mata Anda tidak ditekan saat ditutup. Ini dilakukan untuk menenangkan mata Anda, dan perlu diingat bahwa tubuh Anda juga harus rileks

3. Fokus dengan Benda Lain
Jika mata Anda sangat lelah, disarankan untuk melihat benda lain di sekitar Anda selama sekitar setengah menit. Cobalah untuk meningkatkan fokus mata Anda, lakukan dengan cepat beberapa kali. Kemudian lihat objek yang dekat dengan Anda selama sekitar 15 detik, dan lakukan lagi dengan cepat beberapa kali. Ulangi lagi beberapa kali sehingga mata Anda menjadi rileks.

4. Lihat Objek Hijau
Cara lain untuk mengobati mata lelah ketika ada pohon di sekitar ruangan Anda adalah melihat di luar kamar Anda, lihatlah warna hijau pepohonan di sekitar kamar Anda. Lakukan ini selama 2 - 3 menit setiap 2-3 jam saat Anda terus menatap layar monitor. Ini dilakukan agar mata Anda tidak terus menatap warna-warna yang terlalu cerah, membuat mata Anda lelah dan pusing. Melakukan ini akan memberikan visual yang lebih santai dan lebih dingin di mata Anda.

Asalasah | Sumber:  https://www.ican-education.com/berita-event/tips-tricks/menjaga_kesehatan_mata_dengan_olahraga_mata
Maverick Unemployed, but i am happy

Belum ada Komentar untuk "4 Olahraga Mata Untuk Menjaga Kesehatan Mata"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel