7 Perbedaan Web dan Blog

AsalasahTertarik membuat blog? Atau tertarik membuat situs web? Kemungkinan Anda masih bingung dengan istilah keduanya karena kebanyakan orang menganggap bahwa mereka sama. Sebelum memulai blog atau situs web, setidaknya Anda perlu mengenali dulu, apa itu blog? Dan apa itu situs web? Dan apa perbedaan antara keduanya yang bisa Anda ketahui?

Mengetahui perbedaan antara situs web dan blog sangat penting untuk mengetahui platform mana dari keduanya yang lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda untuk bisnis atau hanya sekedar hobi menulis. Bagi Anda yang ingin menjadi bisnis online, keberadaan blog dan situs web memang sangat membantu. Hanya saja Anda perlu tahu kegunaan dan manfaat yang tepat dari keduanya yang berbeda.

Setiap blog dan situs web memiliki kelebihan atau kelebihan yang berbeda, fungsi dan cara kerjanya juga berbeda. Selain itu, ada beberapa kelemahan yang juga berbeda. Jadi pendapat yang menyatakan situs web dan blog memiliki pemahaman dan definisi yang sama adalah salah. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa perbedaan antara situs web dan blog, silakan ikuti deskripsi lengkap di bawah ini.

Perbedaan Situs Web dan Blog

1. Konten

Dalam hal konten, blog dan situs web memiliki beberapa perbedaan. Umumnya konten blog akan berisi artikel, video atau podcast tentang satu atau beberapa tema yang dimiliki oleh pemilik blog. Selain itu, blog juga umumnya mengulas lebih banyak tentang pengalaman, pendapat atau aktivitas pemilik blog. Blog juga dapat dibuat untuk fokus pada satu tema seperti kuliner, wisata, fashion, otomotif dan banyak lagi.

Adapun konten situs web itu sendiri, itu akan lebih terkait dengan informasi penting tentang suatu produk atau layanan. Misalnya, Anda dapat membuat situs web perusahaan dengan konten historis, alamat, tentang produk, kontak perusahaan, dan sebagainya. Selain itu situs web ini cocok untuk digunakan dalam kebutuhan toko online, pendidikan hingga instansi pemerintah.

2. Perbarui

Terlepas dari aspek konten, bahkan selama pembaruan konten, blog dan situs web memiliki perbedaan. Apakah anda tahu Blog akan memperbarui konten mereka lebih sering secara teratur atau teratur, yaitu setiap hari, sekali setiap dua hari atau bahkan sekali seminggu. Setiap blog memiliki jadwal pembaruan konten yang berbeda. Untuk alasan ini, konten di blog akan lebih dinamis karena ada pembaruan dalam waktu tertentu.

Jika memperbarui konten adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah blog, itu berbeda dari situs web yang sebagian besar berisi informasi tentang produk atau layanan. Sehingga pembaruan akan dilakukan jika ada perubahan layanan atau produk yang tersedia.

3. Arah Komunikasi

Perbedaan yang jelas antara situs web dan blog adalah arah komunikasi. Di blog, arah komunikasi yang dimiliki bersifat interaktif karena pembaca blog dapat memberikan komentar pada setiap konten artikel yang dirilis. Adapun situs web berbeda, karena lebih satu arah di mana umumnya situs web tidak menyediakan kolom untuk mengomentari setiap konten yang dimilikinya.

4. Manajer

Anda pasti sudah sering mendengar istilah untuk orang yaitu "Blogger" kan? Nah, ini adalah sebutan populer untuk penulis blog atau orang yang memiliki blog. Biasanya seorang blogger akan mengelola blognya secara pribadi atau mandiri.

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak blogger terkenal seperti Trinity Traveler, Raditya Dika, Diana Rikasari dan lainnya. Berbeda dengan blog, situs web umumnya dikelola oleh tim pakar atau dari perusahaan yang terdiri dari pengembang, desainer, dan copywriter.

5. Gaya Bahasa

Perbedaan berikutnya adalah gaya bahasa yang digunakan di blog dan situs web. Jika Anda mengamati gaya bahasa yang digunakan oleh masing-masing blog bervariasi atau tidak adanya batasan tertentu. Di beberapa blog dimungkinkan untuk menggunakan bahasa informal sementara yang lain memilih untuk menggunakan bahasa formal.

Biasanya blog juga menggunakan lebih banyak bahasa pribadi sehingga pembaca tidak akan cepat bosan ketika membaca konten artikel yang dirilis. Nah, untuk gaya situs web bahasa yang digunakan akan lebih profesional dan formal. Karena tujuannya sendiri adalah formal seperti untuk pemerintah, lembaga, organisasi, lembaga pendidikan atau perusahaan.

6. Berlangganan

Jadi pembaca tidak ketinggalan konten artikel terbaru, ketersediaan tombol berlangganan akan membantu pembaca untuk berlangganan blog. Nantinya pembaca akan diberikan notifikasi atau notifikasi pada setiap konten terbaru.

Beberapa situs web memang menyediakan opsi berlangganan. Namun, berbeda dengan blog yang mengirim pemberitahuan tentang pembaruan konten terbaru, situs web akan mengirim buletin yang isinya tentang produk atau layanan terbaru.

7. Distribusi Konten

Selanjutnya Anda dapat melihat dalam hal perbedaan antara blog dan situs web adalah berbagi konten. Untuk blog sendiri umumnya akan dibagi dengan tag dan kategori. Adapun konten situs web akan dibagi berdasarkan produk atau layanan yang tersedia atau ditawarkan. Ini memudahkan pelanggan untuk menemukan produk atau layanan yang dibutuhkan.

Deskripsi di atas adalah deretan informasi yang memberi tahu kami apa perbedaan dari blog dan situs web yang harus Anda ketahui. Jika tujuan Anda adalah untuk cerita, pendapat atau pengalaman, maka blog adalah platform yang cocok tetapi, jika Anda memiliki tujuan untuk bisnis, perusahaan, institusi, organisasi, maka tentunya situs web yang lebih cocok adalah.

Setelah mengetahui perbedaan antara keduanya, apakah Anda dapat menentukan platform mana yang Anda pilih untuk kebutuhan bisnis online yang tepat dan sesuai? Saran praktis lainnya Anda juga dapat memanfaatkan blog di situs web karena hasilnya akan lebih menguntungkan. Semoga bermanfaat dan sukses.


Asalasah | Sumber:  https://www.mastimon.com/2020/03/perbedaan-website-dan-blog.html
Maverick Unemployed, but i am happy

Belum ada Komentar untuk "7 Perbedaan Web dan Blog"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel