Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia dan Manfaatnya

Asalasah ~  Perusahaan asuransi adalah salah satu lembaga keuangan non-bank, atau sering dikenal sebagai alternatif investasi yang baik yang biasanya diandalkan untuk meminimalkan risiko peristiwa yang tidak terduga.

Dikutip dari cermati.com, definisi asuransi menurut otoritas jasa keuangan adalah perjanjian antara penyedia layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat yang memegang polis dan dikenal sebagai tertanggung yang diharuskan membayar premi untuk menyediakan kompensasi untuk risiko yang timbul dalam bentuk kerugian, kerusakan, kematian, dan keinginan atas manfaat yang diharapkan yang mungkin terjadi secara tak terduga.


Istilah ini menggambarkan bahwa setiap tindakan bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap risiko pemegang polis yang diwajibkan membayar premi kepada perusahaan asuransi yang setuju untuk memberikan kompetensi dan perlindungan terhadap kerugian yang mungkin menimpa pemegang polis di masa depan.

Ketika pemegang polis atau peserta asuransi atau tertanggung mendapat kerugian atau apa yang dinyatakan dalam kontrak, maka ia memiliki hak untuk mengajukan klaim asuransi.

Banyak jenis asuransi di Indonesia. Pengelompokan ini didasarkan pada fokus dan risiko. Fokus dan risiko ini menentukan ukuran keseragaman dalam risiko yang ditanggung menurut jenis kebijakan. Dengan ini, perusahaan asuransi dapat mengantisipasi potensi kerugian dan menentukan tingkat premi yang ditawarkan sesuai dengan jenis asuransi masing-masing.

Berikut adalah jumlah minimum yang melayani berbagai jenis asuransi di Indonesia:

1. Asuransi Jiwa

Adalah asuransi yang memberikan manfaat finansial kepada tertanggung atas kematiannya. Ada banyak jenis sistem pembayaran asuransi jiwa. Ada perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran setelah kematian, tetapi beberapa dapat mengklaim sebelum kematian.

Asuransi jiwa dapat dibeli untuk kepentingan pribadi juga dapat atas nama tertanggung atau bahkan pihak ketiga.

2. Asuransi Kesehatan

Merupakan produk asuransi yang menangani kesehatan tertanggung karena suatu penyakit dan menanggung biaya perawatan. Secara umum, penyebab penyakit yang diasuransikan yang biasanya dapat ditanggung oleh perusahaan adalah cedera, cacat, sakit, dan kematian karena kecelakaan. Asuransi ini hanya dapat digunakan untuk tertanggung atau untuk kepentingan pihak ketiga.

Perusahaan asuransi kesehatan swasta seperti Prudential, Allianz. AIA, Cigna dan Manulife yang tidak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia tetapi telah menyebar ke seluruh dunia.

3. Asuransi Kendaraan

Merupakan salah satu asuransi umum. Jenis asuransi ini adalah asuransi mobil paling populer. Karena fokus pada cedera, kerusakan pada kendaraan orang lain disebabkan oleh tertanggung. Selain itu, asuransi ini dapat membayar kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor yang dipertanggungkan.

4. Asuransi Kepemilikan Rumah & Properti

Rumah adalah salah satu aset yang dianggap cukup berharga. Untuk alasan ini, tidak mengherankan bahwa banyak pemilik rumah mengasuransikan diri dan aset mereka. Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap kasus kehilangan atau kerusakan pada barang-barang tertentu milik properti pribadi tertanggung. Jenis asuransi ini memberikan kelegaan ketika rumah atau properti mengalami bencana. Misalnya api.

5. Asuransi Pendidikan

Merupakan pemegang polis asuransi favorit. Asuransi ini adalah alternatif terbaik untuk menjamin aset pendidikan anak-anak. Biaya premi yang harus dibayarkan bervariasi sesuai dengan tingkat pendidikan yang ingin Anda peroleh.

6. Asuransi Bisnis

Adalah asuransi yang melindungi kerusakan, kerugian, atau kerugian dalam jumlah besar. Yang pasti di bidang bisnis. Anggota asuransi ini akan mengganti kerusakan yang disebabkan oleh ledakan, gempa bumi, petir, banjir, kecelakaan hingga kerusuhan. Perusahaan biasanya menawarkan berbagai manfaat dari asuransi ini. misalnya perlindungan karyawan, investasi, kehidupan semua karyawan, dll.

7. Asuransi Umum

Asuransi ini dijamin oleh pihak ketiga. Asuransi ini bersifat jangka pendek (biasanya hanya sekitar 1 tahun). Asuransi umum dapat dibagi menjadi 2, yaitu:


  • Jaminan Sosial

Adalah asuransi yang harus dimiliki oleh semua orang dengan tujuan memiliki jaminan di masa lalu. Pembayaran bersifat memaksa. Misalnya memotong gaji karyawan.

  • Voluntary Insurance

Adalah jenis asuransi yang dijalankan secara sukarela dan dibagi menjadi 2 yaitu Asuransi Pemerintah yang merupakan asuransi yang dijalankan oleh pemerintah dan Asuransi Komersial yang merupakan asuransi yang dimaksudkan untuk memberikan perlindungan kepada seseorang atau keluarga dan perusahaan dari risiko yang tidak terduga.

8. Asuransi Kredit

Ini adalah asuransi yang melindungi semua risiko debitur untuk melunasi kredit atau fasilitas pinjaman seperti modal, kredit perdagangan, dll. Asuransi kredit ini bertujuan untuk melindungi bank atau lembaga keuangan lainnya dari kemungkinan tidak mendapatkan kembali kredit yang dipinjamkan kepada pelanggan dan membantu memberikan arahan dan keamanan kredit. Manajer asuransi kredit Indonesia dipercayakan kepada PT. Asuransi Kredit Indonesia.

9. Asuransi Laut

Ini adalah jenis asuransi khusus di bidang kelautan yang berfungsi untuk memastikan pengangkut dan pemilik muatan. Kemungkinan risiko seperti kerusakan muatan. Asuransi laut adalah transfer risiko untuk Anda dan bagasi Anda yang menggunakan layanan transportasi laut.

Asuransi ini melibatkan penggunaan jasa pengiriman dalam pengiriman barang. Premi asuransi ini dipengaruhi oleh barang, pengemasan barang, risiko tertanggung, transportasi dan perjalanan.

10. Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi ini tidak jauh berbeda dengan asuransi biasa. Yang merupakan salah satu bentuk perlindungan kepada pelanggan dengan periode waktu yang singkat. Manfaat yang dapat diperoleh adalah perlindungan dan perlindungan biaya untuk kecelakaan yang mempengaruhi pembeli premium, kompensasi kecelakaan pribadi, tanggungan pada biaya medis darurat, repatriasi mayat, evakuasi medis, hingga perlindungan bagasi yang berisiko hilang atau rusak.

Nah, itulah jenis sobat asuransi di Indonesia dan manfaat yang akan didapat. Untuk itu, jangan ragu mendaftarkan diri sebagai pemegang polis karena kita harus berjaga-jaga agar kita bisa mengantisipasi kejadian tak terduga.

Semoga bermanfaat.

Asalasah | Sumber: http://permathic.blogspot.com/2019/11/jenis-jenis-asuransi-di-indonesia-serta-manfaatnya.html
Maverick Unemployed, but i am happy

Belum ada Komentar untuk "Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel