Penjelasan dan Contoh Seni Rupa Murni dan Terapan

Asalasah ~ Ada banyak contoh seni murni dan terapan yang saat ini menghiasi berbagai jenis segmen pasar di Indonesia. Sebelumnya, kita sudah tahu apa itu Seni Rupa dan Seni Rupa Terapan serta perbedaannya.

Contoh Seni Rupa Murni


Patung
Patung adalah karya seni 3D murni yang dibuat khusus oleh pematung sebagai bentuk ekspresi jiwa. Kemudian diekspresikan melalui visualisasi untuk tujuan kecantikan atau estetika. Biasanya patung itu dapat ditemukan di bangunan atau ruangan, di atas meja, jalur taman, dll. Patung dapat berbentuk manusia (seperti pahlawan pantung yang sering ditemui di tengah jalan), hewan, atau makhluk berdasarkan mitologi cerita.

Lukisan
Kami biasanya menemukan lukisan di berbagai tempat seperti kamar di kantor, pameran seni dan tidak sedikit yang memiliki lukisan di toko pribadi. Lukisan adalah sebuah karya seni yang dihasilkan dari proses kreatif seorang pelukis dalam mengeksploitasi ide dan idenya. Media yang sering digunakan berupa dua dimensi seperti kanvas, papan, kertas dan bahkan pasir. Secara umum, sebuah lukisan dibuat di atas kanvas dan kemudian dilukis dengan kuas cat di atasnya untuk menghasilkan karya seni. Setiap karya seni, terutama lukisan di sini, memiliki nilai sentimental tersendiri, seperti kebanyakan lukisan Basuki Abdullah. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah lukisan 'Brother and Sister'. Lukisan sentimental keluarga ini cocok untuk tempat tinggal pribadi.

Seni Kaligrafi
Secara umum kita tahu bahwa kaligrafi adalah karya seni yang berfokus pada keindahan kalimat atau lafadz atau huruf dalam huruf Arab, tetapi sebenarnya kaligrafi tidak hanya terbatas pada huruf Arab, karakter Jawa dan Jepang dapat dan biasanya dibuat menjadi kaligrafi.

Topeng
Topeng adalah benda yang digunakan untuk menutupi wajah asli seseorang. Biasanya topeng terbuat dari kertas, plastik, logam, kayu atau kain. Topeng adalah sebuah karya seni yang memiliki nilai sentimental khusus pada berbagai sisi kehidupan, sehingga sering digunakan dalam berbagai kegiatan upacara atau adat. Bentuk topeng itu sendiri bervariasi, biasanya menggambarkan karakter dengan berbagai ekspresi seperti kemarahan, kesedihan, kebahagiaan, dll . Topeng ini disebut-sebut sebagai salah satu karya seni murni yang memiliki nilai seni tinggi tidak hanya dalam hal estetika tetapi juga dinilai dalam hal misteri yang disimpan di setiap wajah topeng.

Relief
Relief adalah patung yang dikombinasikan dengan ukiran 3 dimensi. Biasanya bantuan dibuat pada media batu atau kayu dan dapat dengan mudah ditemukan di bangunan bersejarah seperti kuil, kuil, monumen dan bangunan bersejarah lainnya. Relief biasanya menggambarkan atau mewakili kehidupan tertentu. Misalnya, relief di Candi Borobudur di Yogyakarta yang menggambarkan kehidupan Sang Buddha dan ajaran yang dibawanya. Dan relief ini dibagi menjadi beberapa jenis termasuk, Relief Tinggi, Relief Rendah, Relief Dangkal, dan Relief Tenggelam. Gaya kelegaan di setiap daerah berbeda.Artis pemberi bantuan di Yunani kuno, misalnya, lebih suka atau sering membutakan relief yang menggambarkan eksploitasi militer melalui citra mitologis, sedangkan seniman Romawi lebih suka menggunakan gaya dokumenter.

Kerajinan Keramik
Seni murni juga banyak ditemukan dalam bentuk keramik yang terbuat dari bahan-bahan di mana bentuknya bisa bervariasi, ada hiasan meja hingga gantungan kunci, bahkan Gucci atau Plate (yang umumnya diaplikasikan seni) ada yang termasuk dalam kelompok seni murni. Biasanya ini karena barang atau karya seni memiliki nilai seni yang tinggi, jadi alih-alih digunakan dengan benar mereka hanya digunakan sebagai pajangan. Seperti terlihat pada gambar di samping yang merupakan karya seni murni berupa piring hias yang dibuat oleh pengrajin Jerman. Piring asli dirancang sebagai piring buah, tetapi banyak pengguna hanya menjadikan piring sebagai koleksi dan dekorasi.

Seni fotografi
Siapa yang tidak tahu tentang fotografi? Fotografi adalah ilmu atau proses untuk menghasilkan atau mendapatkan gambar suatu objek dengan mengambil / menangkap / atau merekam pantulan cahaya tentang objek pada media peka cahaya. Media peka cahaya di sini bisa berarti kamera digital atau analog. Fotografer sedemikian rupa dan bagaimana mengatur sehingga mereka dapat memfokuskan cahaya dan menghasilkan intensitas cahaya yang tepat sehingga mendapatkan pengambilan gambar yang baik. Dalam praktiknya, fotografer dapat menggunakan beberapa alat lain untuk mendapatkan intensitas cahaya yang tepat menggunakan pencahayaan atau menyesuaikan komitmen ISO / ASA pada kamera yang digunakan. Hasil foto yang diambil diklasifikasikan ke dalam seni murni karena biasanya foto tersebut digunakan sebagai hiasan / dekorasi atau sesuatu yang lebih sentimental, yaitu kenang-kenangan.Di zaman sekarang ini hampir semua orang menggunakan hasil fotografi sebagai dekorasi ruangan dan lainnya.

Karikatur
Karikatur adalah jenis seni lukis di mana penggambaran benda konkret dengan membesar-besarkan karakteristik benda dan biasanya benda tersebut adalah manusia. Tujuan penggambaran yang berlebihan ini adalah untuk memberikan kesan lucu pada penonton. Gaya menggambar karikatur ini berasal dari Italia sejak abad ke-16 hingga abad ke-18 telah menjangkau masyarakat luas berkat media cetak. Selain dinikmati dan digunakan sebagai dekorasi ruangan, karikatur juga sering digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan pada poster, selebaran, dll.

Ukiran kayu
Sesuai namanya, ukiran kayu berarti karya seni yang diproses atau dibuat di media kayu. Ukiran kayu adalah karya seni murni di mana seniman memproses permukaan suatu benda dengan membuat perbedaan ketinggian dari permukaan itu. Apa yang ditulis biasanya berupa pola atau pola, dan juga cerita tradisional dari masing-masing daerah. Dalam pembuatannya, kayu yang digunakan untuk membuat kerajinan ukiran haruslah kayu yang berkualitas, termasuk: Kayu Jati, Kayu Mahoni, Kayu Sonokeling, Kayu Suren, Kayu Bayur, Kayu Durian, Kayu Pulai, Kayu Ramin, dll . Penggunaan kayu jenis ini. tergantung jenis ukiran kayu yang akan dibuat.

Lukisan Digital
Seiring dengan perubahan zaman, karya seni tidak hanya terbatas pada pengolahan fisik bahan baku, tetapi juga dapat diproses atau diproses secara digital. Biasanya pembuatan atau proses karya seni lukis digital ini menggunakan perangkat lunak atau perangkat lunak tertentu yang dirancang khusus untuk desain, di mana komponen di dalamnya diperbaiki bersama atau menyerupai alat fisik (seperti kanvas, kuas, cat / warna, dll.) Itu hanya bentuk digital dan terkandung oleh perangkat lunak. Hasil dari proses lukisan digital ini bukan berupa file bitmap atau vektor dan biasanya disimpan dalam format .jpeg atau .bitmap. Perangkat lunak yang biasa digunakan untuk membuat karya seni lukis digital termasuk Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDraw, SAI dan banyak lagi.

Selain contoh-contoh seni murni yang telah disebutkan di atas, ada juga contoh seni rupa terapan yang tentu saja sering dan mudah ditemukan di lingkungan terdekat kita.

Karya seni terapan dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis, termasuk:


  • Seni Arsitektur
  • Seni dekorasi
  • Seni Grafis Terapan
  • Seni Kerajinan Terapan


Contoh Seni Rupa Terapan

Ayaman
Ayaman adalah karya seni terapan yang terbuat dari serat yang dijalin bersama untuk membentuk perbedaan yang kaku. Biasanya tenunan dibuat atau diolah dari bahan yang berasal dari tanaman, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi anyaman juga bisa dibuat dari serat plastik. Anyaman ini biasanya dibuat untuk digunakan sebagai keranjang atau furnitur dan kami juga biasanya menemukan anyaman yang berfungsi sebagai tikar.

Batik
Batik adalah jenis kain bergambar yang dibuat dalam serangkaian proses khusus dan unik. Batik adalah karya seni terapan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi budaya Indonesia sejak lama. Berbagai corak batik membuat batik bisa diterapkan dengan berbagai cara. Umumnya kita menemukan batik dalam bentuk pakaian, tetapi sebenarnya pola batik juga sering digunakan dalam hal-hal lain seperti di dinding sebagai wallpaper, dll . Jenis-jenis batik dibedakan menurut teknik pembuatannya dan daerah asal pembuatannya.

Kerajinan kulit
Seni terapan ini sangat berlimpah dan dapat ditemukan dalam berbagai bentuk seperti jaket, ikat pinggang, sepatu, dompet, tas, boneka dll. Pengrajin kulit umumnya tersebar luas di beberapa kota di Jawa Barat dan Yogyakarta. Sesuai namanya, kerajinan kulit ini adalah karya seni yang terbuat dari kulit yang telah disamak, kulit mentah atau kulit sintetis. Kulit itu sendiri dapat diproduksi dari sapi, kerbau, kambing, buaya dan bahkan ular. Setiap kulit memiliki karakter sendiri, sehingga penggunaan dan perawatannya juga berbeda. Proses yang dilakukan untuk membuat kerajinan kulit terdiri dari:

  • Pemotongan
  • Penipisan Tepi
  • Mempersempit
  • Menempel
  • Jahitan
  • Pres
  • Pengemasan


Pakaian
Siapa yang tidak kenal pakaian? Setiap orang yang hidup di dunia ini harus mengenakan pakaian. Pakaian itu sendiri adalah persyaratan utama bagi semua orang. Pakaian adalah karya seni, karena dalam prosesnya pakaian dibuat dengan berbagai tahapan, dari bahan baku berupa kain yang bisa kita pakai dengan nyaman. Seni membuat pakaian lebih dikenal sebagai desain busana, dan pembuatnya disebut perancang busana. Indonesia sangat kaya akan budaya, termasuk dalam hal pakaian tradisional. Para perancang busana kini terampil memanfaatkan keragaman pakaian tradisional di Indonesia sebagai ide fesyen yang akan mereka buat.

Senjata tradisional
Apakah Anda kenal Keris? Kujang? Trident tombak atau mungkin tombak bambu? Ya mereka adalah senjata tradisional Indonesia. Hingga saat ini, senjata tradisional ini masih digunakan di beberapa daerah di Indonesia untuk berburu. Jangan salah, senjata tradisional memiliki nilai seni tinggi, dilihat dari desain senjata dan detailnya. Setiap senjata tradisional dari berbagai daerah memiliki keunikan dan unsur artistiknya sendiri atau dengan kata lain memiliki karakteristiknya sendiri. Banyak kolektor atau kolektor budaya mengumpulkan senjata tradisional karena estetika dan sejarahnya.

Perangkat makan
Dalam contoh seni murni dikatakan bahwa ada piring yang hanya berfungsi sebagai dekorasi atau pajangan, karena pada kenyataannya piring dimaksudkan sebagai wadah penyimpanan makanan. Jika diperhatikan, peralatan makan seperti yang kita kenal, piring, gelas, garpu, sendok memiliki sentuhan seni mulai dari desain, hingga gaya atau aksen yang diberikan.

Peralatan dapur
Peralatan dapur pada umumnya terbuat dari aluminium atau logam yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk alat yang dapat digunakan untuk memudahkan kita dalam memasak. Seperti penggorengan dan teman-temannya. Nilai artistik peralatan dapur sering dilihat dari bentuknya yang disesuaikan dengan kemudahan dan kenyamanan penggunanya. Seni terapan ini digunakan oleh semua rumah tangga di dunia dengan karakteristik daerah atau negara masing-masing.

Peralatan rumah tangga
Setiap alat rumah tangga memiliki nilai fungsionalnya sendiri. Seperti kursi, meja, lemari dll. Perabot rumah tangga juga selalu disesuaikan dengan kebutuhan memberikan kesan indah pada rumah sehingga pemilik atau orang yang melihatnya merasa nyaman. Untuk alasan ini, pengrajin perabot rumah tangga selalu memberikan kreasi terbaik dalam mendesain atau mendesain setiap bagian furnitur yang dibuat, mulai dari ukiran, motif, jenis bahan yang digunakan, warna yang dipilih, dan banyak lagi.

Poster
Poster adalah karya seni grafis yang dituangkan ke selembar kertas dalam berbagai ukuran. Meskipun sebagian besar poster dibuat secara digital, tidak sedikit orang membuat poster secara manual dan kemudian mendigitalkannya sehingga dapat dipublikasikan secara online. Untuk menarik perhatian banyak orang, poster harus memiliki nilai artistik dan estetika tanpa mengabaikan informasi di dalamnya dan tujuan pembuatan poster itu.

Alat transportasi
Sarana transportasi kini semakin canggih, cepat, dan modern. Ini disebabkan semakin ketatnya persaingan. Selain penggunaannya, transportasi juga mengandung unsur seni. Biasanya alat transportasi sekarang menggunakan seni modern.

Itulah contoh karya seni murni dan terapan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Yang perlu diingat adalah bahwa tidak ada batasan dalam seni dan seni selalu dapat ditemukan dalam hal apapun.

Asalasah | Sumber: 
Maverick Unemployed, but i am happy

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan dan Contoh Seni Rupa Murni dan Terapan"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel