Review New Nmax 155 Connected ABS

Asalasah ~ Yamaha All New Nmax 155 Connected ABS memiliki sederet fitur yang menjadikannya skutik terbaik di kelasnya, sejak motor ini pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 2019. Mulai dari fitur konektivitas canggih, Dual Channel ABS yang mengoptimalkan sistem pengereman. , suspensi belakang yang bisa diatur, hingga Traction Control System (TCS) efektif menjaga traksi ban maksimal di segala kondisi jalan.




Sedikit cerita, perjalanan touring OTO ExploRIDEtion Oase Pasundan masih menjadi mode uji coba fitur unggulan Yamaha All New Nmax 155 Connected ABS yang menarik untuk disimak.

Dari jalur Jakarta-Puncak-Cianjur-Bandung Selatan-Pantai Selatan Jawa Barat, kami selalu dibantu oleh TCS. Secara garis besar, selama perjalanan ada tiga momen penting yang kami catat yang membuat fitur ini bekerja secara maksimal.

Pertama, saat Yamaha All New Nmax 155 Connected ABS harus menanjak di kawasan Puncak hingga Curug Panjang. Jalur berbatu tidak rata dengan elevasi menanjak, menuntut akselerasi optimal. Biasanya kalau motor tanpa TCS, maka kita perlu memutar tuas gas agar roda tidak slip saat mencari traksi. Tidak demikian dengan Nmax generasi terbaru, kita tidak perlu ragu untuk memutar tuas, karena sudah ada TCS yang siap menjaga power control. Kita juga bisa dengan mudah mendaki tanpa khawatir.

Kedua, saat berkendara ke selatan Bandung. Iklim pegunungan Ciwidey seringkali mengirimkan kabut tebal di depan kita. Satu kali matahari cerah, bisa langsung digelapkan oleh awan di permukaan. Sayangnya, jalan yang relatif baru direvitalisasi menjadi licin karenanya. Di sisi lain, jalurnya penuh dengan tikungan tajam yang terus menanjak terjal. Kami juga harus menyalakan gas tanpa ragu-ragu. Di situlah TCS terasa aktif untuk mengurangi pembakaran di mesin agar roda tidak slip.

Ketiga, saat kita memasuki tujuan akhir perjalanan Oase Pasundan, tepatnya di pantai Cemara, Cidamar, Cianjur Selatan. Di pintu masuk, tepat di pos pemeriksaan, ada medan berpasir yang ternyata sangat dalam. Dengan panduan TCS, motor dapat melewati perangkap pasir dengan kontrol aman yang maksimal. Lain halnya ketika kami mencoba mematikan fitur tersebut. Akibatnya, roda terus berputar terlepas dari gerakan motor, alih-alih membangun momentum, ia terus menggali pasir.

Sekarang, TCS adalah standar baru untuk skuter 150-160cc . Yamaha mempelopori fitur ini dan mengukuhkan kehadirannya pada varian terlengkap yakni All New Nmax 155 ABS/Connected yang dijual dengan harga Rp 34,3 juta (OTR Jakarta). Kehadiran TCS memungkinkan siapa saja untuk mengendarai skutik premium Yamaha tanpa ragu di segala medan dan kondisi jalan.

Bagaimana TCS Bekerja?


Sesuai dengan namanya, Traction Control System bertugas menjaga traksi roda di aspal dalam batas tertentu agar motor tetap terkendali dengan aman. Secara umum, sistem ini sebenarnya merupakan pengembangan dari Antilock Braking System (ABS). Pada rangkaian ini terdapat sensor pada kedua roda yang bertugas membaca putaran roda depan dan belakang. Bedanya, ABS dikendalikan oleh ECU ABS yang perintahnya ditransmisikan ke cakram. Pada TCS, putaran roda dibaca oleh ECU yang kemudian memberikan perintah berbeda ke mesin.

Secara default, TCS selalu aktif. Ketika roda belakang terbaca oleh sensor yang berputar atau berpotensi bergerak lebih cepat dari ban depan akibat putaran tuas throttle yang berlebihan, ECU akan memanipulasi pembakaran di mesin. Efeknya, mesin akan brebet dan meminimalkan tenaga sehingga putaran roda berkurang.

Jika Anda berada dalam situasi di mana putaran mesin tidak dimanipulasi, maka TCS dapat dinonaktifkan. Aksesnya melalui tombol kontrol sakelar di stang kiri. Pilih dengan jari telunjuk Anda ke menu TCS, lalu tekan selama beberapa detik. Setelah dinonaktifkan, lampu TCS pada panel instrumen digital speedometer motor akan menyala, menandakan bahwa kendali sepenuhnya ada di tangan pengemudi dan tidak ada intervensi dari motor. (ADV)

Asalasah | Sumber: https://www.oto.com/berita-motor/melaju-tanpa-ragu-berkat-kontrol-traksi-yamaha-all-new-nmax-155-connected-abs
Maverick Unemployed, but i am happy

Belum ada Komentar untuk "Review New Nmax 155 Connected ABS "

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel