Perbedaan Aki Kering Dan Aki Basah, Yuk Pelajari

AsalasahAccu (aki) merupakan komponen penting untuk sepeda motor dan mobil. Karena baterai terhubung dengan listrik di dalam kendaraan. Ini juga menyediakan sumber listrik untuk lampu sorot dan rambu-rambu.

Berbicara tentang baterai, ada dua istilah yang umum dikenal yaitu baterai basah dan baterai kering. Meski memiliki nama yang berbeda, keduanya sama-sama menggunakan cairan elektroda atau yang biasa disebut air baterai.

Meski memiliki nama yang sama, baterai kering dan basah memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Tidak? Dia ada di sana:



cairan yang berbeda
Baterai basah biasanya menggunakan cairan yang lebih encer, sedangkan baterai kering menggunakan cairan yang terasa seperti gel.

Pemisah yang berbeda
Separator yang digunakan pada baterai kering berbentuk kapas dan tidak mudah terguncang meskipun diputar naik turun. Sedangkan aki basah bila dikocok akan tumpah.

harga yang berbeda
Baterai kering relatif lebih mahal daripada baterai basah. Karena baterai kering dikembangkan dari baterai basah yang membutuhkan perawatan minimal atau bebas perawatan.

Selama waktu ini, aki basah harus sering dirawat untuk mencegah masalah menyebar ke sistem kelistrikan kendaraan.

Wadah yang berbeda
Wadah baterai basah terlihat lebih transparan, karena memudahkan untuk memeriksa ukuran minimum dan maksimum air baterai yang dituangkan ke dalamnya.

Untuk aki air atau sering disebut air zuur memiliki fungsi untuk merendam sel aki pada tipe aki basah.

Wadah baterai kering biasanya berwarna gelap dan tidak memiliki lubang untuk mengisi baterai. Ketiadaan lubang ini disebabkan karena aki kering menggunakan cairan berbentuk gel.

Gel yang terdapat pada sel kering memiliki laju penguapan yang sangat rendah, karena uap yang dihasilkan tidak terbuang percuma, volume tetap terjaga.

Perlakuan yang berbeda
Untuk aki kering, perawatannya lebih mudah daripada aki basah. Namun, jenis ini seharusnya lebih cepat aus atau rusak.

Baterai kering tidak memerlukan pemeriksaan rutin, tidak perlu khawatir dengan kondisi air. Nyaman, bersih, daya start lebih tinggi dan juga bisa diisi ulang (charging). Tapi kekurangannya lebih cepat rusak

Sedangkan aki basah membutuhkan perawatan yang lebih sering. Namun, jenis ini seharusnya lebih tahan lama atau lebih tangguh daripada baterai sel kering.

Namun, jika baterai tidak diperiksa dalam waktu tiga bulan, baterai juga dapat rusak. Apalagi jika penggunaan kendaraan sangat rutin atau hampir setiap hari.

Persamaan pengobatan
Ada kesamaan antara baterai kering dan basah dalam hal perawatan, keduanya harus digunakan secara teratur. Artinya, kendaraan harus dihidupkan, tidak boleh parkir terlalu lama karena akan menyebabkan zat elektroda membeku.

Meski jarang digunakan, kendaraan tetap perlu melakukan pemanasan. Ini juga mempengaruhi baterai, jika tidak menyala terlalu lama.

Tip penting dalam perawatan baterai adalah membersihkannya secara teratur. Dan bagian yang patut Anda perhatikan adalah terminal baterai yang biasanya tertutup debu dan kotoran.

Jika tertutup kotoran, konduktivitas listrik dari baterai ke komponen kendaraan akan terhambat.

Cara mudah untuk membersihkan terminal baterai adalah dengan menggunakan sikat plastik atau sikat kawat.

Asalasah | Sumber: https://www.wahanahonda.com/blog/mari-kenali-perbedaan-aki-kering-dan-aki-basah
kenalkan saya seorang muslim yang mengedepankan prinsip salat di awal waktu yang semoga istiqamah sampai tutup usia, semoga meninggal dalam keadaan khusnul khatimah. Semoga mendapatkan istri yang sama-sama memulai dari awal, mau menikmati masa berjuang membangun peradaban yang indah.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Aki Kering Dan Aki Basah, Yuk Pelajari"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel