Kemanakah Uangmu Ketika Saham Turun? Apakah Diambil Bandar?

AsalasahSering sekali kita melihat komentar di stockbit atau forum saham lainnya yang mengatakan uangnya dicopet oleh bandar (market maker) saat market running. Pertanyaannya, apakah benar uang kita diambil bandar ketika harga diguyur? Ataukan uang kita ke tempat lain?

Di zaman dahulu konsep kertas kepemilikan sebagai tanda kolateral lahir dari ketidak efektifan sistem barter barang, dimana kelemahan sistem barter ini adalah sulit untuk likuidasi atau ditukarkan ke dalam bentuk lain. Jadi jika punya ayam dan kita mau makan beras misalnya maka kita harus mencari orang yang mau ayam dan punya beras. Sulit dan tidak efektif.




Maka dari itu lahir suatu sistem uang, dulu diciptakan dari logam – logam mulia, barang berharga tertentu misal gading dan sebagainya. Namun masalah baru muncul ketika kita mau beli sesuatu yang sangat berharga, masalah scaling atau jika terjadi transfer kepemilikan yang begitu berharga atau besar terjadi. Maka solusi itu ditawarkan oleh uang dengan konsep bahwa uang adalah lambang kepemilikan dari misalnya emas.

Sampai pada suatu titik, patokan emas ini dianggap menghalangi skalabilitas yang lebih besar sehingga karena uang sudah menjadi persepsi umum maka saat ini uang adalah persepsi dan ekspektasi akan nilai suatu barang. Patokannya tidak lagi tangible melainkan non – tangible, ekspektasi berdasar pada relatifitas terhadap barang – barang dan harga.

Konsep kepemilikan ini sebenarnya sama dengan uang. Dulu patokan dari nilai saham adalah aset perusahaan atau nilai – nilai fundamental lain, namun seiring berjalannya waktu skalabilitas dari sistem ini tidak bisa menahan patokan patokan tersebut sehingga menjadikan saham juga sama dengan uang, ada ekspektasi dan persepsi terhadap nilainya.

Maka dewasa ini kita melihat bahwa saham dengan fundamental baik belum tentu juga nilai sahamnya baik atau naik terus. Justru seperti beberapa saham ‘gorengan’ naik dengan luar biasa karena ekspektasi dan persepsi ini. 

Maka kemanakah uang kita ketika terjadi kejatuhan saham? Baru baru ini ada studi yang mendeskripsikan hal ini dengan detail dan digambarkan dengan baik pada artikel berikut: https://www.investopedia.com/articles/basics/03/060603.asp

Di studi tersebut mereka menjelaskan bahwa uang tidaklah diambil orang lain tetapi hilang dalam ekspektasi dan persepsi. Tidak ada pencurian uang anda di saham namun uang anda hilang dalam persepsi general.

Maka di era fundamental 2.0 ini aset, ekuitas, dll menjadi suatu bagian dari persepsi dan ekspektasi general bukan hanya satu – satunya patokan dalam menentukan harga saham. Ada banyak faktor sentimen yang umum yang harus diperhatikan bila ingin sukses di saham, misalnya teknikal analisis, bandarmologi, atau pun general perception dalam index.

Semoga di era yang baru ini, teman – teman dengan cepat beradaptasi dan tidak tertinggal dalam kegelapan satu persepsi saja.

Asalasah | Sumber: https://stockbit.com/#/post/9637973
Maverick Unemployed, but i am happy

Belum ada Komentar untuk "Kemanakah Uangmu Ketika Saham Turun? Apakah Diambil Bandar?"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel