Membahas Industri Gas, Harus Tau Sebelum Investasi di PGAS, SBMA, AGII dan PT TBK Lainnya

AsalasahPerusahaan Gas Industri masuk sebagai bahan commodity chemical karena sifatnya yang memiliki diferensiasi produk yang sangat sedikit (karena struktur kimia dan kemurnian yang identik) sehingga dapat dengan mudah dipertukarkan. Faktor harga menjadi faktor yang dominan dalam keputusan pembelian gas industri ini. Perusahaan memproduksi gas mulai dari tabung kecil helium yang dibawa oleh abang-abang balon pesta, hingga yang diantarkan melalui pipa gas raksasa di kilang-kilang minyak. Contoh gas paling umum yang dihasilkan yakni gas Oksigen (O2), Nitrogen (N2), dan Argon (Ar). Tapi tidak menutup kemungkinan beberapa gas Hidrogen dan gas langka dibuat seperti Kripton (Kr), Neon (Ne), Xenon (Xe) untuk industri elektronika.



Penggunaan paling utama gas industri adalah untuk menciptakan atau mencegah reaksi kimia pada reaksi sintesis kimia. Sepertiga dari total konsumsi gas industri yakni industri bahan kimia, diikuti industri logam dan manufaktur elektronika. Selain itu kebutuhan medis juga digunakan gas-gas ini terutama oksigen dan nitrogen untuk pengawet preparat biologi, lalu industri farmasi ditahapan filling.
Dari sisi produksi, berbagai gas diproduksi dengan metode yang berbeda, sebagian besar gas industri diproduksi dengan menggunakan energi untuk memisahkan komponen dari udara sehingga biaya energi menjadi variable cost utama. Tergantung dengan perusahaan masing-masing dalam mengelola cost ini.

Gas industri dikirim ke costumer baik dalam tabung gas kecil seperti gas oksigen yang dijual eceran atau seperti gas yang mahal sehingga biaya pengiriman dalam jumlah kecil lebih memungkinkan. Untuk costumer industri, dapat dikirimkan melalui kapal tanker cair curah atau melalui pipa langsung (gas tonase) dari fasilitas produksi perusahaan tersebut.

Biaya transportasi juga penting di industri ini. Gas-gas ini tidak efisien untuk dikirim jarak jauh sehingga dihargai secara harga lokal karena meskipun dikompresi di bawah tekanan, mengirimkan tabung dalam jarak yang sangat jauh tidaklah ekonomis. Mengirimkan gas dengan mengembunkannya menjadi bentuk cairan juga tidak ekonomis untuk dikirim jarak jauh karena value nya menjadi lebih rendah dibanding berat tabungnya. Nanti saya akan menjelaskan konsep rasio value to weight. Rasio ini sangat menggambarkan industri kimia dan industri-industri material lain dan pengaruhnya ke biaya pengangkutan transportasi.

Industri ini di drive tentunya oleh meningkatnya aktivitas manufaktur industri kimia, logam atau elektronik yang tentunya didorong oleh pertumbuhan ekonomi. Pemain di industri ini yang listing di bursa yakni $AGII dan $SBMA. Sebagai reminder, gas yang dihasilkan perusahaan gas alam seperti $PGAS berbeda dengan yang dihasilkan $AGII dan $SBMA (note: $AGII juga menghasilkan fuel gas dalam jumlah sedikit). Gas alam (seperti metana (CH4), etana(C2H6), dll) adalah gas sebagai sumber fuel pembakaran untuk energi.

Terima Kasih. Kesempatan selanjutnya saya akan menjelaskan sub-sector specialty. chemical.

Asalasah | Sumber:  https://stockbit.com/#/post/9747003


Maverick Unemployed, but i am happy

Belum ada Komentar untuk "Membahas Industri Gas, Harus Tau Sebelum Investasi di PGAS, SBMA, AGII dan PT TBK Lainnya"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel